Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Prasasta Widiadi 18:45 WIB | Sabtu, 02 Agustus 2014

Pelari Putri Australia Gondol Emas

Pelari Putri Australia Gondol Emas
Sally Pearson, pelari putri Australia. saat berpartisipasi pada Olimpiade 2012 (Foto: dailytelegraph.com.au)
Pelari Putri Australia Gondol Emas
Perolehan medali terakhir pada Sabtu (2/8) pagi WIB. (Foto: glasgow2014.com).

GLASGOW, SATUHARAPAN.COM – Pelari putri asal Australia, Sally Pearson berhasil merebut medali emas pada nomor  halang rintang 100 meter ajang multi olah raga negara-negara persemakmuran (Commonwealth Games 2014) yang berlangsung di lintasan atletik Stadion Hampden Park, Skotlandia pada Jumat (1/8) malam WIB.

Kemenangan ini tidak berpengaruh banyak bagi kontingen Australia karena saat ini mereka masih tertahan pada klasemen posisi kedua perolehan medali sementara. Negeri Kangguru merebut total 124 medali dengan perincian, 40 emas, 40 perak, dan 44 perunggu. Inggris berada di tempat teratas dengan total 140 medali dengan perincian, 48 emas, 49 perak, dan 43 perunggu.

Kanada membuntuti mereka berdua di tempat ketiga dengan total 75 medali, kemudian Skotlandia dengan 49 medali berada di peringkat keempat, dan India di tempat kelima dengan 51 medali.

Sally Pearson menyelesaikan nomor 100 meter halang rintang dengan 12,67 detik, pada peringkat kedua Tyffany Porter asal Inggris merebut medali perak dengan catatan waktu 12,80 detik, di bawahnya Angela Whyte asal Kanada meraih perunggu karena mencatat waktu 13,02 detik.

Kemenangan ini mengobati kekecewaan Pearson atas kegagalannya dalam Kejuaraan Atletik yang pernah berlangsung di Sopot, Polandia pada Maret 2014.

Perselisihan dengan Mantan Pelatihnya

Eric Hollingsworth, mantan pelatih pribadi Pearson kecewa atas raihan medali perunggu yang pernah diraih Pearson pada Kejuaraan Atletik Eropa. Hollingsworth dipecat karena kritik terlalu keras ke Pearson. Hollingsworth berdalih bahwa kritik itu demi kemajuan prestasi Pearson.

“Saya hanya minta Pearson sungguh-sungguh dalam berlomba sehingga bisa meraih emas, itu saja, tidak lebih,” kata Hollingsworth saat itu.

Seusai perlombaan hingga menjelang keberangkatan ke ajang olah raga persemakmuran di Skotlandia ini, Pearson menunjuk Sharon Hannan dan Antony Drinkwater-Newman sebagai pelatih dan manajernya, tanpa sepengetahuan Hollingsworth.

“Saya cedera, dan saya tetap serius berlomba namun tidak bisa maksimal, kenapa dia (Hollingsworth) melebih-lebihkan itu,” jawab Pearson menanggapi kritik keras Hollongsworth.

Presiden Atletik Australia, David Grace mengambil langkah tegas sebelum keberangkatan ke Skotlandia yakni memutuskan tetap pergi ke Australia bersama Hollingsworth namun tidak bicara, dan menginstruksikan Pearson agar membicarakan masalah kesehatan dan pribadi ke pendamping yang ditunjuk Federasi Atletik Australia, Simon Nathan. (smh.com.au/glasgow2014.com).

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home