Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 11:04 WIB | Senin, 24 April 2023

Pejabat Tinggi Pemilu Myanmar Yang Ditunjuk Militer Ditembak Mati

Seorang pejabat Komisi Pemilihan Umum menghitung surat suara di TPS di Naypyitaw, Myanmar, pada 8 November 2020. Seorang pejabat tinggi pemilihan di Myanmar ditembak mati pada Sabtu, 22 April 2023, di dalam mobilnya di Yangon, dalam serangan terakhir dikaitkan dengan militan menentang kekuasaan militer. (Foto: dok. AP/Aung Shine Oo)

NAYPYITAW, SATUHARAPAN.COM-Seorang pejabat tinggi pemilihan umum di Myanmar ditembak mati di dalam mobilnya di Yangon, ibu kota komersial negara itu, dalam serangan terbaru yang dikaitkan dengan militan yang menentang kekuasaan militer.

Sai Kyaw Thu, wakil direktur jenderal Komisi Pemilihan Persatuan yang ditunjuk militer, ditembak beberapa kali pada hari Sabtu (22/4) , menurut kantor informasi militer, laporan media dan pernyataan tanggung jawab dari kelompok gerilya perkotaan.

Kantor informasi pada hari Minggu (23/4) mengatakan serangan itu dilakukan oleh Pasukan Pertahanan Rakyat, sayap bersenjata yang terorganisir secara longgar dari Pemerintah Persatuan Nasional pro demokrasi, sebuah kelompok bawah tanah yang menentang pemerintah yang dibentuk militer yang didirikan ketika tentara merebut kekuasaan dua tahun lalu..

Banyak kekuatan oposisi termasuk kelompok Pasukan Pertahanan Rakyat setempat beroperasi secara mandiri dari Pemerintah Persatuan Nasional tetapi militer mencap mereka semua sebagai “teroris.”

Sebuah kelompok perlawanan yang menamakan dirinya "For The Yangon" mengatakan melakukan serangan terhadap Sai Kyaw Thu, mantan letnan kolonel. Itu menyatakan "Misi: Dicapai" dalam posting Facebook pada Sabtu malam yang diilustrasikan dengan tiga foto target mereka.

Sai Kyaw Thu diyakini sebagai pejabat paling senior Komisi Pemilihan Umum yang ditembak sejak tentara merebut kekuasaan pada 1 Februari 2021 dari pemerintah terpilih Aung San Suu Kyi.

Kelompok perlawanan awal tahun ini berusaha mengganggu persiapan pemilu baru yang dijanjikan militer dengan menyerang personel yang melakukan survei populasi yang dapat digunakan untuk mengumpulkan daftar pemilih dan petugas pemilu tingkat rendah lainnya.

Rencana pemungutan suara, yang tanggalnya tidak pernah ditetapkan, dibatalkan tanpa batas waktu pada bulan Februari ketika pemerintah militer mengumumkan akan memperpanjang keadaan darurat karena masalah keamanan.

Gerilyawan perkotaan telah melakukan banyak pembunuhan yang ditargetkan, tindakan pembakaran dan pengeboman kecil. Korban termasuk pejabat dan anggota militer dan kroninya, serta orang-orang yang diyakini sebagai informan atau kolaborator militer.

Pada November 2021, seorang mantan perwira angkatan laut yang merupakan kepala keuangan perusahaan telekomunikasi Mytel yang terkait dengan militer Myanmar ditembak mati di jalan Yangon. Than Than Swe, yang saat itu menjabat sebagai wakil gubernur Bank Sentral Myanmar, ditembak di rumahnya di Yangon pada April 2022. Dia selamat dan dipromosikan menjadi gubernur bank.

Baru-baru ini, seorang pengacara senior perusahaan yang dituduh membantu para pemimpin militer ditembak mati di Yangon oleh gerilyawan kota yang memproklamirkan diri pada bulan Maret.

Setelah pengambilalihannya, tentara menekan lawan dengan keras di kota-kota, menangkap ribuan orang dan menggunakan kekuatan mematikan bahkan terhadap demonstran tanpa kekerasan. Represi, yang kini telah menyebabkan lebih dari 3.400 kematian warga sipil, memicu perlawanan bersenjata yang meluas.

Militer memecat anggota komisi pemilihan umum sebelumnya, yang telah meratifikasi kemenangan partai Suu Kyi dalam pemilihan umum November 2020, dan menunjuk pejabat baru. Itu juga menahan beberapa anggota komisi lama, dan menurut laporan di media independen Myanmar, menekan mereka untuk mengatakan telah terjadi kecurangan pemilu.

Komisi baru yang ditunjuk militer menyatakan hasil pemilu 2020 tidak sah dan menuntut Suu Kyi dan 15 tokoh politik senior lainnya atas tuduhan penipuan.

Dalam pernyataannya, "For The Yangon" mengklaim Sai Kyaw Thu telah menjadi penggugat dalam kasus kecurangan pemilu melawan Suu Kyi. Dia dan Presiden Win Myint yang digulingkan dan mantan menteri kantor presiden, Min Thu, menerima hukuman tiga tahun pada bulan September tahun lalu dalam kasus itu.

Seorang anggota kelompok gerilya mengatakan dalam sebuah pesan teks pada hari Minggu bahwa Sai Kyaw Thu dibunuh “karena menjadi wakil direktur jenderal komisi pemilihan ilegal dewan militer, yang tidak menghargai suara rakyat dalam pemilihan umum 2020 dan menyalahgunakan hak pilih orang secara tidak adil, dan juga karena menjadi orang yang secara salah menuntut Presiden Win Myint dan Aung San Suu Kyi sebagai kaki tangan dewan militer.”

“Siapa yang menghina masyarakat akan dihukum oleh masyarakat,” kata anggota kelompok yang tidak mau disebutkan namanya itu karena takut ditangkap aparat.

Menurut laporan di media independen Myanmar, Sai Kyaw Thu diperiksa silang sebagai saksi penuntut dalam persidangan terhadap Suu Kyi tahun lalu. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home