Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 15:33 WIB | Senin, 24 April 2023

RSF Paramiliter Sudan Menyetujui Gencatan Senjata 72 Jam

Pemberontak SPLA (Tentara Pembebasan Rakyat Sudan) selama pelatihan di daerah Mestre di Sudan barat dekat perbatasan dengan Chad, 18 Agustus 2004. (Foto: dok. Reuters)

KHARTOUM, SATUHARAPAN.COM-Pasukan Dukungan Cepat (RSF) paramiliter Sudan mengatakan telah menyetujui gencatan senjata 72 jam atas dasar kemanusiaan mulai pukul 06:00 pagi (04:00 GMT) pada hari Jumat (21/4), bertepatan dengan hari raya Idul Fitri.

Ibu kota Sudan, Khartoum, diguncang oleh pemboman dan penembakan pada hari Jumat pagi. Tidak ada komentar langsung dari tentara dan pemimpinnya, Jenderal Abdel Fattah al-Burhan, tidak menyebutkan gencatan senjata dalam pidato yang direkam sebelumnya yang diposting di halaman Facebook tentara.

"Gencatan senjata itu bertepatan dengan Idul Fitri yang diberkahi ... untuk membuka koridor kemanusiaan untuk mengevakuasi warga dan memberi mereka kesempatan untuk menyapa keluarga mereka," kata RSF dalam sebuah pernyataan.

Pertempuran antara RSF dan tentara Sudan meletus pada hari Sabtu (15/4), menggagalkan rencana yang didukung secara internasional untuk transisi ke demokrasi sipil empat tahun setelah jatuhnya otokrat Islam, Omar al-Bashir, ke protes massal dan dua tahun setelah kudeta militer.

RSF mengatakan harus bertindak "membela diri" untuk mengusir apa yang digambarkannya sebagai upaya kudeta, menambahkan bahwa mereka berkomitmen untuk "gencatan senjata penuh" selama periode gencatan senjata.

Sedikitnya 350 orang tewas dalam perebutan kekuasaan antara dua pemimpin junta militer yang sebelumnya bersekutu, panglima militer Burhan dan pemimpin RSF Jenderal Mohamed Hamdan Dagalo.

Konflik tersebut telah memupus harapan akan kemajuan menuju demokrasi di Sudan, berisiko menarik tetangganya dan dapat menyebabkan persaingan regional antara Rusia dan Amerika Serikat.

RSF sebelumnya mengutuk militer atas apa yang dikatakannya sebagai serangan baru.

“Pada saat ini, ketika warga bersiap menyambut hari pertama Idul Fitri, lingkungan Khartoum terbangun karena pemboman pesawat dan artileri berat dalam serangan besar-besaran yang langsung menargetkan lingkungan perumahan,” kata RSF pada hari Jumat.

Warga Mengungsi

Sekretaris Jenderal PBB, Antonio Guterres, pada hari Kamis menyerukan gencatan senjata untuk memungkinkan warga sipil mencapai keselamatan.

Ribuan warga sipil mengalir keluar dari Khartoum untuk mengungsi saat tembakan dan ledakan terdengar pada hari Kamis. Sejumlah besar orang juga menyeberang ke Chad untuk melarikan diri dari pertempuran di wilayah barat Darfur.

Sekelompok dokter mengatakan sedikitnya 26 orang tewas dan 33 lainnya luka-luka di El-Obeid, sebuah kota di sebelah barat Khartoum, pada Kamis. Saksi mata di sana menggambarkan bentrokan antara tentara dan pasukan RSF serta penjarahan yang meluas.

Guterres, berbicara kepada wartawan setelah bertemu secara virtual dengan para pemimpin Uni Afrika, Liga Arab dan organisasi lainnya pada hari Kamis, mengatakan: “Ada konsensus yang kuat untuk mengutuk pertempuran yang sedang berlangsung di Sudan dan menyerukan penghentian permusuhan sebagai prioritas segera.”

Mendesak gencatan senjata tiga hari, dia mengatakan warga sipil yang terperangkap di zona konflik harus diizinkan melarikan diri dan mencari perawatan medis, makanan, dan perbekalan lainnya. Amerika Serikat mendukung proposal gencatan senjata.

Burhan mengatakan kepada Al Jazeera bahwa dia akan mendukung gencatan senjata dengan syarat memungkinkan warga untuk bergerak bebas, sesuatu yang menurutnya telah dicegah oleh RSF. Dia juga mengatakan dia tidak melihat mitra untuk negosiasi, dan “tidak ada pilihan lain selain solusi militer.”

Saingannya, Dagalo, yang dikenal luas sebagai Hemedti, mengatakan kepada Al Jazeera bahwa dia siap untuk menerapkan gencatan senjata selama tiga hari. Dagalo telah beberapa kali mengatakan dia mendukung gencatan senjata singkat tetapi masing-masing gencatan senjata dengan cepat runtuh.

"Kami berbicara tentang gencatan senjata kemanusiaan, kami berbicara tentang jalan yang aman ... kami tidak berbicara tentang duduk bersama penjahat," kata Dagalo, mengacu pada Burhan.

Burhan menuduh Dagalo, hingga pekan lalu adalah wakilnya di dewan yang telah memerintah sejak kudeta dua tahun lalu, melakukan "perebutan kekuasaan".

Aliansi antara kedua pria itu sebagian besar telah terjalin sejak penggulingan orang kuat Bashir, yang pemerintahannya membuat Sudan menjadi paria internasional yang masuk dalam daftar terorisme Amerika Serikat.

Kekerasan terakhir dipicu ketidaksepakatan atas rencana yang didukung internasional untuk membentuk pemerintahan sipil baru. Kedua belah pihak menuduh yang lain menggagalkan transisi.

Sebagian besar pertempuran terfokus pada kompleks Khartoum yang menampung markas besar tentara dan kediaman Burhan. Distrik kedutaan dan bandara juga menjadi tempat bentrokan.

Di Khartoum dan kota kembar Omdurman dan Bahri, warga berkumpul pada Kamis di terminal bus dengan membawa koper. “Tidak ada makanan. Supermarket kosong. Situasinya tidak aman,” kata seorang warga yang hanya menyebutkan nama depannya, Abdelmalek.

Banyak orang tetap terjebak, bersama dengan ribuan orang asing di kota yang telah menjadi zona perang. Kendaraan yang terbakar berserakan di jalanan dan gedung-gedung memiliki lubang menganga. Rumah sakit, tempat mayat terbaring tidak terkubur, ditutup.

Sekitar 10.000 hingga 20.000 orang mengungsi di desa-desa di sepanjang perbatasan di dalam Chad, kata badan pengungsi PBB UNHCR dan Program Pangan Dunia (WFP).

Bahkan sebelum konflik, sekitar seperempat rakyat Sudan menghadapi kelaparan akut, tetapi WFP menghentikan salah satu operasi global terbesarnya di negara itu pada hari Sabtu setelah tiga pekerjanya tewas.

Sudan berbatasan dengan tujuh negara dan terletak secara strategis di antara Mesir, Arab Saudi, Ethiopia, dan wilayah Sahel Afrika yang bergejolak, sehingga permusuhan berisiko mengipasi ketegangan regional. (Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home