Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 12:32 WIB | Senin, 08 Januari 2024

PM Israel: Perang Melawan Hamas di Gaza Akan Berbulan-bulan Lagi

Warga Palestina menyaksikan kehancuran pasca serangan Israel di Rafah, Jalur Gaza selatan, hari Jumat, 29 Desember 2023. (Foto: AP/Fatima Shbair)

DEIR AL-BALAH-JALUR GAZA, SATUHARAPAN.COM-Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu, pada hari Sabtu (30/12) mengatakan bahwa perang Israel terhadap Hamas di Gaza akan berlanjut selama “berbulan-bulan lagi.” Ini menentang seruan gencatan senjata internasional yang terus-menerus setelah meningkatnya kematian warga sipil, kelaparan dan perpindahan massal di daerah kantong yang terkepung.

Netanyahu berterima kasih kepada pemerintahan Amerika Serikat, Joe Biden, atas dukungannya yang berkelanjutan, termasuk persetujuan penjualan senjata darurat baru, yang kedua pada bulan ini, dan pencegahan resolusi Dewan Keamanan PBB yang mengupayakan gencatan senjata segera.

Israel berpendapat bahwa mengakhiri perang sekarang berarti kemenangan bagi Hamas, sebuah sikap yang dianut oleh pemerintahan Biden, yang pada saat yang sama mendesak Israel untuk berbuat lebih banyak guna menghindari kerugian terhadap warga sipil Palestina.

Dalam pertempuran terbaru, pesawat-pesawat tempur Israel menyerang kamp-kamp pengungsi perkotaan Nuseirat dan Bureij di tengah wilayah tersebut pada hari Sabtu (30/12) ketika pasukan darat mendorong lebih jauh ke kota selatan, Khan Younis.

Kementerian Kesehatan di Gaza mengatakan pada hari Sabtu bahwa lebih dari 21.600 warga Palestina telah tewas dalam serangan udara dan darat Israel yang belum pernah terjadi sebelumnya sejak serangan mematikan Hamas pada 7 Oktober di Israel selatan. Kementerian tersebut, yang tidak membedakan antara kematian warga sipil dan kombatan, mengatakan 165 warga Palestina tewas dalam 24 jam terakhir. Dikatakan sekitar 70% dari mereka yang terbunuh adalah perempuan dan anak-anak.

Jumlah tentara Israel yang tewas dalam pertempuran di Gaza meningkat menjadi 170, setelah militer mengumumkan dua kematian lagi pada hari Sabtu.

Perang tersebut telah menyebabkan 85% dari 2,3 juta penduduk Gaza mengungsi, menyebabkan gelombang besar orang mencari perlindungan di daerah aman yang ditetapkan Israel namun tetap saja dibom oleh militer. Warga Palestina merasa tidak ada tempat yang aman di wilayah kecil ini.

Ketika pasukan Israel memperluas serangan darat mereka pekan ini, puluhan ribu warga Palestina lainnya berdatangan ke kota Rafah yang sudah padat penduduknya di ujung paling selatan Gaza.

Ribuan tenda dan gubuk darurat bermunculan di pinggiran Rafah, dekat gudang PBB. Pengungsi tiba di Rafah dengan berjalan kaki atau dengan truk dan gerobag yang dipenuhi kasur. Mereka yang tidak mendapat tempat di tempat penampungan yang kewalahan akan mendirikan tenda di pinggir jalan.

“Kami tidak punya air. Kami tidak punya cukup makanan,” kata Nour Daher, seorang perempuan pengungsi, pada hari Sabtu dari kamp tenda yang luas. “Anak-anak bangun pagi ingin makan, ingin minum. Kami membutuhkan waktu satu jam untuk mencarikan air untuk mereka. Kami tidak bisa membawakan mereka tepung. Bahkan ketika kami ingin membawanya ke toilet, kami membutuhkan waktu satu jam untuk berjalan kaki.”

Di kamp Nuseirat, warga Mustafa Abu Wawee mengatakan serangan menghantam rumah salah satu kerabatnya, menewaskan dua orang.

“Pendudukan (Israel) melakukan segalanya untuk memaksa orang-orang pergi,” katanya melalui telepon sambil membantu mencari empat orang yang hilang di bawah reruntuhan. “Mereka ingin mematahkan semangat dan kemauan kami, tapi mereka akan gagal. Kami di sini untuk tinggal."

Lebih Banyak Senjata AS untuk Israel

Departemen Luar Negeri mengatakan pada hari Jumat (29/12) bahwa Menteri Luar Negeri AS, Antony Blinken, mengatakan kepada Kongres bahwa dia menyetujui penjualan peralatan militer senilai US$ 147,5 juta (setara Rp 2,3 triliun), termasuk sekring, pengisi daya dan yang lain yang diperlukan untuk peluru 155 mm yang dibeli Israel sebelumnya.

Ini menandai kedua kalinya pada bulan ini pemerintahan Biden mengabaikan Kongres untuk menyetujui penjualan senjata darurat ke Israel. Blinken membuat keputusan serupa pada 9 Desember untuk menyetujui penjualan hampir 14.000 butir amunisi tank senilai lebih dari US$ 106 juta (setara Rp 1,65 triliun) ke Israel.

