Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 09:56 WIB | Selasa, 03 Mei 2022

Pemilihan Presiden Filipina: Mungkinkah Keluarga Marcos Kembali Berkuasa?

Lawan kuatnya, Leni Robredo, mengandalkan mesin kampanye relawan dengan semangat membendung kembali berkuasanya Marcos.
Pemilihan Presiden Filipina: Mungkinkah Keluarga Marcos Kembali Berkuasa?
Calon presiden, Wakil Presiden saat ini, Leni Robredo, menyapa para pendukung saat bendera Filipina dikibarkan pada kampanye yang bertepatan dengan hari ulang tahunnya di Pasay City, Filipina pada Minggu, 24 April 2022. (Foto-foto: AP/Aaron Favila)
Pemilihan Presiden Filipina: Mungkinkah Keluarga Marcos Kembali Berkuasa?
Pendukung bersorak saat menunggu calon Presiden, Wakil Presiden saat ini Leni Robredo, saat kampanye yang bertepatan dengan hari ulang tahunnya di Pasay City, Filipina pada Minggu, 24 April 2022.

MANILA, SATUHARAPANH.COM-Seorang pendukung menulis lagu kampanye yang menggetarkan yang telah diputar hampir empat juta kali di Spotify. Relawan lain menyerbu desa-desa Filipina, pergi dari rumah ke rumah untuk mendukung Wakil Presiden Leni Robredo dalam pemilihan presiden pekan depan.

Taruhannya tinggi: jika lawan Robredo, Ferdinand Marcos Jr, merebut kursi kepresidenan, seperti yang ditunjukkan oleh survei, itu akan menandai kembalinya negara itu dalam kekuasaan keluarga Marcos yang dikecam karena korupsi, dan digulingkan melalui people power pada tahun 1986.

Pengikut dari berbagai latar belakang, keluarga dengan kakek-nenek dan anak-anak mereka, dokter, aktivis, imam dan biarawati Katolik, bintang TV dan film, petani dan mahasiswa, telah bergabung dalam aksi unjuk rasa seperti pesta Robredo dalam jumlah puluhan ribu. Dia menyebut gerakan yang muncul sebagai "revolusi merah muda" seperti warna yang dikenakan oleh para sukarelawannya.

Kerumunan besar, serta tembakan drone dan video yang diposting online oleh pengikut, membangkitkan kenangan akan pemberontakan “Kekuatan Rakyat” 1986 yang besar tetapi sebagian besar damai yang menggulingkan orang kuat Ferdinand Marcos dalam tonggak sejarah demokrasi Asia yang memukau dunia.

Sementara seruan saat itu adalah untuk mengembalikan demokrasi setelah bertahun-tahun kediktatoran yang brutal dan korup, seruan perang para pendukung Robredo adalah janji untuk membawa pemerintahan yang baik dan bebas korupsi bersamanya sebagai pembawa obor reformis yang baru.

“Kami menginginkan pemerintahan yang baik, pejabat pemerintah yang jujur, pekerja keras, yang benar-benar peduli pada rakyat, dan dia akhirnya ada di sini,” kata Nica del Rosario, seorang musisi berusia 32 tahun. “Jangan sia-siakan kesempatan ini karena seseorang seperti dia tidak sering datang.”

Bersama rekan-rekannya, del Rosario menulis dan menyanyikan dua lagu kampanye untuk Robredo, termasuk "Rosas", bahasa Tagalog yang berarti mawar, sebuah penghargaan untuk merek politik langsung yang patriotik dan rendah hati dari pemimpin oposisi yang telah menjadi lagu emosional bagi para pengikutnya. Lagu tersebut telah diputar lebih dari 3,9 juta kali di Spotify hanya dalam waktu dua bulan, dan telah menjadi viral di Facebook dan YouTube serta membuat para pendukung menangis di aksi unjuk rasa.

Tampilnya Putra Marcos

Tetapi Robredo sedang berjuang dalam pemilihan presiden yang berat melawan putra Marcos, yang namanya sama, yang telah menduduki puncak survei preferensi pemilih dengan keunggulan yang tampaknya tidak dapat diatasi.

Robredo tetap di tempat kedua dalam survei independen untuk pemilihan presiden 10 kandidat, jauh di belakang Marcos Jr, dengan hanya sepekan sebelum 67 juta pemilih terdaftar akan memilih pemimpin Filipina berikutnya pada 9 Mei.

Marcos Jr menduduki puncak jajak pendapat terbaru oleh Pulse Asia dengan dukungan 56%, meskipun peringkatnya sedikit turun di antara kelas menengah ke bawah, dan Robredo peringkat kedua dengan 24% setelah naik sembilan poin. Kandidat lainnya tertinggal jauh di belakang dalam survei 17-21 Maret, dengan 2.400 responden warga Filipina usia pemilih secara nasional dengan margin kesalahan dua poin persentase.

Pencalonan Marcos Jr telah didukung oleh pasangan wakil presidennya, Sara Duterte, putri dari Presiden Rodrigo Duterte yang akanberakhir jabatannya, yang tetap populer meskipun tindakan kerasnya terhadap obat-obatan terlarang dan catatan hak asasi manusia suram yang telah menewaskan ribuan orang sejak tahun 2016.

“Masih ada kemungkinan bahwa orang akan mengubah keputusan mereka,” kata presiden Pulse Asia Ronald Holmes tentang preferensi pemilih. Sulit juga untuk menangkap efek dari kampanye dari mulut ke mulut dan dari rumah ke rumah, katanya.

