Loading...
SAINS
Penulis: Yan Chrisna 19:59 WIB | Senin, 13 Mei 2013

Pendaftaran SBMPTN Dibuka hingga 17 Juni

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Mulai hari ini, tanggal 13 Mei sampai 7 Juni 2013 pendaftaraan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2013 dibuka. SBMPTN merupakan seleksi masuk Perguruan Tinggi negeri (PTN) bagi lulusan SMA/SMK/MA tahun 2012 atau 2011 serta bagi siswa yang tak berhasil memperoleh kursi di PTN melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Karena SNMPTN tahun ini hanya diperuntukkan bagi lulusan 2013.

Ketua Umum Panitia SBMPTN 2013, Akhmaloka mengatakan "Sistem ini kami buka untuk memfasilitasi siswa yang tak lolos SNMPTN tahun lalu atau tahun ini dan juga mahasiswa yang ingin pindah kampus."

Dalam situs Kemdiknas disampaikan bahwa SBMPTN 2013 memiliki dua jenis ujian, yaitu ujian tertulis dan ujian keterampilan. Ujian tertulis berlaku bagi semua peserta, sedangkan ujian keterampilan hanya berlaku bagi peserta yang memilih program studi bidang Ilmu Seni dan Keolahragaan.

"Bagi peserta yang ikut itu (ujian keterampilan), dikenakan biaya sebesar 150 ribu," kata Akhmaloka, pada jumpa pers di Hotel Atlet Century, (11/5), Jakarta. Rektor Institut Teknologi Bandung (ITB) itu menambahkan, untuk jalur tertulis, biaya yang dikenakan naik dari tahun lalu, menjadi Rp 175.000 untuk peserta kelompok ujian Saintek maupun Soshum, dan Rp 200.000 untuk kelompok ujian Campuran (Saintek dan Soshum). Lebih jelasnya dapat dilihat pada http://www.sbmptn.or.id.

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home