Loading...
EKONOMI
Penulis: Diah Anggraeni Retnaningrum 23:04 WIB | Sabtu, 20 Juni 2015

Stabilkan Harga, Bulog Gelar Operasi Pasar Murah

Ilustrasi. Daging sapi dijual di pasar. (Foto: Dok.satuharapan.com)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Menjelang Hari Raya Idul Fitri, Perum Badan Urusan Logistik (Bulog) akan menggelar  operasi pasar murah untuk menjaga lonjakan harga daging sapi melambung tinggi karena banyaknya permintaan.

“Kami akan coba masuk ke pasar dan retail untuk daging, yang mungkin bisa mengurangi beban saudara-saudara kita yang ingin berpuasa dengan memasak daging,” kata Direktur Utama Perum Bulog Djarot Kusumayakti di Kantor Kementerian Komunikasi dan Informasi Jalan Medan Merdeka Barat, Jumat (19/6).

Djarot memaparkan untuk tahap awal Bulog akan menyediakan daging sapi segar lokal sebanyak 200 ton di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi dengan rata-rata per hari sebanyak 15 ton. Rencananya, area operasi akan diperluas ke wilayah lainnya seperti Bandung dan Surabaya.

Setelah stok tersebut habis, Djarot mengatakan Bulog akan mendistribusikan 300 ton daging sapi lokal tambahan. Jika kurang, kata dia, pihaknya sudah menyiapkan 1000 ton daging sapi impor.

Kementerian Perdagangan pekan lalu sudah mengeluarkan izin impor 1000 ton daging sapi potong untuk Bulog. Izin tersebut hanya berlaku hingga 31 Agustus 2015.

Kementerian Perdagangan mencatat stok daging sapi masih mencukupi hingga lima bulan ke depan. Per 18 Juni stok daging sapi tercatat mencapai 228.000 ekor dan harga rata-rata daging sapi per 18 Juni Rp 107.940 per kg atau naik sekitar 4,02 persen. 

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home