Loading...
INDONESIA
Penulis: Sabar Subekti 19:55 WIB | Selasa, 07 Mei 2013

Pencuri Uang Via Internet Diekstradisi ke AS

Hamza Bendelladj ketika di tangkap dalam satu perjalanan di Thailand. (Foto: BBC London)

BANGKOK, SATUHARAPAN.COM – Seorang pemuda Aljasair ( 24 tahun), Hamza Bendelladj,  ditangkap di Thailand, dan diekstradisi ke Amerika Serikat atas tunduhan melakukan kejahatan melalui teknologi  cyber.

Seperti diberitakan situs BBC London, Selasa (7/5), pemuda ini dituduh menggunakan virus komputer untuk mencuri uang tunai lebih dari 250 bank di Amerika Serikat.

Hamza Bendelladj, ditangkap di Thailand pada bulan Januari, dia dicurigai sebagai bagian dari penemu  malware (semacam virus komputer) yang disebut SpyEye. Para mencuri menggunakan program  tersebut untuk memasuki  informasi pada rekening bank, dan kemudian menjarah uang dari rekening tersebut.

Jika terbukti bersalah, Mr Bendelladj bisa menghadapi denda sebesar US$ 14 juta dan hukuman penjara sekitar 30 tahun. "Jangkauan kejahatan yang dituduhkan pada Bendelladj  akan makin panjang, melintasi perbatasan antar negara,  bahkan langsung ke rumah para korban," kata pengacara AS, Sally Yates, dalam sebuah pernyataan.

Dalam jejaring cyber, dia diduga mengkomersialkan hasil pencurian informasi pribadi secara borongan kepada para penjahat cyber lainnya.

Dalam jaringan online, Bendelladj menggunakan alias BX1. Diyakini dia menjadi salah satu pengendali utama perangkat lunak SpyEye yang  menyebabkan komputer terinfeksi virus, kemudian mencuri informasi pribadi yang digunakan untuk memasuki (log in) ke akun keuangn secara online.

SpyEye ini diyakini telah membangun jaringan besar dan luas dan secara teratur menjarah informasi.

AS menuduh Bendelladj menggunakan informasi yang dikumpulkan melalui SpyEye untuk mencuri uang dari bank dan mengirim spam. Dia juga dituduh membantu mengembangkan dan menjual SpyEye versi lain kepada  kriminal  cyber pemula  untuk  pencuri  uang dan mencari korban.

Lembaga penegak hukum di AS telah melacak keberadaannya dan menangkap  Bendelladj ketika menjual salinan SpyEye kepada petugas polisi yang menyamar, dengan harga US$ 8.500 di suatu tempat di Thailand.

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home