Loading...
SAINS
Penulis: Bayu Probo 10:28 WIB | Rabu, 29 April 2015

Peneliti Nekat Kunjungi Chernobyl (+Video)

Bionerd berada di ruang pengendali reaktor nuklir Chernobyl pada Minggu 26/4, tepat 29 tahun saat ledakan reaktor nuklir tersebut. (Foto-foto: Dok pribadi)

CHERNOBYL, SATUHARAPAN.COM – Seorang ilmuwan perempuan berkelana ke salah satu tempat yang paling radioaktif di dunia—mengunjungi menara sistem pertahanan rudal, digigit semut ‘radioaktif’, dan makan apel terkontaminasi yang tumbuh di pohon dekat dengan pusat ledakan reaktor Chernobyl itu.

Ilmuwan yang hanya dikenal dengan nama Bionerd telah menarik ribuan pelanggan ke saluran YouTube-nya terkait kunjungannya ke zona eksklusi Chernobyl, lokasi ledakan nuklir yang menghancurkan 29 tahun yang lalu, 26 April 1986. Pada kunjungannya itu, ia mengukur tingkat radiasi nuklir di udara masih tinggi.

Bionerd makan apel terkontaminasi nuklir.

Sejak bencana terjadi, tempat itu telah tertutup untuk dunia. Para ilmuwan Ukraina setuju bahwa daerah itu tidak layak huni bagi manusia untuk setidaknya 20.000 tahun.

Namun, peneliti pemberani ini mengklaim dia telah terkena lebih banyak radiasi saat berenang di laut dan mengunjungi rumah sakit daripada radiasi udara Chernobyl. Bahkan, yang ia paling takut selama enam kunjungan di situ adalah berada dekat dengan rubah yang terjangkit rabies dan memasuki bangunan bobrok.

Ruang eksperimen di Chernobyl.

Berbicara kepada Mail Online sebelum disiarkan pada Selasa (28/4), Bionerd tidak memberikan nama sebenarnya—karena ‘Tidak ada yang harus memuja seorang ilmuwan, orang harus mengagumi karyanya’— tapi menjelaskan mengapa dia ‘mencintai’ zona bencana ini.

“Awalnya itu hanya tentang radiasi, kontaminasi, mengukur apa yang sedang terjadi. Sekarang, itu demi cinta saya pada tempat itu,” katanya. “Tidak ada orang yang belum melihat tempat ini mampu sepenuhnya memahami ini; banyak orang akan berpikir ini gila.”

“Tapi jika Anda sudah berada di sana dan mengalami benar-benar zona itu—sebuah kapsul waktu—baru Anda akan mengerti. Waktu berhenti saat reaktor meledak, dan saya mengartikan ini hanya pada pembacaan pada jam ... Dan jika Anda menerimanya, Anda dapat memahami arti sebenarnya zona ini.”

Ruang pengatur tekanan dalam reaktor nuklir. 

Pada ulang tahun ke-29 bencana ini hari Minggu kemarin, bencana itu masih dianggap sebagai kecelakaan pembangkit listrik tenaga nuklir terburuk dalam sejarah. Tiga puluh satu orang meninggal sebagai akibat langsung, tetapi efek jangka panjang dari populasi yang hidup di dekatnya masih diselidiki.

Dengan melakukan eksperimen ilmiah mengukur jumlah radiasi dengan alat penghitung radiasi Geiger kuning cerah, video Bionerd juga menunjukkan keseraman dari daerah yang dahulu sangat berkembang dan sibuk, sekarang ditinggalkan dan tidak ramah.

Namun meskipun bahaya yang jelas, Bionerd mengatakan dia telah terkena diri untuk lebih banyak radiasi ketika mengikuti prosedur medis di rumah sakit—dan lebih mungkin untuk mendapatkan kanker kulit dengan berenang di laut tanpa mengenakan tabir surya.

“Dosis radiasi [di Chernobyl] terlalu kecil,” katanya.

