Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 11:07 WIB | Senin, 24 April 2023

Pemerintah Beberapa Negara Berjuang Evakuasi Staf Kedutaan dari Sudan

Warga menyebut tidak ada gencatan senjata dan pertempuran terus berlangsung di Khartoum.
Asap terlihat di Khartoum, Sudan, hari Sabtu, 22 April 2023. Pertempuran di ibu kota antara Tentara Sudan dan Pasukan Pendukung Cepat berlanjut setelah gencatan senjata yang ditengahi internasional gagal. (Foto: AP/Marwan Ali)

KHARTOUM, SATUHARAPAN.COM-Militer Amerika Serikat menerbangkan pejabat kedutaan keluar dari Sudan pada hari Minggu (23/4) dan pemerintah internasional berlomba untuk mengevakuasi staf diplomatik mereka dan warga negara yang terperangkap di ibu kota saat para jenderal saingan berjuang untuk menguasai negara terbesar ketiga di Afrika itu selama sembilan hari.

Pertempuran berkecamuk di Omdurman, kota di seberang Sungai Nil dari ibu kota Sudan, Khartoum, lapor penduduk. Kekerasan terjadi meskipun gencatan senjata dinyatakan bertepatan dengan hari raya Idul Fitri selama tiga hari.

“Kami tidak melihat gencatan senjata seperti itu,” kata Amin al-Tayed dari rumahnya di dekat kantor pusat televisi pemerintah di Omdurman. Dia mengatakan tembakan senjata berat dan ledakan menggelegar mengguncang kota.

Asap hitam tebal memenuhi langit di atas bandara Khartoum. Kelompok paramiliter yang memerangi angkatan bersenjata Sudan mengklaim militer melepaskan serangan udara di lingkungan kelas atas Kafouri, utara Khartoum. Tidak ada komentar segera dari tentara.

Koneksi Internet Putus

Pada hari Minggu (23/4), negara itu mengalami “kehancuran total” koneksi internet dan saluran telepon secara nasional, menurut NetBlocks, layanan pemantauan internet.

“Ada kemungkinan infrastruktur rusak atau disabotase,” kata Alp Toker, direktur Netblocks, dalam sebuah wawancara. “Ini akan berdampak besar pada kemampuan warga untuk tetap aman dan akan berdampak pada program evakuasi yang sedang berlangsung.”

Setelah sepekan pertempuran berdarah yang menghambat upaya penyelamatan, pasukan khusus AS dengan cepat mengevakuasi 70 staf kedutaan AS dari Khartoum ke lokasi yang dirahasiakan di Ethiopia pada hari Minggu pagi. Meskipun para pejabat Amerika mengatakan terlalu berbahaya untuk melakukan evakuasi warga negara yang dikoordinasi pemerintah, negara-negara lain bergegas untuk mengevakuasi warga negara dan diplomat.

Prancis, Yunani, dan negara-negara Eropa lainnya mengorganisir eksodus massal pada hari Minggu. Juru bicara Kementerian Luar Negeri Prancis, Anne-Claire Legendre, mengatakan Prancis melakukan operasi dengan bantuan sekutu Eropa.

Menteri luar negeri Yunani mengatakan negara itu telah mengirimkan pesawat dan pasukan khusus ke sekutunya, Mesir, dalam persiapan evakuasi 120 warga negara Yunani dan Siprus dari Khartoum. Sebagian besar pengungsi berlindung di katedral Ortodoks Yunani di ibu kota, kata Nikos Dendias.

Belanda mengirim dua pesawat Hercules C-130 angkatan udara dan Airbus A330 ke Yordania untuk menyelamatkan 152 warga Belanda di Sudan yang melakukan perjalanan ke titik evakuasi yang dirahasiakan pada hari Minggu. “Kami sangat bersimpati dengan Belanda di Sudan,” kata Menteri Pertahanan Kajsa Ollongren. “Evakuasi dan pemindahan ke titik kumpul bukannya tanpa risiko.”

Italia mengirim jet militer ke negara Teluk Aden di Djibouti untuk mengevakuasi 140 warga negara Italia dari Sudan, banyak dari mereka berlindung di kedutaan, kata Menteri Luar Negeri Italia, Antonio Tajani.

Pertempuran di Bandar Udara

Pertempuran antara angkatan bersenjata Sudan dan kelompok paramiliter yang kuat, yang dikenal sebagai Pasukan Dukungan Cepat, telah menargetkan dan melumpuhkan bandara internasional utama negara itu, menghancurkan sejumlah pesawat sipil dan menghancurkan setidaknya satu landasan pacu. Bandara lain di seluruh negeri juga telah dihentikan operasinya.

Perjalanan darat melintasi wilayah yang diperebutkan oleh pihak yang bertikai terbukti berbahaya. Khartoum berjarak sekitar 840 kilometer (520 mil) dari Port Sudan di Laut Merah.

