Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 15:28 WIB | Kamis, 06 Maret 2014

Peneliti Bayi dengan HIV Bisa Disembuhkan

BOSTON, SATUHARAPAN.COM - Seorang bayi yang lahir dengan virus HIV (human immunodeficiency virus) mungkin akan sembuh dengan pengobatan sejak awal, yaitu empat jam setelah lahir. Jika berhasil, dia akan menjadi bayi kedua yang sembuh dari virus penyebab AIDS.

Dokter mengungkapkan hal itu hari Rabu (5/3) pada konferensi AIDS di Boston, Amerika Serikat. Bayi perempuan itu lahir di pinggiran kota Los Angeles pada April tahun lalu, sebulan setelah peneliti mengumumkan kasus pertama di Mississippi.

Kasus itu adalah yang pertama di sampaikan dalam bidang medis yang dipimpin dokter di seluruh dunia untuk mecara upaya cepat dan keras mengobati bayi yang lahir dengan HIV. Dokter di  Kalifornia mencoba mengupayakan hal ini.

Bayi dari Mississippi  itui sekarang berusia 3 1/2 tahun dan tampaknya bebas HIV dengan ada pengobatan selama dua tahun lebih. Bayi dari Los Angeles masih mendapatkan obat untuk AIDS, sehingga status infeksinya belum begitu jelas.

Sejumlah tes canggih dengan beberapa kali menunjukkan bayi dari LA itu bayi telah benar-benar bebas dari virus, kata Dr Deborah Persaud, seorang dokter dari Johns Hopkins University yang memimpin pengujian tersebut. Tanda-tanda bayi yang berbeda dari apa yang dokter lihat pada pasien yang terinfeksi menekankan efek pengobatan yang berhasil, kata dia.

"Kami belum tahu persis apakah bayi itu dalam pemulihan... tapi kelihatannya seperti itu," kata Dr Yvonne Bryson, seorang spesialis penyakit menular di Mattel Children's Hospital UCLA yang berkonsultasi pada perawatan bayi perempuan itu.

Dokter berhati-hati untuk menyebutkan dia telah benar-benar sembuh, tapi itu jelas harapan kami," kata Bryson.

Kebanyakan ibu yang terinfeksi HIV di AS mendapatkan obat AIDS selama kehamilan untuk mencegah kemungkinan mereka akan menularkan virus kepada bayi mereka. Bayi ibu di Mississippi tidak mendapat perawatan prenatal untuk HIV-nya, karena virus ditemukan selama persalinan. Jadi dokter tahu bayi yang berisiko tinggi dan mulai memberinya perawatan 30 jam setelah lahir, bahkan sebelum tes yang bisa menentukan apakah dia terinfeksi.

Bayi dari LA lahir di Miller Children's Hospital Long Beach, dan "kami tahu ibu ini dari kehamilan sebelumnya" dan bahwa dia tidak minum obat HIV-nya, kata Dr Audra Deveikis, spesialis penyakit menular pediatrik di rumah sakit itu.

Ibu tersebut diberi obat AIDS selama persalinan untuk mencegah penularan virus, dan Deveikis menyebutkan pengobatan pada bayi dimulai beberapa jam setelah lahir. Tes kemudian menegaskan dia telah terinfeksi, tetapi tidak tampak sekarang, hampir setahun kemudian.

Bayi itu terus mendapatkan pengobatan, "dan terlihat sangat sehat," kata Bryson.

Bayi  dari Mississippi dirawat sampai dia berusia 18 bulan, ketika dokter kehilangan kontak dengan dia. Sepuluh bulan kemudian ketika dia kembali, mereka bisa menemukan ada tanda-tanda infeksi meskipun ibu telah berhenti memberikan obat AIDS-nya.

Bryson adalah salah satu pemimpin dari studi yang didanai pemerintah federal untuk mengetahui apakah pengobatan yang sangat dini dapat menyembuhkan infeksi HIV. Sekitar 60 bayi di AS dan negara-negara lain akan mendapatkan perawatan yang sangat agresif,  selama sekitar dua tahun dan menunjukkan tidak ada infeksi lagi. (bbc.co.uk / AP)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home