Loading...
INDONESIA
Penulis: Francisca Christy Rosana 14:50 WIB | Selasa, 14 Juli 2015

Pemprov DKI akan Bangun PLTG untuk Kepulauan Seribu

Dirut PT Pertamina, Dwi Soetjipto dan Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) di Kantor Pusat Pertamina, Jalan Medan Merdeka Timur, Jakarta Pusat, Selasa (14/7) siang. (Foto: Francisca Christy Rosana)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berencana membangun Pembangkit Listrik Tenaga Gas (PLTG) untuk pasokan listrik di Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu. Dalam hal ini, Pemprov DKI menggandeng PT Pertamina (Persero) untuk bekerja sama mewujudkan pembangunan tersebut.

“Kita ingin mendorong supaya bangun PLTG di Kepulauan Seribu untuk menunjang kepatriwisataan di sana. Kepulauan Seribu itu punya potensi yang bagus, bisnis perikanan atau wisata. Tapi kendalanya adalah masalah listrik,” kata Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama, pada Selasa (14/7) siang.

Sementara untuk alokasi anggaran untuk PLTG Kepulauan Seribu belum diakumulasi. Proyek ini nantinya akan dikerjakan oleh PT Jakarta Propertindo (Jakpro) selaku Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) sehingga Pemprov DKI akan mengalokasikan dana penyertaan modal pemerintah (PMP) untuk perusahaan milik daerah tersebut.

Pembangunan PLTG tak hanya dilakukan di Kepulauan Seribu. Menurut Direktur Utama PT Pertamina, Dwi Soetjipto, pembangunan PLTG juga akan dilakukan di beberapa lokasi.

“Nanti kita bertahap, jadi maksudnya lokasi mana yang bisa jalan, ya jalan dulu. Pelaksanaannya bertahap,” kata Dwi Soetjipto.

Pembangunan PLTG akan dimulai pada 2016 mendatang dan diprediksi akan selesai dua hingga tahun setelahnya. Sementara itu, lokasi prioritas untuk pembangunan PLTG dipusatkan di Marunda, Jakarta Utara dan Pulau Damar. Prioritas pembangunan PLTG dipusatkan di lokasi yang membutuhkan daya listrik yang cukup besar. Di Jakarta Utara, misalnya. Di kawasan tersebut terdapat gardu pompa di Waduk Pluit. Otomatis, kebutuhan listrik yang besar pun harus terpenuhi.  

Sebelumnya, Dwi Soetjipto mengatakan siap mendukung penyediaan energi gas, minyak, serta energi terbarukan dan stok tenaga listrik untuk mendukung pembangunan infrastruktur di wilayah ibu kota. Kerja sama dilakukan dituangkan dalam penandatanganan kesepakatan bersama antara PT Pertamina dan Pemerintah Provinsi yang diwakili oleh Dirut PT Pertamina, Dwi Soetjipto dan Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) di Kantor Pusat Pertamina, Jalan Medan Merdeka Timur, Jakarta Pusat, Selasa (14/7) siang. 

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home