Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 10:21 WIB | Kamis, 04 Januari 2024

Pemimpin Hamas di Lebanon, Saleh Arouri, Terbunuh oleh Serangan Drone Israel

Stasiun TV kelompok Hizbullah Lebanon mengatakan pejabat tinggi Hamas, Saleh Arouri, tewas pada hari Selasa, 2 Januari 2024, dalam sebuah ledakan di pinggiran selatan Beirut. (Foto: Kantor Media Mohammad Austaz/Hamas via AP)

BEIRUT , SATUHARAPAN.COM-Saleh Arouri, wakil kepala politik Hamas dan pendiri sayap militer kelompok itu, telah menjadi perhatian Israel selama bertahun-tahun sebelum dia terbunuh dalam serangan pesawat tak berawak di pinggiran selatan Beirut pada hari Selasa (2/1).

Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu, telah mengancam akan membunuhnya bahkan sebelum Hamas melancarkan serangan mendadak yang mematikan terhadap Israel pada 7 Oktober, yang memicu perang brutal yang sedang berlangsung di Gaza.

Israel menuduh Arouri, 57 tahun, mendalangi serangan terhadap kelompok tersebut di Tepi Barat, tempat dia menjadi komandan utama kelompok tersebut. Pada tahun 2015, Departemen Keuangan Amerika Serikat menetapkan Arouri sebagai Teroris Global yang Ditunjuk Khusus dengan menawarkan US$5 juta untuk informasi tentang dirinya.

Ditanya tentang ancaman pembunuhan terhadap dirinya dalam sebuah wawancara dengan Al-Mayadeen yang berbasis di Beirut pada bulan Agustus, Arouri berkata, “Tidak aneh bagi kami jika para komandan dan kader gerakan tersebut menjadi martir.”

“Saya tidak pernah menyangka bisa mencapai usia ini, jadi saya hidup dengan waktu pinjaman,” katanya.

Dalam wawancara yang sama, ia mengancam bahwa jika terjadi perang menyeluruh, “Israel akan menderita kekalahan yang belum pernah terjadi sebelumnya dalam sejarah.”

Lahir di kota Aroura di Tepi Barat yang diduduki, Arouri bergabung dengan Hamas dan akhirnya mengasingkan diri, pertama ke Damaskus, di mana pemerintah Suriah merupakan pendukung kuat kelompok tersebut. Namun dia meninggalkan Hamas pada tahun 2011 ketika Hamas berpisah dengan Presiden Bashar Al Assad dan memihak oposisi dalam perang saudara di Suriah.

Dia kemudian pergi ke Turki, namun harus meninggalkannya pada tahun 2018 setelah eksodus pejabat Hamas setelah Ankara meningkatkan hubungannya dengan Israel dan setelah Qatar, pendukung kelompok militan Palestina, terkena boikot yang dipimpin oleh saingannya Arab Saudi dan negara-negara lain di kawasan ini.

Sesampainya di Beirut, Arouri hanya sedikit tampil di depan umum namun membantu mendekatkan Hamas ke orbit Hizbullah. Hamas mampu membangun kehadiran politik dan militernya di Lebanon, namun di bawah kendali yang cermat oleh Hizbullah.

Arouri juga menjadi tokoh kunci dalam rekonsiliasi kelompok tersebut dengan Assad, dan dia dengan bangga menyatakan dirinya sebagai bagian dari “Poros Perlawanan,” yang merupakan kumpulan sekutu regional Iran, termasuk Hizbullah dan Suriah.

Pada awal September, Arouri mengadakan pertemuan dengan pemimpin Hizbullah, Hassan Nasrallah, yang dihadiri oleh Ziad Nakhaleh, pemimpin kelompok Jihad Islam Palestina, di mana mereka membahas situasi di wilayah Palestina. Pertemuan serupa diadakan setelah perang Israel-Hamas pecah pada bulan Oktober.

Sejak 7 Oktober, Arouri tidak menonjolkan diri sementara para pemimpin politik Hamas sering tampil di depan umum di Beirut, termasuk dalam konferensi pers hampir setiap hari.

Dia sepertinya bersembunyi di depan mata. Dia terbunuh dalam serangan di sebuah gedung apartemen di tengah pinggiran selatan Beirut, yang merupakan benteng politik dan keamanan Hizbullah tetapi juga merupakan daerah perkotaan yang padat penduduknya.

Pejabat Hamas mengkonfirmasi kematian Arouri, bersama enam anggota Hamas lainnya, termasuk dua komandan militer. Seorang pejabat keamanan Lebanon, yang berbicara tanpa menyebut nama karena dia tidak berwenang berbicara kepada media, mengatakan serangan itu tampaknya dilakukan oleh sebuah pesawat tak berawak yang menembakkan rudal ke dalam gedung, menargetkan satu lantai tertentu.

Ledakan tersebut mengguncang daerah sekitarnya, memecahkan jendela-jendela di gedung-gedung di sekitarnya dan menyebabkan kebakaran di jalan di distrik Musharafieh. Penduduk di daerah tersebut bergegas ke jalan-jalan di sekitar bangunan yang menjadi sasaran, menggali puing-puing dan pecahan kaca untuk mencari korban atau mayat.

Kantor Berita Nasional Lebanon menyalahkan pesawat tak berawak Israel. Para pejabat Israel menolak berkomentar.

Seorang fotografer Associated Press di tempat kejadian menggambarkan melihat setidaknya dua mayat dan bagian tubuh lainnya berserakan di jalan. Anggota keamanan Hizbullah melepaskan tembakan ke udara untuk membubarkan massa yang berkumpul di sekitar gedung.

Seorang saksi di lokasi kejadian, Abbas Ghannam, mengatakan kepada AP bahwa dia mendengar suara drone sebelum ledakan. “Itu bukan jet militer, itu drone. Suaranya rendah,” katanya.

Jika Israel berada di balik serangan tersebut, maka ini akan menjadi serangan pertama mereka di Beirut sejak perang 34 hari antara Israel dan Hizbullah pada musim panas 2006.

Itu dapat menandai eskalasi besar-besaran dalam konflik di Lebanon. Setelah ancaman Netanyahu sebelumnya terhadap Arouri, Nasrallah memperingatkan Israel untuk tidak menargetkan pejabat Lebanon, Palestina, Suriah, atau Iran di Lebanon karena mengatakan hal itu akan menyebabkan “pembalasan keras” oleh kelompok tersebut.

Hizbullah mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa penargetan Arouri “di jantung pinggiran selatan Beirut” merupakan “serangan serius terhadap Lebanon, rakyatnya, keamanan, kedaulatan dan perlawanannya.”

“Kami menegaskan bahwa kejahatan ini tidak akan pernah berlalu tanpa tanggapan dan hukuman,” katanya.

Nasrallah berpidato pada hari Rabu, pada peringatan terbunuhnya jenderal Iran, Qassem Soleimani, dalam serangan udara AS. Juru bicara Kementerian Luar Negeri Iran, Nasser Kanaani, mengatakan pada hari Selasa bahwa pembunuhan Arouri “sekali lagi membuktikan bahwa landasan Zionis didasarkan pada pembunuhan dan kejahatan,” media Iran melaporkan. Dia menyebutnya sebagai tanda “kekalahan besar” Israel di hadapan kelompok militan Palestina dalam perang di Gaza. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home