Tetapi beberapa negara telah melanjutkan perjalanan. Arab Saudi pada hari Sabtu mengatakan kerajaan berhasil mengevakuasi 157 orang, termasuk 91 warga negara Arab Saudi dan warga negara lain. TV negara Arab Saudi merilis rekaman konvoi besar warga Arab Saudi dan warga negara asing lainnya yang bepergian dengan mobil dan bus dari Khartoum ke Port Sudan, di mana sebuah kapal angkatan laut kemudian mengangkut para pengungsi melintasi Laut Merah ke pelabuhan di Jeddah.

Perebutan kekuasaan antara militer Sudan, yang dipimpin oleh Jenderal Abdel-Fattah Burhan, dan Pasukan Dukungan Cepat, yang dipimpin oleh Jenderal Mohammed Hamdan Dagalo, telah memberikan pukulan telak bagi harapan Sudan untuk transisi demokrasi. Lebih dari 420 orang, termasuk 264 warga sipil, tewas dan lebih dari 3.700 terluka dalam pertempuran itu.

Baik Burhan maupun Dagalo, masing-masing mendambakan legitimasi internasional, saling menuduh menghalangi upaya untuk mengevakuasi pejabat diplomatik asing. Militer Sudan menuduh pada hari Minggu bahwa Pasukan Pendukung Cepat, atau RSF, yang bersaing, telah menembaki konvoi Prancis selama evakuasi, melukai seorang warga negara Prancis.

Sebagai tanggapan, RSF mengklaim diserang oleh pesawat militer ketika warga negara dan diplomat Prancis berjalan ke Omdurman setelah mengevakuasi kedutaan. Dikatakan serangan militer "membahayakan nyawa warga negara Prancis, melukai salah satu dari mereka."

Kementerian Luar Negeri Prancis menolak mengomentari rincian operasi penyelamatan tersebut atau penembakan yang dilaporkan untuk alasan keamanan, tetapi mengatakan evakuasi berlanjut sesuai rencana.

Warga Sudan Terjebak di Rumah

Saat kekerasan berkecamuk, rumah sakit mengatakan mereka berjuang untuk mengatasinya. Banyak korban tewas dan terluka terdampar akibat pertempuran, menurut Sindikat Dokter Sudan yang memantau korban, menunjukkan jumlah korban tewas mungkin lebih tinggi dari yang diketahui publik.

Konflik telah menyebabkan jutaan orang Sudan terjebak di rumah, bersembunyi dari ledakan, tembakan dan penjarahan, tanpa listrik, makanan, atau air yang memadai.

Ribuan orang Sudan telah melarikan diri dari pertempuran di Khartoum dan titik panas lainnya, menurut badan-badan PBB. Hingga 20.000 orang telah meninggalkan rumah mereka di wilayah barat Darfur menuju Chad yang bertetangga.

Perang bukanlah hal baru di Darfur, di mana kekerasan bermotif etnis telah menewaskan sebanyak 300.000 orang sejak 2003. Tapi Sudan tidak terbiasa dengan pertempuran sengit seperti itu di ibu kotanya.

“Ibukota telah menjadi kota hantu,” kata Atiya Abdalla Atiya, sekretaris Sindikat Dokter.

Pertempuran itu juga melibatkan warga sipil, termasuk diplomat asing, dalam baku tembak. Pejuang menyerang konvoi Kedutaan Besar AS pekan lalu, dan menyerbu rumah duta besar Uni Eropa untuk Sudan.

Kekerasan baru-baru ini melukai seorang diplomat Mesir di Sudan, kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Mesir, Ahmed Abu Zaid, hari Minggu, tanpa memberikan rincian lebih lanjut.

Dari Vatikan, Paus Fransiskus menyerukan doa dan menyerukan perdamaian di negara Afrika yang luas itu. “Saya memperbarui seruan saya agar kekerasan berhenti secepat mungkin dan jalur dialog dilanjutkan,” kata Fransiskus kepada mereka yang berkumpul di Lapangan Santo Petrus.

Ledakan kekerasan saat ini terjadi setelah Burhan dan Dagalo berselisih karena kesepakatan baru-baru ini yang ditengahi secara internasional dengan para aktivis demokrasi yang dimaksudkan untuk memasukkan RSF ke dalam militer dan akhirnya mengarah pada pemerintahan sipil.

Para jenderal saingan naik ke tampuk kekuasaan setelah pemberontakan rakyat yang kacau yang menyebabkan penggulingan penguasa lama Sudan, Omar al-Bashir, pada 2019. Dua tahun kemudian, mereka bergabung untuk merebut kekuasaan dalam kudeta yang menggulingkan para pemimpin sipil dan membuka babak baru yang bermasalah dalam sejarah negara itu. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home