Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Sabar Subekti 06:36 WIB | Jumat, 30 Desember 2022

Pele, Legenda Sepak Bola Dunia, Meninggal pada Usia 82 Tahun

Legenda sepak bola Brasil, Pele, melambaikan tangannya pada pertandingan sepak bola persahabatan internasional antara Aljazair dan Slovenia di Aljir, Aljazair, pada 5 Maret 2014. (Foto: dok. Reuters)

SAO PAOLO, SATUHARAPAN.COM - Pele, bintang sepak bola ajaib Brasil yang bangkit dari kemiskinan tanpa alas kaki menjadi salah satu atlet terhebat dan paling terkenal dalam sejarah modern, meninggal pada usia 82 tahun, kata putrinya di Instagram pada hari Kamis (29/12).

Dia keluar masuk rumah sakit dalam beberapa bulan terakhir setelah tumor ditemukan di usus besarnya.

Pele, yang diberi nama Edson Arantes do Nascimento, mencetak rekor dunia 1.281 gol, dan merupakan satu-satunya pemain yang pernah memenangkan Piala Dunia tiga kali.

Dengan keterampilan luar biasa dan senyum kemenangan, dia membantu menjadikan sepak bola olah raga paling populer di dunia dan dia mempesona para paus, presiden, dan bintang Hollywood dalam karir tujuh dekade sebagai pemain dan duta olah raga.

Lahir pada tanggal 23 Oktober 1940, di kota kecil Tres Corações di Minas Gerais, atau "Tiga Hati", Edson Arantes do Nascimento mempelajari permainan tersebut dari ayahnya, seorang pemain semi-profesional yang kariernya menjanjikan namun terhenti karena cedera lutut.

Beberapa aspek masa mudanya dikaburkan oleh mitos, termasuk asal-usul nama panggilannya yang terkenal. Seperti yang Pele (kadang-kadang) ceritakan, dia sering bermain sebagai penjaga gawang dalam permainan di lingkungan, dan anak-anak mulai membandingkannya dengan pemain lokal bernama "Bile",  dan surat-surat itu dipelintir selama bertahun-tahun.

Apa pun kebenarannya, dia segera mempesona pengintai bukan sebagai penjaga gawang tetapi sebagai penyerang, prototipe nomor 10.

Dia dihormati karena berbagai bakatnya, dan lebih dari pemain mana pun sejak itu, dia bisa melakukan semuanya: dia memiliki dua kaki, memiliki kecepatan dan stamina yang luar biasa, dia bisa menyundul, mengoper, menekel, dan tentu saja, dia bisa mencetak gol ke sasaran.

Dia bergabung dengan klub Santos pada usia 15 tahun dan mengubah klub pantai kecil itu menjadi salah satu nama paling terkenal di sepak bola.

Selama 18 tahun yang gemerlap di klub, dia memenangkan setiap kehormatan di sepak bola Brasil serta dua Copa Libertadores, setara dengan Liga Champions Amerika Selatan, dan dua Piala Interkontinental, turnamen tahunan yang diadakan antara tim terbaik di Eropa dan Amerika Selatan.

Bakatnya segera diakui oleh tim nasional dan dia dipilih untuk skuad Brasil menuju Piala Dunia 1958 di Swedia, meskipun psikolog tim menyebut pemain berusia 17 tahun itu "jelas kekanak-kanakan" dan menyarankan agar tidak memainkannya.

Pele kemudian mencetak hat-trick dalam setengah babak semifinal melawan Prancis, dan dua gol lainnya di final melawan tim tuan rumah Swedia, membantu Brasil meraih kejuaraan pertamanya.

Cedera membuatnya absen dari semua kecuali dua pertandingan di Piala Dunia 1962, yang dimenangkan Brasil. Pada turnamen tahun 1970 di Meksiko, Pele yang berusia 29 tahun yang sudah dewasa memenangkan gelar untuk ketiga kalinya dengan tim Brasil yang menyertakan bintang lain seperti Carlos Alberto Torres dan Tostão, dan dianggap oleh banyak orang sebagai tim terhebat.

"Saya berkata pada diri sendiri sebelum pertandingan, 'Dia terbuat dari kulit dan tulang seperti orang lain'," kata Tarcisio Burgnich, bek Italia yang bertugas menjaga Pele di final 1970. "Tapi aku salah."

Bintang New York

Pele awalnya pensiun pada tahun 1974 tetapi setelah menemukan bahwa investasi yang keliru telah membuatnya bangkrut, dia menerima tawaran pada tahun berikutnya untuk bermain di Liga Sepak Bola Amerika Utara yang masih muda dengan jumlah bayaran yang mencengangkan sekitar US$1 juta setahun.

Karisma Pele mempesona bahkan warga New York yang keras. Dia bergaul dengan selebritas dan pernah berbagi meja di klub malam Studio 54 yang terkenal dengan penyanyi Mick Jagger, Rod Stewart, dan pelukis Andy Warhol, yang menyebut Pele sebagai pengecualian dari perkataannya bahwa setiap orang akan mendapatkan ketenaran selama 15 menit.

"Pele adalah salah satu dari sedikit yang bertentangan dengan teori saya: Alih-alih ketenaran selama 15 menit, dia akan memiliki 15 abad," kata artis tersebut.

Bahkan di perusahaan seperti itu, Pele menjauhi alkohol dan obat-obatan, dengan mengatakan dia perlu melindungi tubuhnya dan menjadi panutan bagi anak-anak.

Dia mengakui "kelemahan" lainnya. Dua perceraiannya, banyak perselingkuhan, dan dua anak yang dia akui sebagai ayah di luar pernikahan memicu persepsi tentang kesenjangan dalam nyata yang sukar dipahami dari orang yang lebih suka dipanggil Edson.

Di lapangan, Pele memimpin New York Cosmos ke kejuaraan liga pada tahun 1977 dan menarik jutaan penggemar ke olah raga yang sebelumnya tampak tidak dapat diakses dan bersifat Eropa.

Bertahun-tahun kemudian, ketika Amerika Serikat memenangkan hak untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia 1994, kepala federasi sepak bola AS menyebut Pele sebagai alasan "paling penting".

Pele mencetak 1.281 gol dalam 1.366 pertandingan, seperti yang ditabulasikan oleh situs web FIFA, dengan tingkat mengejutkan 0,94 gol per pertandingan. Beberapa di antaranya adalah pertandingan persahabatan atau pertandingan yang dimainkan sebagai bagian dari dinas militernya, tetapi dia sama produktifnya di turnamen resmi, dengan 757 gol dalam 812 pertandingan.

Pele menderita serangkaian masalah kesehatan dalam beberapa tahun terakhir, termasuk operasi pinggul yang membuatnya sakit berulang dan kesulitan berjalan tanpa bantuan. Dia mengurangi penampilan publiknya, tetapi tetap aktif di media sosial.

Pele meninggalkan enam anak yang diketahui. Yang ketujuh, yang tidak dia kenali sendiri selama bertahun-tahun, meninggal karena kanker pada tahun 2006. (dengan Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home