Loading...
INDONESIA
Penulis: Yan Chrisna Dwi Atmaja 22:27 WIB | Senin, 12 Januari 2015

Pencarian Korban AirAsia Terus Dilanjutkan

Warga melihat ekor pesawat Air Asia QZ8501 yang telah ditutup terpal di Pelabuhan Kumai, Kalteng, Senin (12/1). Ekor pesawat tersebut rencananya akan dipotong beberapa bagian dan kemudian akan dilakukan investigasi oleh pihak yang berwenang. (Foto: Antara/Prasetyo Utomo)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Kepala Badan SAR Nasional (Basarnas) F Henry Bambang Soelistyo menyatakan pencarian korban akan terus dilakukan jika suatu saat nanti operasi evakuasi pesawat AirAsia QZ8501 telah dihentikan.

"Pada saatnya, kita harus memastikan kapan operasi ini akan ditutup, namun yang perlu digarisbawahi adalah pencarian korban tidak akan terhenti," katanya di kantor Basarnas Pusat, Jakarta, Senin (12/1).

Nantinya pencarian akan dilakukan melalui operasi harian dan tidak dalam bentuk joint operation.

"Operasi itu ada awal, ada akhir dan ada tindakan lanjutan, tetapi tetap ada harapan, sebab saya tahu persis bagaimana perasaan keluarga korban," ujarnya.

Soelistyo mengatakan Basarnas harus bijak dalam memutuskan sesuatu agar ada langkah yang jelas. Namun ia juga belum bisa memastikan kapan operasi akan dihentikan.

"Operasi juga ada hitungan efektivitas dan efisiensi. Saya harus berada di tengah itu dan tentu saja tidak mudah dilakukan," tandasnya.

Temui Keluarga Korban

Bambang Soelistyo selanjutnya akan mengunjungi keluarga korban di Surabaya pada Rabu (13/1).

"Besok sore, saya akan datangi keluarga korban. Saya akan menjelaskan tentang harapan dan kenyataan terkait evakuasi korban," kata Bambang.

Dia akan menyampaikan secara mendetail terkait kegiatan evakuasi korban seperti proses awal, pokok dan akhir proses SAR. "Ada tahapan operasi SAR yang perlu dijelaskan," kata dia.

Bambang mengatakan penjelasan yang akan diberikannya itu terkait kemungkinan tidak ditemukannya korban insiden dalam waktu dekat. (Ant)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home