Loading...
LAYANAN PUBLIK
Penulis: Febriana Dyah Hardiyanti 17:00 WIB | Jumat, 11 November 2016

Pemerintah Galakkan Langkah Cegah Pohon Tumbang

Para Petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) berusaha membersihkan pohon tumbang yang terjadi di jalur bus Transjakarta di Jalan HR Rasuna Said, Jakarta Selatan, Selasa (30/8) yang membuat arus lalu lintas di kawasan tersebut tersendat. Pohon tumbang terjadi akibat hujan disertai angin kencang yang mengguyur sebagian wilayah Jakarta kurang lebih selama satu jam. (Foto: Dedy Istanto)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Memasuki musim penghujan, Kepala Dinas Pertamanan dan Pemakaman DKI Jakarta, Djafar Muchlisin, mulai galak melakukan langkah preventif bersama-sama masyarakat dalam mencegah potensi pohon tumbang.

“Tim pengawasan kami rutin melakukan tebang ranting terhadap pohon-pohon yang terlalu lemah dibantu dengan laporan dari masyarakat,” kata Djafar, hari Jumat (11/11) sore.

Djafar menjelaskan, Dinas Pertamanan dan Pemakaman memiliki tim darurat apabila terjadi kejadian pohon tumbang di Ibu Kota. “Kita juga punya tim reaksi cepat untuk pohon yang tumbang.”

Penanganan tersebut, lanjut dia, tersebar di seluruh wilayah Jakarta melalui pedoman dari Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP).

“Penebangan pohon harus sesuai izin dari PTSP dengan rekomendasi teknis dari Dinas Pertamanan dan Pemakaman DKI secara terperiodik,” katanya.

Ia menyayangkan kejadian pohon tumbang beberapa lalu di salah satu tempat parkir, Jakarta Selatan. Menurutnya, hal itu karena kurangnya koordinasi pihak swasta dalam melaporkan potensi pohon tumbang kepada pemerintah.

“Kemarin yang tumbang di tempat parkir seharusnya perusahaan yang mempunyai tanaman bisa mengajukan laporan untuk kami bantu dalam penebangan. Lokasi itu tidak secara langsung dalam pengawasan kami, jadi harus ada inisiatif dari mereka,” ujar dia.

Djafar menganjurkan kepada masyarakat untuk sebaiknya tidak menebang sendiri pohon-pohon yang dianggap sudah lemah, tetapi melaporkan agar dilakukan tindakan dari dinas pertamanan dan pemakaman.

“Pohon yang ada di pinggir jalan merupakan tugas kami untuk mengamankannya. Masyarakat jangan sembarangan menebang, apalagi jika pohon itu milik Pemda DKI,” kata Djafar.

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home