Loading...
INDONESIA
Penulis: Yan Chrisna Dwi Atmaja 09:21 WIB | Minggu, 28 September 2014

PDIP: Perjuangan Aspek Hukum Fokus Utama

Aksi mennuntut Pilkada langsung. (Foto: Dedy Istanto)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Anggota DPR RI dari Fraksi PDIP Aria Bima mengatakan, perjuangan hukum melalui Mahkamah Konstitusi (MK) menjadi fokus utama koalisi Indonesia Hebat dalam memperjuangkan hasil RUU Pilkada beberapa waktu lalu. 

"Saya tidak setuju kalau dalam rapat kemarin dikatakan kita kalah. Kita punya cara sendiri juga untuk Pilkada legislatif, akan kita hadapi." katanya menegaskan, Sabtu (27/9).

Menurutnya, langkah tersebut bukan soal menang atau kalah dalam perumusan RUU Pilkada namun lebih berfokus pada upaya memperjuangkan substansi undang-undang yang sesuai dengan keinginan rakyat Indonesia.

"Karena ini bukan menyangkut urusan PDIP atau partai lainnya, tapi ini urusan rakyat dan bangsa berkaitan dengan hak konstitusional untuk menentukan kepala daerah," kata Wakil Ketua Komisi VI DPR RI itu menjelaskan.

Ia sangat menyayangkan langkah DPR RI yang telah meloloskan RUU Pilkada, ditambah dengan sikap Partai Demokrat yang "walkout" sehingga berakibat pada disetujuinya wacana Pilkada melalui DPRD.

"Saya rasa ada trik teknis dalam rapat kemarin agar segera menyelesaikan persidangan, tanpa melihat adanya perkembangan kualitatif dalam forum lobi maupun sesi interupsi," kata Aria.

Seperti diketahui Partai Demokrat yang memiliki 148 kursi di parlemen melakukan walkout dalam sidang paripurna RUU Pilkada 25 September lalu, dengan Pilkada tidak langsung menjadi putusan pada rapat yang berlangsung hingga dini hari itu. (Ant)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home