Loading...
INDONESIA
Penulis: Martahan Lumban Gaol 17:28 WIB | Selasa, 16 September 2014

PDIP PKB Hanura Walk Out Tolak RUU MD3

Suasana ruang rapat paripurna DPR. (Foto: Dedy Istanto)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Anggota DPR dari Fraksi PDI Perjuangan (PDIP), PKB, dan Hanura, memutuskan walk out karena tidak sepakat dengan sikap anggota Dewan yang mendesak agar Rancangan Undang Undang MPR, DPD, DPR, dan DPRD (RUU MD3) disahkan hari ini, Selasa (16/9).

"Kita melakukan aksi walk out terkait penentuan pimpinan DPR RI. Kita tidak setuju substansi soal pimpinan karena ketua DPR RI adalah bentuk apresiasi terhadap partai pemenang pemilu," kata anggota DPR RI dari PDIP, Honing Sanny di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta Selatan, Selasa (16/9).

“Aksi walk out ini tak lain karena saat ini RRU MD3 sedang diuji materi di MK. Tata Tertib merupakan turunan dari RUU MD3. Kalau MD3 berubah, maka tatib berubah pula," Honing menambahkan.

Sebelumnya, sempat terjadi perdebatan alot mengenai pengesahan. Enam partai dari Koalisi Merah Putih tetap berkeras menyetujui dan meminta agar pimpinan rapat segera mengesahkan. Sedangkan tiga fraksi lainnya, yakni PDIP, PKB, dan Hanura, tetap meminta agar putusan diundur.

Menanggapi aksi walk out tersebut, Wakil Ketua DPR Priyo Budi Santoso mengatakan bahwa dirinya tidak bisa mencegah aksi tersebut terjadi. "Sebenarnya saya ingin mencegah, tapi bagaimana?" kata dia.

Rapat Paripurna DPR RI akhirnya mengesahkan perubahan peraturan tata tertib DPR RI periode 2014-2019.

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home