Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 18:02 WIB | Jumat, 07 Oktober 2022

Pemenang Nobel Perdamaian 2021 Menghadapi Tahun Penuh Tantangan

Siapa pemenang Nobel Perdamaian 2022 yang akan diumumkan hari ini dari Oslo?
Peraih Nobel Perdamaian 2021, Dmitry Muratov dari Rusia, kanan, dan Maria Ressa dari Filipina berpelukan saat upacara Penghargaan Nobel Perdamaian di Balai Kota Oslo, Norwegia, Jumat, 10 Desember 2021. Untuk dua jurnalis peraih Nobel Perdamaian tahun Tahun 2021, tahun lalu tidak mudah. Dmitry Muratov dari Rusia dan Maria Ressa dari Filipina telah berjuang untuk kelangsungan hidup organisasi berita mereka, menentang upaya pemerintah untuk membungkam mereka. (Foto: dok. AP/Alexander Zemlanichenko)

WASHINGTON DC, SATUHARAPAN.COM-Memenangkan Hadiah Nobel Perdamaian seringkali memberikan dorongan bagi aktivis akar rumput atau kelompok internasional yang bekerja untuk perdamaian dan hak asasi manusia, membuka pintu dan mengangkat penyebab yang mereka perjuangkan. Tapi itu tidak selalu berhasil seperti itu.

Bagi dua jurnalis peraih Nobel Perdamaian tahun 2021, tahun lalu bukanlah hal yang mudah. Dmitry Muratov dari Rusia dan Maria Ressa dari Filipina telah berjuang untuk kelangsungan hidup organisasi berita mereka, menentang upaya pemerintah untuk membungkam mereka. Keduanya dihormati tahun lalu untuk "upaya mereka untuk menjaga kebebasan berekspresi, yang merupakan prasyarat untuk demokrasi dan perdamaian abadi."

Muratov, editor lama surat kabar Novaya Gazeta, melihat situasi media independen di Rusia berubah dari buruk menjadi lebih buruk setelah invasi Rusia ke Ukraina pada 24 Februari. Surat kabar itu menghapus sebagian besar laporan perang dari situs webnya sepekan kemudian sebagai tanggapan atas undang-undang Rusia yang baru, yang mengancam hukuman penjara hingga 15 tahun karena menerbitkan informasi yang meremehkan militer Rusia atau dianggap “palsu.”

Itu bisa termasuk penyebutan pasukan Rusia yang melukai warga sipil atau menderita kerugian di medan perang. Semua media besar independen Rusia lainnya ditutup atau situs web mereka diblokir. Banyak jurnalis Rusia meninggalkan negara itu. Tapi Novaya Gazeta bertahan, mencetak tiga edisi sepekan dan mencapai apa yang dikatakan Muratov adalah 27 juta pembaca pada bulan Maret.

Akhirnya, pada 28 Maret, setelah dua peringatan dari regulator media Rusia, surat kabar itu mengumumkan bahwa mereka menangguhkan publikasi selama perang. Namun, tim jurnalisnya memulai proyek baru dari luar negeri, yang disebut Novaya Gazeta Eropa.

Muratov telah membuat surat kabar itu melalui banyak masa-masa sulit sejak didirikan pada tahun 1993. Surat kabar tersebut telah memenangkan pujian tetapi juga membuat banyak musuh di dealam negeri Rusia sendiri, melalui pelaporan kritis dan investigasinya terhadap pelanggaran hak dan korupsi. Enam wartawannya telah tewas.

Pada bulan April, ketika Muratov berada di kereta yang menunggu untuk meninggalkan Moskow ke Samara, seorang pria menuangkan cat merah di atasnya, menyebabkan matanya terbakar. Dia mengatakan pria itu berteriak: "Muratov, ini satu untuk anak laki-laki kita!"

Koran miliknya juga tidak boleh dibiarkan begitu saja. Pada bulan September, pengadilan menyetujui permintaan regulator media untuk mencabut lisensinya.

Dalam mengajukan banding atas putusan tersebut, Muratov berpendapat bahwa regulator seharusnya puas bahwa surat kabar itu tidak lagi diterbitkan, melainkan menginginkan "tembakan kendali ke kepala" untuk memastikan surat kabar itu mati.

Satu titik terang datang pada bulan Juni, ketika Hadiah Nobel Perdamaiannya dijual di lelang seharga US$ 103,5 juta, memecahkan rekor lama untuk penjualan medali Nobel. Uang itu digunakan untuk membantu pengungsi anak Ukraina. Muratov juga menyumbangkan hadiah Nobel senilai US$500.000 untuk amal.