“Radiasi nuklir dalam prosedur medis telah menerpa saya untuk jumlah yang jauh lebih besar daripada radiasi dari Chernobyl ini. Jadi jika saya adalah untuk memiliki ‘kanker radiasi induksi ‘, saya mungkin mendapatkannya di ruang gawat darurat.

“Itu sangat bodoh jika saya pergi berenang di laut beberapa kali tanpa krim perlindungan matahari, dan saya berharap saya tidak mendapat akibat atas ketidaktahuan ini satu hari.”

Bionerd malah dikagumi karena rambut punk dan kecantikannya. Dia sedang memegang alat pengukur radiasi nuklir.

“Bila perlu—tapi jarang sekali—saya mengenakan sarung tangan dan/atau respirator dan/atau sepatu khusus. Jadi saya tidak bisa terkontaminasi,” ia menambahkan.

“Saya sangat berhati-hati tentang bangunan, karena beberapa dari mereka telah sebagian runtuh dan sangat berbahaya untuk dimasuki. Terkubur oleh tembok runtuh adalah bahaya fisik yang lebih nyata di zona eksklusi Chernobyl.

“Saya juga hati-hati pada hewan liar saat keluar. Terutama karena rabies adalah masalah besar di area perdesaan di Ukraina—dan dengan demikian, juga di zona eksklusi Chernobyl, yang merupakan habitat satwa liar lebih dari apa pun.”

Pertemuannya dengan serigala adalah salah satu dari beberapa kali di video YouTube Bionerd yang membuat Anda mendengar suara panik. Terutama saat hewan liar mendekati mobilnya.

Merefleksikan dampak bencana nuklir seperti Chernobyl pada lingkungan sekitarnya, Bionerd mengatakan dia tidak melihatnya sebagai sumber energi ‘ideal’.

 

Lebih Aman?

“Jika ada kesalahan, yang jarang terjadi—dibandingkan dengan total waktu reaktor dijalankan—energi nuklir membunuh lebih sedikit manusia daripada pertambangan batu bara atau asap yang dihasilkan dari emisi dari pembangkit listrik berbahan bakar batubara.

   Baca juga:

Namun, dibanding batubara, nuklir masih merupakan sumber energi kedua terburuk karena semua bahwa limbah yang dihasilkan. Kedua bahan kimia selama pemisahan dan pengayaan uranium atau bahan bakar nuklir bekas serta limbah radioaktif yang dihasilkan pada akhir siklus bahan bakar adalah masalah besar.

“Secara teori, saya akan mengatakan ‘reaktor nuklir untuk penelitian: Ya! Energi nuklir sebagai sumber energi: Tidak!’” Maka, “Kita juga harus mencari cara memproduksi energi yang lebih bersih, misalnya fusi nuklir.”

“Tapi saya tidak bisa menuntut penutupan pembangkit listrik berbahan batubara diikuti oleh pembangkit listrik tenaga nuklir dalam sepuluh tahun ke depan, karena kita harus memiliki alternatif yang benar, dapat diandalkan dan cukup sebelum langkah itu dilakukan.”

Dan, walaupun video Bionerd menerima pujian dari seluruh dunia karena kandungan ilmiahnya, banyak yang berbondong-bondong untuk memuji gaya punk Bionerd dan kecantikannya.

Bagaimana perasaannya tentang perhatian itu?

“Jika seseorang menyanjung saya, saya sedikit malu. Ini seperti jika Anda memegang naskah buku Anda yang sudah menghabiskan banyak waktu dan usaha saat menulis dan penerbit kemudian menulis catatan kepada Anda dan hanya mengatakan bahwa Anda memiliki tulisan tangan benar-benar indah dan mengagumkan. Ini bukan hal yang buruk, tapi itu tidak benar-benar apa yang ingin Anda dengar.”

Untuk melihat lebih lanjut, kunjungi channel YouTube Bionerd ini.


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home