Loading...
HAM
Penulis: Sabar Subekti 11:28 WIB | Jumat, 16 Desember 2022

Pemenang Nobel Perdamaian dari Ukraina dan Rusia Kecam “Perang Gila” Putin

Natalia Pinchuk (kiri) atas nama suaminya pemenang Hadiah Nobel Perdamaian 2022, aktivis Belarusia Ales Bialiatski yang dipenjara, dan ketua Memorial, Yan Rachinsky, atas nama organisasi hak asasi manusia Rusia Memorial (tengah) bertepuk tangan setelah pemenang Hadiah Nobel Perdamaian 2022 dan Kepala Ukraina Centre for Civil Liberties (CCL), Oleksandra Matviichuk, (kanan) menyampaikan pidatonya pada upacara penghargaan Hadiah Nobel Perdamaian 2022 di Balai Kota di Oslo, Norwegia, pada 10 Desember 2022. (Foto: AFP)

OSLO, SATUHARAPAN.COM-Trio dari tiga negara di pusat perang di Ukraina menerima Hadiah Nobel Perdamaian mereka pada hari Sabtub (10/12), dan mereka menyerukan perjuangan untuk terus berlanjut melawan invasi "gila dan kriminal" pemimpin Rusia, Vladimir Putin.

Advokat hak asasi manusia Belarusia yang dipenjara, Ales Bialiatski, organisasi Memorial Rusia dan Pusat Kebebasan Sipil Ukraina (CCL) dihormati oleh komite Nobel atas perjuangan mereka untuk "hak asasi manusia, demokrasi dan hidup berdampingan secara damai" dalam menghadapi otoritarianisme.

Penghargaan paling bergengsi di dunia untuk upaya perdamaian sama sekali tidak melemahkan tekad ketiganya untuk berdiri dan berjuang.

“Orang-orang Ukraina menginginkan perdamaian lebih dari siapa pun di dunia. Tetapi perdamaian tidak dapat dicapai oleh negara yang diserang dengan meletakkan senjatanya,” kata kepala CCL, Oleksandra Matviichuk.

CCL Dokumentasikan 27.000 Dugaan Kejahatan Perang

Didirikan pada tahun 2007, CCL telah mendokumentasikan kejahatan perang yang diduga dilakukan oleh pasukan Rusia di Ukraina, termasuk penembakan bangunan tempat tinggal, gereja, sekolah dan rumah sakit, pengeboman koridor evakuasi, pemindahan paksa orang, dan penyiksaan.

Karena pemboman infrastruktur energi Ukraina oleh Rusia, Matviichuk harus menulis pidato penerimaan Nobelnya dengan cahaya lilin, katanya kepada AFP dalam sebuah wawancara hanya beberapa jam sebelum upacara.

Dalam sembilan bulan sejak dimulainya invasi Rusia, CCL telah mendokumentasikan lebih dari 27.000 kasus dugaan kejahatan perang, yang katanya "hanya puncak gunung es".

“Perang mengubah orang menjadi angka. Kita harus mendapatkan kembali nama semua korban kejahatan perang,” katanya dalam pidatonya, suaranya diliputi emosi.

Ambisi Kekaisaran Putin

Di Balai Kota Oslo yang dihiasi dengan bunga merah Siberia, Matviichuk mengulangi seruannya untuk pengadilan internasional untuk menghakimi Putin, sekutunya Presiden Belarusia, Alexander Lukashenko, dan "penjahat perang lainnya".

Rekan peraih penghargaan Rusia, Yan Rachinsky, ketua organisasi hak asasi manusia Memorial, sementara itu mengecam "ambisi kekaisaran" Rusia yang diwarisi dari bekas Uni Soviet "yang masih berkembang hingga hari ini".

Putin dan “pelayan ideologisnya” telah membajak perjuangan anti fasis “untuk kepentingan politik mereka sendiri,” katanya.

Sekarang, "perlawanan terhadap Rusia disebut 'fasisme'," dan telah menjadi "pembenaran ideologis untuk perang agresi yang gila dan kriminal melawan Ukraina," katanya, menggunakan bahasa yang keras mengingat hukuman berat yang dijatuhkan Moskow pada mereka yang mengkritik secara terbuka. invasi.

Didirikan pada tahun 1989, Memorial selama beberapa dekade telah menyoroti kejahatan yang dilakukan oleh rezim totaliter Uni Sovyet, Joseph Stalin, bekerja untuk melestarikan ingatan para korban, dan mendokumentasikan pelanggaran hak asasi manusia di Rusia.

Di tengah tindakan keras terhadap oposisi dan media, Mahkamah Agung Rusia memerintahkan  Memorial dibubarkan pada akhir tahun 2021, dan memerintahkan penggerebekan kantornya di Moskow pada 7 Oktober,  hari yang sama dengan pengumuman sebagai pemenang bersama Hadiah Perdamaian tahun ini.

“Saat ini, jumlah tahanan politik di Rusia lebih dari jumlah total di seluruh Uni Soviet pada awal periode perestroika tahun 1980-an,” kata Rachinsky.

Kediktatoran Internasional

Peraih Nobel ketiga, Ales Bialiatski, pendiri kelompok hak asasi manusia Viasna, telah ditahan sejak Juli 2021 sambil menunggu persidangan menyusul tindakan keras Minsk terhadap protes skala besar terhadap rezim tersebut.

Pria berusia 60 tahun itu tidak berwenang mengirimkan pidato penerimaan untuk upacara Nobel.

Sebaliknya, istrinya Natalia Pinchuk, yang menerima penghargaan atas namanya, membagikan beberapa pemikirannya, yang direkam sebelumnya, termasuk seruan untuk melawan “kediktatoran internasional”.

Di Ukraina, Rusia sedang mencoba membangun "kediktatoran yang bergantung," katanya, dikutip oleh istrinya. “Sama seperti Belarusia hari ini, di mana suara orang-orang yang tertindas diabaikan dan diabaikan,” katanya, mengutip “pangkalan militer Rusia, ketergantungan ekonomi yang besar, (dan) russifikasi budaya dan bahasa.”

“Kebaikan dan kebenaran harus bisa menjaga diri,” katanya.

Hari Sabtu malam, upacara penghargaan terpisah akan berlangsung di Stockholm untuk menghormati para pemenang hadiah Nobel lainnya di bidang kedokteran, fisika, kimia, sastra, dan ekonomi. Itu akan diikuti dengan perjamuan mewah di Balai Kota Stockholm untuk sekitar 1.500 tamu, termasuk keluarga kerajaan.

Juga akan hadir para pemenang dari tahun 2020 dan 2021, ketika perayaan Stockholm dibatalkan karena pandemi COVID-19. Pemenang tahun ini akan menerima medali emas, diploma, dan cek senilai 10 juta kronor Swedia (setara US$ 970.000). (AFP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home