Ressa di Filipina

Di Filipina, kesulitan hukum Ressa dan situs beritanya Rappler di bawah mantan Presiden Rodrigo Duterte belum mereda dengan pengunduran dirinya dari jabatannya pada 30 Juni di akhir masa jabatan enam tahun yang bergejolak, yang oleh para aktivis dianggap sebagai bencana hak asasi manusia, benteng demokrasi Asia.

Situs berita online-nya adalah salah satu yang paling kritis dari tindakan brutal Duterte terhadap obat-obatan terlarang, yang menewaskan ribuan tersangka narkoba yang sebagian besar kecil dan memicu penyelidikan Pengadilan Kriminal Internasional atas kemungkinan kejahatan terhadap kemanusiaan.

Sepanjang sebagian besar pemerintahan Duterte, Ressa dan Rappler, yang ia dirikan bersama pada tahun 2012, berjuang melawan banyak tuntutan hukum yang mengancam akan menutup situs berita yang semakin populer dan mengurungnya di penjara.

Hanya dua hari sebelum Duterte mengundurkan diri, regulator perusahaan pemerintah menguatkan keputusan mencabut izin operasi Rappler dengan kesimpulan bahwa berita pemula memungkinkan investor asing untuk memegang kendali yang melanggar larangan konstitusional pada kontrol asing atas media lokal, sebuah temuan yangdiperselisihkan Rappler.

Rappler bergerak untuk melawan perintah penutupan dan memberi tahu stafnya: “Ini adalah bisnis seperti biasa bagi kami. Kami akan beradaptasi, menyesuaikan, bertahan dan berkembang.”

Itu mendapat dukungan dari suara-suara demokrasi terkemuka. "Rappler dan Maria Ressa mengatakan yang sebenarnya," cuit Hillary Clinton. “Menutup situs itu akan menjadi kerugian besar bagi negara dan rakyatnya.”

Sekitar sepekan kemudian pada bulan Juli, pada hari-hari pertama kekuasaan Presiden Ferdinand Marcos Jr., Pengadilan Banding Manila menguatkan hukuman pencemaran nama baik online terhadap Ressa dan mantan jurnalis Rappler dalam gugatan terpisah dan menjatuhkan hukuman penjara yang lebih lama hingga enam tahun, delapan bulan dan 20 hari untuk keduanya. Pengacara mereka meminta agar mereka keluar dari penjara dan situs berita tetap berjalan.

Keputusan tersebut mendorong Komite Nobel Norwegia untuk bereaksi, dengan ketua komite Berit Reiss-Andersen mengatakan “menggarisbawahi pentingnya kebebasan, independen dan jurnalisme berbasis tindakan, yang berfungsi untuk melindungi dari penyalahgunaan kekuasaan, kebohongan, dan propaganda perang.”

Kenaikan kekuasaan yang menakjubkan dari Marcos Jr., putra seorang diktator yang dituduh melakukan kekejaman dan penjarahan hak yang meluas yang digulingkan dalam pemberontakan pro demokrasi 1986, adalah pemeriksaan realitas baru tentang tingkat disinformasi dan berita palsu di media sosial yang Rappler dan organisasi berita independen lainnya telah bergulat di Filipina.

Para kritikus mengaitkan kemenangan telaknya dalam pemilihan umum dengan propaganda online yang didanai dengan baik, yang menurut mereka menutupi sejarah keluarga Marcos dan menggarisbawahi pengaruh kuat media sosial di negara yang dianggap sebagai salah satu pengguna internet terbesar di dunia.

Ketika ditanya tentang Ressa dan Rappler dalam sebuah penampilan di kantor pusat Asia Society di New York bulan lalu, Marcos Jr. mengatakan pemerintahannya tidak akan ikut campur dalam kasus-kasus pengadilan. Dia tidak menyebutkan tuduhan represi media oleh pendahulunya.

Seorang individu mengajukan dua kasus pencemaran nama baik online terhadapnya, katanya, dan menambahkan bahwa perintah penutupan itu merupakan pelanggaran hukum.

“Apa yang terjadi dengan Maria Ressa dan Rappler adalah bahwa itu ditentukan oleh perusahaan asing,” kata Marcos Jr. "Dan itu tidak diperbolehkan dalam aturan kami, dalam hukum kami."

Siapa Meraih Nobel Perdamaian 2022? Hadiah Nobel Perdamaian 2022 akan diumumkan pada hari Jumat (7/10) di Oslo.

Adakah kemungkinan orang-orang yang berjuang melawan kekejaman perang yang dikobarkan Rusia di Ukraina, atau mereka yang berjuang untuk mengatasi dampak luas perang pada masyarakat lemah? (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home