Loading...
EKONOMI
Penulis: Melki Pangaribuan 23:07 WIB | Sabtu, 20 Juni 2015

Pemerintah Kembangkan Potensi Energi Laut Jadi Energi Listrik

Maritje Hutapea. (Foto: ebtke.esdm.go.id)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Kebutuhan energi yang meningkat dan sumber daya yang terus berkurang membuat penerus generasi yang akan datang harus dapat mencari alternatif pemanfaatan energi lain selain energi yang tidak terbarukan.

Jika masih bergantung pada energi fosil, maka di masa depan energi nasional akan kesulitan untuk memanfaatkan energi ini karena keterbatasan populasi dari energi tersebut.

Dilihat dari kondisi geografis negara Indonesia yang sebagian besar wilayahnya terdiri dari lautan, maka dilakukan pengembangan pemanfaatan energi kelautan dengan memanfaatkan kekuatan ombak sebagai energi pembangkit listrik.

Direktur Aneka Energi Baru dan Terbarukan, Maritje Hutapea mengatakan untuk pengembangan energi laut menjadi listrik saat ini masih dalam tahap penelitian dan pengembangan.

"Kami masih fokus pada penelitian untuk mengetahui seberapa besar potensi arus laut yang bisa dikembangkan menjadi energi listrik," kata dia seperti dilansir laman resmi Kementerian ESDM, Jumat (19/6).

Maritje menambahkan, sudah ada beberapa perusahaan yang berminat mengembangkan teknologi-teknologi terkait energi laut tersebut.

"Di laut sendiri ada beberapa teknologi yang bisa dikembangkan misal OTEC (Ocean thermal energy conversion/konversi energi termal lautan), perbedaan suhu, gelombang, pasang surut dan ada beberapa teknologi yang bisa dikembangkan dengan memanfaatkan laut,"jelasnya.

Potensi laut Indonesia, lanjut Maritje, cukup besar dan jika ini dikembangkan dapat membantu ketahanan energi nasional khususnya dibidang listrik.

"Potensi besar, bisa membantu ketahanan energi nasional," katanya. (btke.esdm.go.id)

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home