Loading...
DUNIA
Penulis: Reporter Satuharapan 15:28 WIB | Selasa, 17 Mei 2016

Pemerintah Arab Tolak Jemaah Haji Iran

Raja Salman (Foto: SPA)

ARAB, SATUHARAPAN.COM - Pemerintahan Arab menegaskan untuk tetap menerima umat Islam dari seluruh dunia untuk melaksanakan ibadah haji kecuali warga Iran.

“Kerajaan menerima dan menghormati para jamaah haji ataupun hanya melaksanakan umrah dan semua tamu dari seluruh negara dan tidak menghalangi umat Muslim pergi ke tanah suci,” menurut laporan The Saudi Press Agency.

Pertemuan kabinet yang dipimpin langsung oleh Raja Salman berulang kali menegaskan untuk menolak jamaah haji Iran tahun ini.

Kabinet membahas bagaimana pejabat dari kerajaan telah bertemu dengan perwakilan untuk urusan haji dari negara Iran untuk membahas pengaturan dan persyaratan urusan jemaah haji Iran seperti orang lain dari seluruh dunia.

Perwakilan dari Iran menolak untuk menandatangani kesepakatan aturan dan persyaratan haji selama pertemuan itu.

Keputusan untuk menolak jamaah haji dari Iran merupakan tanggung jawab dari pejabat negara mereka untuk berhadapan dengan Allah SWT dan seluruh dunia.

Penyataan itu adalah penekanan dari penolakan jamaan haji Iran yang ingin mempolitisasi pelaksanaan ibadah haji dan berpotensi merugikan Kerajaan Arab.

Konflik antara Iran dan Arab Saudi memang sudah kembali memanas sejak eksekusi salah satu ulama Syiah terkemuka Sheikh Nimr al-Nimr di Arab tahun 2015 lalu. (alarabiya/kav)

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home