Loading...
LAYANAN PUBLIK
Penulis: Febriana Dyah Hardiyanti 21:30 WIB | Sabtu, 19 November 2016

Pemprov DKI Rancang Transjakarta Masuk Kepulauan Seribu

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta dan Bank Indonesia saat melakukan kunjungan ke Pulau Seribu, hari Senin (14/11). (Foto: Febriana Dyah Hardiyanti)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menargetkan Transjakarta akan masuk ke wilayah Kepulauan Seribu.

“Ke depannya, Transjakarta sebagai moda transportasi massal akan melayani kebutuhan transportasi warga Kepulauan Seribu,” ujar Kepala Biro Perekonomian DKI Jakarta, Sri Haryati, hari Senin (19/11), kepada satuharapan.com, di Pulau Tidung, Kepulauan Seribu, DKI Jakarta.

Saat ini, lanjut dia, program tersebut masih dalam tahap awal pengkajian oleh pihak terkait. “Masih dibuat kajian teknis mengenai layak atau tidaknya. Semoga akhir tahun ini kajiannya sudah rampung,” katanya.

Tak hanya kajian, Peraturan Daerah (Perda) perihal transportasi air harus dilakukan perbaikan guna menunjang program tersebut. Hingga saat ini, Pemprov DKI optimis bus Tranjakarta bisa menjangkau warga Kepulauan Seribu.

“Bus sangat memungkinkan untuk berada di pulau ini. Sistemnya juga akan sama dengan yang sudah ada, yakni sistem tap in tap out,” ujar Sri.

Pemprov DKI menyatakan selain akan mengelola Transjakarta, juga akan membina moda transportasi seperti ojek yang sudah ada di Muara Angke.” Ojek juga akan kami rangkul sebagai penunjang Transjakarta,” kata dia.

Bupati Kepulauan Seribu, Budi Utomo, menyatakan pembangunan infrastruktur Kepulauan Seribu saat ini meliputi beberapa kajian seperti pembuatan taman laut, pengadaan mesin ATM, operasional Transjakarta, perbaikan dermaga, dan pembuatan pintu masuk dermaga khusus.

“Infrastruktur di Kepulauan Seribu harus mendapat perhatian yang lebih untuk mendorong pariwisata dan perikanannya. Saat ini pembangunan tengah dirancang oleh PT Transjakarta, Kemenko Maritim, Bank DKI, Dinas Perhubungan, dan pihak swasta/investor,” ujar Budi.

Tahun 2015, diketahui, APBD Kepulauan Seribu hanya mencapai 7 miliar dari target 8 miliar. Namun, di tahun 2016 APBD mengalami kenaikan.

“Target kami tahun ini APBD mencapai 42 miliar, dan bulan ini sudah hampir 20 miliar. Lonjakan sekian ratus persen itu menjadi indikasi dan spirit untuk perekonomian Kepulauan Seribu yang lebih baik,” ucap Budi. 

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home