Loading...
SAINS
Penulis: Melki 09:43 WIB | Sabtu, 27 Mei 2023

PENABUR Kids Festival 2023 Wujudkan Generasi Emas Mahir Teknologi

PENABUR Kids Festival 2023 Wujudkan Generasi Emas Mahir Teknologi
Penampilan Melody Tiffany Simanjorang, Siswi BPK PENABUR Kota Wisata dalam PENABUR Kids Festival 2023 di Auditorium SPK PENABUR Kelapa Gading, Sabtu (27/5). (Foto-foto: Melki)
PENABUR Kids Festival 2023 Wujudkan Generasi Emas Mahir Teknologi
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, memberikan sambutan secara virtual pada PENABUR Kids Festival 2023, Sabtu (27/5).
PENABUR Kids Festival 2023 Wujudkan Generasi Emas Mahir Teknologi
Peserta PENABUR Kids Festival 2023 yang hadir di Auditorium SPK PENABUR Kelapa Gading, Sabtu (27/5).
PENABUR Kids Festival 2023 Wujudkan Generasi Emas Mahir Teknologi
Perwakilan dewan juri PENABUR Kids Festival 2023 memberikan sambutan di Auditorium SPK PENABUR Kelapa Gading, Sabtu (27/5).

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - BPK PENABUR Jakarta kembali menggelar berbagai perlombaan dalam PENABUR Kids Festival 2023 dengan mengusung tema "Arming Today’s Children for Tomorrow's Workforce" guna merangsang pertumbuhan pengetahuan teknologi peserta didik di Indonesia.

Tidak hanya menjadi wadah unjuk kemampuan penguasaan koding dan proyek keterampilan abad 21, kegiatan ini menjadi ruang bagi pendidik, orang tua, dan pembuat kebijakan untuk bersama-sama berbagi ide, serta melakukan kolaborasi berkelanjutan dalam pengembangan keterampilan abad 21 yakni Critical Thinking, Creative Thinking, Communication, Collaboration, Computational Thinking (5C).

Kenny Lim, Ketua BPK PENABUR Jakarta, mengatakan tantangan baru tengah dihadapi para pelajar di era revolusi industri 4.0 akibat perkembangan teknologi yang begitu pesat. Beberapa bidang pekerjaan yang dulu dianggap menjanjikan, kini berangsur meredup tergantikan dengan jenis pekerjaan baru yang berkaitan dengan teknologi.

Sehingga tidak cukup menjadi pengguna, para pelajar masa kini diharapkan mampu menjadi inventor teknologi guna menjawab tantangan itu. 

Sejalan dengan peta jalan Indonesia Emas 2045 yakni terwujudnya kualitas SDM mumpuni sesuai kebutuhan zaman, kata Kenny, maka penguasaan keterampilan abad 21 menjadi hal mutlak.

Menurut Kenny, ada berbagai cara untuk meningkatkan keterampilan abad 21, seperti penerapan Project Based Learning (PjBL) dan Science, Technology, Engineering and Math (STEM) dalam proses pembelajaran. Kedua metode tersebut telah diterapkan oleh 79 sekolah BPK PENABUR Jakarta mulai dari jenjang TK, SD, SMP, hingga SLTA.

Selain itu, agar pemahaman semakin mendalam, ekstrakurikuler koding, robotik, scratch robo, serta programming juga disediakan bagi peserta didik.

“Teknologi diimplementasikan secara terintegrasi untuk mendukung proses dan pengelolaan pembelajaran, asesmen, serta peningkatan kompetensi siswa juga guru,” ujar Kenny Lim dalam keterangan resmi di Jakarta, Sabtu (27/5).

Kenny mengakui teknologi berperan semakin penting pasca Covid-19, seperti peningkatan efektivitas pembelajaran, personalized-curriculum, serta memberikan akses ke sumber daya pendidikan yang lebih luas. Penggunaan platform PENABUR Digital Learning misalnya, memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran yang terpersonalisasi.

Demikian pula dengan diperkenalkannya proses pembuatan gamifikasi sederhana melalui penggunaan software interaktif, seperti Word Wall, 4D Octagon, ABC Ya, Assemblr Edu, Codenesia, dan Scratch Jr.

Hal-hal tersebut berpotensi membuka cara pandang peserta didik untuk menjadi inventor dalam dunia teknologi melalui cara yang menyenangkan.

PENABUR Kids Festival 2023

Rangkaian kegiatan PENABUR Kids Festival 2023 diawali dengan talk show mengenai perkembangan teknologi terkini dan prospeknya di masa depan. Menghadirkan keynote speaker Yohanes Kurnia, CEO PT. Sari Teknologi dan founder Sekolah Robot Indonesia.

Bersamaan dengan itu, lomba proyek pembelajaran abad 21 berbasis STEM dan koding digelar bagi siswa jenjang TK-SLTA.

Sebanyak 700 peserta berpartisipasi dari berbagai provinsi di Indonesia yaitu DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Sulawesi Selatan. Tak ketinggalan peserta dari mancanegara, yakni Jepang, Korea Selatan, Thailand, New Zealand, Australia, juga Italia bertanding untuk meraih gelar juara.

Sebelumnya Pembukaan kegiatan, talk show, dan perlombaan jenjang SD, SMP, SLTA berlangsung pada Jumat, 12 Mei 2023 sedangkan lomba untuk jenjang TK digelar pada Jumat, 26 Mei 2023. Sementara itu pengumuman pemenang lomba serta penutupan kegiatan dilaksanakan Sabtu, 27 Mei 2023.

Sejalan dengan semangat untuk ambil bagian dalam mewujudkan generasi emas 2045, PENABUR Kids Festival 2023 didukung oleh berbagai pihak, salah satunya Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno.

“Saya sangat bangga dan mendukung ajang ini sebagai wadah bagi peserta didik untuk meningkatkan kompetensi pembelajaran abad 21.”

Ia berharap gelaran ini dapat menciptakan banyak inovasi dan keterampilan yang memberikan manfaat bagi orang sekitar.

“Selamat berjuang dan bertanding bagi adik-adik. Teruslah berkarya, tunjukkan potensi, dan bakat kalian,” pesan Sandiaga kepada peserta lomba PENABUR Kids Festival 2023.

"Kami berharap pada kali ketiga gelaran ini, dapat menjadi ajang yang tepat untuk mendorong semangat sekolah dalam mempersiapkan generasi muda abad ini, agar berkompetisi secara sportif, mampu menciptakan inovasi dan memecahkan permasalahan yang ada, serta menumbuhkan semangat saling berbagi,” tutur Kumalasari Onggobawono, Kepala Divisi Pendidikan BPK PENABUR Jakarta.

Seluruh rangkaian kegiatan PENABUR Kids Festival 2023 dapat disaksikan secara online pada YouTube Channel BPK PENABUR Jakarta.

Mari bergabung di BPK PENABUR Jakarta https://psbjakarta.bpkpenabur.or.id


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home