Aktivis yang membantu menggulingkan Marcos 36 tahun lalu khawatir sejarah Filipina akan terbalik jika putranya mengambil alih negara yang telah lama dilihat sebagai benteng demokrasi Asia. Marcos Jr, mantan senator berusia 64 tahun, telah membela warisan ayahnya dan dengan tegas menolak untuk mengakui dan meminta maaf atas pelanggaran dan penjarahan yang meluas yang melukai Filipina selama pemerintahan darurat militernya.

Pengadilan di AS dan Filipina serta investigasi pemerintah telah memberikan bukti yang tak terbantahkan dari periode itu.

“Ketakutan terburuk saya adalah kembalinya keluarga Marcos… karena kita akan menghadapi kecaman global. Orang-orang akan bertanya kepada kami, 'Apakah kamu tidak belajar? Anda mengatakan pada tahun '86 tidak pernah lagi dan sekarang dia kembali. Jadi apa yang Anda katakan kepada kami?’” kata Florencio Abad, seorang tahanan politik pada 1970-an di bawah Marcos yang kemudian menjabat di pos-pos pemerintah setelah kejatuhan diktator itu dan sekarang menjadi penasihat kampanye Robredo.

Persaingan Dua Kubu

Robredo, 57 tahun, mantan anggota kongres dan ibu dari tiga anak, mencalonkan diri secara independen dan tidak termasuk dalam dinasti politik mana pun di negara itu dan klan pemilik tanah yang kaya.

Dia disebut-sebut karena integritas dan kesederhanaannya di negara Asia Tenggara yang dilanda kemiskinan dan korupsi, di mana dua presiden telah dituduh menjarah dan digulingkan, termasuk Marcos yang lebih tua, yang meninggal di pengasingan di AS pada tahun 1989.

Seperti mendiang suaminya, seorang politisi terhormat yang meninggal dalam kecelakaan pesawat pada tahun 2012, daya tarik Robredo terletak pada menghindari jebakan kekuasaan. Sebagai seorang anggota kongres, dia secara teratur melakukan perjalanan sendirian dengan bus dari provinsinya ke ibu kota dan kembali, sering kali di malam hari, menggunakan perjalanan panjang untuk tidur.

Selain persaingan elektoral mereka, Robredo dan Marcos Jr berada di sisi sejarah yang berlawanan. Sebagai mahasiswa di Universitas Filipina yang dikelola negara pada 1980-an, Robredo telah bergabung dengan protes anti Marcos yang memuncak pada pemberontakan demokratis 1986.

Pada tahun 2016, ia mengalahkan Marcos Jr dalam persaingan ketat untuk wakil presiden dalam pertarungan elektoral pertama mereka. Dia mengobarkan pertempuran hukum selama bertahun-tahun dan tidak berhasil untuk membatalkan kemenangannya atas dugaan penipuan dan masih menolak untuk mengakui.

Tanpa logistik besar yang diperlukan untuk kampanye presiden, Robredo pada awalnya tidak berencana untuk mencari posisi teratas tetapi berubah pikiran pada menit terakhir tahun lalu setelah Marcos Jr mengumumkan pencalonannya, dan pembicaraan untuk mengajukan satu kandidat oposisi gagal. Munculnya relawan kampanye adalah penyelamat, menurut sekutunya.

Relawan Jadi Mesin Kampanye Utama

“Dia tidak memiliki mesin apa pun dan para sukarelawanlah yang benar-benar memberi energi pada seluruh kampanyenya,” kata Georgina Hernandez, yang mengoordinasikan upaya sukarelawan nasional untuk Robredo.

Pasukan sukarelawan Robredo, yang menurut Hernandez jumlahnya mendekati dua juta, awalnya terlibat dalam segala macam kampanye, mulai dari mengubah dinding pinggir jalan menjadi mural berwarna merah muda dengan potret dan motonya hingga menyediakan layanan medis dan hukum gratis hingga menjalankan dapur umum untuk orang miskin .

Namun, sebagian besar beralih ke kampanye dari rumah ke rumah dan mengorganisir aksi unjuk rasa bertabur bintang saat hari pemilihan semakin dekat, katanya.

Mary Joan Buan, seorang juru kampanye sukarela yang juga bergabung dengan pemberontakan 1986, mengatakan menentang kebangkitan Marcos lain ke kursi kepresidenan beberapa dekade setelah diktator digulingkan telah menjadi lebih kompleks mengingat kampanye yang didanai dengan baik untuk memperbarui citra keluarga Marcos yang dimulai pada media sosial beberapa tahun lalu.

“Banyak yang bergantung pada media sosial sekarang dan menggunakan platform seperti TikTok untuk mendapatkan informasi sehingga menjadi tantangan ganda,” kata Buan saat mendatangi Robredo dari pintu ke pintu di lingkungan Manila yang tertekan. Beberapa warga dengan blak-blakan mengatakan kepada kelompoknya bahwa mereka mendukung BBM, referensi populer untuk Marcos Jr yang tidak menyebutkan nama keluarganya.

Sosiolog Universitas Filipina Randy David mengatakan gerakan sukarelawan langka dan spontan yang muncul untuk Robredo adalah bendera merah bagi calon tiran.

“Politisi tradisional mewaspadai potensi tak terbatas dari gerakan sosial untuk membentuk hasil pemilu serta kapasitas mereka untuk mengambil bentuk baru dan bertahan di luar pemilu,” tulis David di Philippine Daily Inquirer, harian terkemuka di Manila. “Tetapi otokratlah yang paling takut pada mereka, karena mereka hampir selalu membawa benih perubahan rezim di dalam diri mereka.” (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home