Loading...
DUNIA
Penulis: Diah Anggraeni Retnaningrum 13:00 WIB | Minggu, 26 Februari 2017

Pembicaraan AS-Korut Batal karena Pembunuhan Jong-Nam

Ilustrasi. Tempat pembunuhan saudara tiri Presiden Korea Utara, Kim Jong-nam. (Foto: Reuters)

WASHINGTON, SATUHARAPAN.COM - Rencana pembicaraan di New York antara Korea Utara dan mantan pejabat Amerika Serikat (AS) dibatalkan menyusul pembunuhan saudara tiri pemimpin Korea Utara Kim Jong-Un, lapor media AS pada Sabtu (25/2).

Pertemuan tidak resmi yang dijadwalkan pada pekan depan tersebut dibatalkan ketika Departemen Luar Negeri menolak mengeluarkan visa bagi diplomat yang datang dari Pyongyang, lapor The Washington Post, mengutip sejumlah sumber anonim yang mengetahui keputusan itu.

Pertemuan itu akan menjadi yang pertama antara kedua negara di AS dalam lebih dari lima tahun.

Pertemuan ini digelar oleh Donald Zagoria, seorang pejabat senior di Komite Nasional nirlaba untuk Kebijakan Luar Negeri Amerika, yang berdasarkan Wall Street Journal terlibat dalam pembicaraan rahasia sebelumnya dengan Korea Utara.

Kedua surat kabar tersebut mengatakan delegasi Korea Utara dipimpin oleh Choe Son Hui, kepala Departemen Urusan AS Kementerian Luar Negeri Korea Utara.

Sedangkan Washington diwakili oleh Robert Gallucci, negosiator utama AS selama krisis nuklir Korea Utara pada 1994, dan Victor Cha, yang memimpin urusan Asia di Dewan Keamanan Nasional George W. Bush, kata Jurnal tersebut.

Namun, rencana untuk pembicaraan tidak resmi itu mengalami kendala setelah Korea Utara meluncurkan rudal balistik awal bulan ini. 

Editor : Diah Anggraeni Retnaningrum


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home