Kedua langkah tersebut dilakukan ketika permintaan Presiden Joe Biden untuk paket bantuan senilai hampir $106 miliar untuk Ukraina, dan kebutuhan keamanan nasional lainnya masih terhenti di Kongres, karena terjebak dalam perdebatan mengenai kebijakan imigrasi AS dan keamanan perbatasan.

Beberapa anggota parlemen dari Partai Demokrat telah menyatakan bahwa usulan bantuan Amerika senilai US$ 14,3 miliar (setara Rp 221,6 triliun) kepada sekutunya di Timur Tengah bergantung pada langkah-langkah nyata pemerintah Netanyahu untuk mengurangi korban sipil di Gaza selama perang dengan Hamas.

Timeline Perang

Blinken, yang telah berulang kali melakukan perjalanan ke Timur Tengah selama perang, diperkirakan akan kembali ke Israel dan negara-negara lain di kawasan itu pada bulan Januari. Para pejabat AS telah mendesak Israel untuk mulai beralih dari pertempuran berintensitas tinggi ke operasi yang lebih bertarget, namun mereka mengatakan mereka tidak menetapkan batas waktu.

Netanyahu mengatakan Israel membutuhkan lebih banyak waktu.

“Seperti yang dikatakan kepala staf pekan ini, perang akan berlanjut selama beberapa bulan lagi,” katanya dalam konferensi pers yang disiarkan televisi, hari Sabtu. “Kebijakan saya jelas. Kami akan terus berjuang sampai kami mencapai semua tujuan perang, yang pertama dan terutama adalah pemusnahan Hamas dan pembebasan semua sandera.”

Lebih dari 120 sandera masih berada di Gaza, setelah militan menyandera lebih dari 240 sandera dalam serangan 7 Oktober yang juga menewaskan sekitar 1.200 orang, sebagian besar warga sipil.

Netanyahu juga berselisih dengan pemerintahan Biden mengenai siapa yang harus memimpin Gaza setelah perang. Dia menolak gagasan yang didukung AS bahwa pemerintahan Palestina yang bersatu harus memerintah Gaza dan sebagian Tepi Barat yang diduduki Israel sebagai cikal bakal terbentuknya negara. Sebaliknya, ia bersikeras menerapkan kontrol keamanan Israel secara terbuka di Gaza, tanpa mengatakan apa yang akan terjadi selanjutnya.

Pertukaran untuk Pembebasan Sandera

Keluarga para sandera dan pendukung mereka menuntut pemerintah memprioritaskan pembebasan sandera dibandingkan tujuan perang lainnya, dan telah melancarkan protes besar-besaran setiap akhir pekan, termasuk hari Sabtu (30/12).

Mesir, salah satu mediator antara Israel dan Hamas, telah mengusulkan rencana multi-tahap yang akan dimulai dengan pertukaran sandera dengan tahanan, disertai dengan gencatan senjata sementara, serupa dengan pertukaran selama gencatan senjata selama seminggu pada bulan November.

Hamas menegaskan perang harus diakhiri sebelum membahas pembebasan sandera. Osama Hamdan, seorang pejabat senior Hamas di Beirut, menegaskan kembali pendiriannya pada hari Sabtu, namun juga mengatakan kepada The Associated Press bahwa “sejauh ini kami belum memberikan jawaban akhir” terhadap usulan Mesir tersebut.

Ketika ditanya tentang laporan kemungkinan kemajuan menuju kesepakatan, Netanyahu mengatakan pada hari Sabtu bahwa “kami melihat kemungkinan, mungkin, adanya pergerakan” tetapi dia tidak ingin meningkatkan “ekspektasi yang berlebihan.”

Kesulitan memberikan Bantuan

Lebih dari sepekan setelah resolusi Dewan Keamanan PBB yang menyerukan pengiriman bantuan tanpa hambatan dalam jumlah besar ke seluruh Gaza yang terkepung, kondisinya semakin memburuk, demikian peringatan badan-badan PBB.

Para pejabat bantuan mengatakan bantuan yang masuk ke Gaza masih sangat tidak mencukupi. Pendistribusian barang terhambat oleh penundaan yang lama di dua penyeberangan perbatasan, pertempuran yang terus berlanjut, serangan udara Israel, berulang kali terputusnya layanan internet dan telepon serta pelanggaran hukum dan ketertiban yang mempersulit pengamanan konvoi bantuan, kata mereka.

Hampir seluruh penduduk bergantung sepenuhnya pada bantuan kemanusiaan dari luar, kata Philippe Lazzarini, kepala UNRWA, badan PBB untuk pengungsi Palestina. Seperempat penduduk kelaparan karena terlalu sedikitnya truk yang membawa makanan, obat-obatan, bahan bakar dan persediaan lainnya, terkadang lebih sedikit lebih dari 100 truk setiap hari, menurut laporan harian PBB. (AP)
 

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home