Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 10:19 WIB | Kamis, 26 Agustus 2021

Peneliti: Peluang Temukan Asal-usul Virus Corona Tertutup

Seorang pekerja dengan pakaian pelindung dan membawa peralatan desinfektan berjalan di luar Rumah Sakit Pusat Wuhan tempat Li Wenliang, Sabtu (6/2/2021), dokter pelapor yang membunyikan alarm dan ditegur oleh polisi setempat karena itu hari-hari awal pandemi Wuhan. (Foto: dok. AP/Ng Han Guan)

LONDON, SATUHARAPAN.COM-Para ilmuwan internasional yang dikirim ke China oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) untuk mencari tahu dari mana virus corona berasal, hari Rabu (25/8), mengatakan pencarian telah terhenti dan memperingatkan bahwa peluang untuk memecahkan misteri itu "menutup dengan cepat."

Sementara itu, tinjauan intelijen Amerika Serikat yang diperintahkan oleh Presiden Joe Biden terbukti tidak meyakinkan tentang asal usul virus, termasuk apakah virus itu melompat dari hewan ke manusia atau melarikan diri dari laboratorium China, menurut laporan The Washington Post, hari Rabu.

Dalam sebuah komentar yang diterbitkan dalam jurnal Nature, para ahli yang direkrut WHO mengatakan penyelidikan asal-usul virus berada pada "titik kritis" yang membutuhkan kolaborasi mendesak tetapi malah terhenti. Mereka mencatat antara lain bahwa pejabat China masih enggan membagikan beberapa data mentah, dengan alasan kekhawatiran atas kerahasiaan pasien.

Awal tahun ini, WHO mengirim tim ahli ke Wuhan, tempat kasus COVID-19 manusia pertama terdeteksi pada Desember 2019. Mereka menyelidiki pada apa yang memicu pandemi yang sekarang menyebabkian hampir 4,5 juta kematian di seluruh dunia, dengan lebih dari 10.000 orang per hari, tetapi menyerah meskipun lebih dari lima miliar dosis vaksin diberikan.

Dalam analisis mereka, yang diterbitkan pada bulan Maret, tim WHO menyimpulkan bahwa virus itu mungkin melompat ke manusia dari hewan, dan mereka menggambarkan kemungkinan kebocoran laboratorium sebagai “sangat tidak mungkin.”

Tetapi para ahli WHO mengatakan laporan mereka dimaksudkan hanya sebagai langkah pertama dan menambahkan, “Jendela peluang untuk melakukan penyelidikan penting ini akan ditutup dengan cepat: penundaan apa pun akan membuat beberapa penelitian secara biologis tidak mungkin dilakukan.”

Misalnya, mereka berkata, "Antibodi berkurang, jadi mengumpulkan sampel lebih lanjut dan menguji orang yang mungkin telah terpapar sebelum Desember 2019 akan memperoleh hasil yang semakin berkurang."

China mengatakan pada hari Rabu bahwa para pejabat harus "berkonsentrasi pada kemungkinan jalan lain yang dapat membantu melacak asal-usul" COVID-19 dan menyarankan penelitian harus dilakukan di negara lain.

Fu Cong, seorang direktur jenderal di Kementerian Luar Negeri China, setuju bahwa pencarian asal-usul COVID-19 terhenti, tetapi mengatakan itu bukan kesalahan China. “China selalu mendukung dan akan terus berpartisipasi dalam upaya penelusuran asal berbasis sains,” katanya.

Dia menuduh AS "menghipnotis teori kebocoran lab" dan mencoba mengalihkan kesalahan ke China, dan menyiratkan bahwa virus corona mungkin terkait dengan laboratorium penelitian tingkat tinggi Amerika, menyarankan Amerika Serikat mengundang WHO untuk menyelidiki beberapa instalasinya.

Marion Koopmans dan rekan-rekannya yang direkrut WHO mencantumkan sejumlah prioritas untuk penelitian lebih lanjut, termasuk melakukan survei antibodi yang lebih luas yang dapat mengidentifikasi tempat-tempat di mana COVID-19 menyebar tanpa terdeteksi, baik di China maupun di luar, menguji kelelawar liar dan hewan ternak sebagai potensi inang virus, dan menyelidiki setiap petunjuk baru yang kredibel.

Beberapa ilmuwan lain khawatir peluang terbaik untuk mengumpulkan sampel mungkin terlewatkan selama beberapa pekan pertama setelah beberapa kasus manusia paling awal muncul terkait dengan pasar makanan laut Wuhan.

Peneliti China mengumpulkan ratusan sampel lingkungan segera setelah virus corona ditemukan, tetapi tidak jelas berapa banyak orang atau hewan yang diuji.

“Begitu Anda memiliki pedagang satwa liar yang beralih ke jenis pekerjaan lain karena mereka khawatir apakah mereka akan dapat melakukan ini lagi, jendela itu mulai tertutup,” kata Maciej Boni, profesor biologi Universitas Negeri Pennsylvania yang telah mempelajari asal virus dan bukan bagian dari tim WHO.

Namun, Boni mengatakan para ilmuwan mungkin dapat menentukan dengan tepat sumber hewan COVID-19 dengan berburu virus yang terkait erat pada spesies seperti anjing rakun, cerpelai, atau tupai tanah. Namun dia mengatakan perlu waktu sekitar lima tahun untuk melakukan studi ekstensif yang diperlukan.

Pencarian asal-usul COVID-19 telah menjadi sumber perselisihan sengit antara AS dan China, dengan semakin banyaknya pakar Amerika yang menyerukan agar dua laboratorium Wuhan yang dekat dengan pasar makanan laut diselidiki, sesuatu yang ditolak mentah-mentah oleh China dan dicap sebagai "kambing hitam".

Biden pada bulan Mei memerintahkan peninjauan 90 hari oleh badan intelijen AS atas hipotesis hewan-ke-manusia dan teori kebocoran laboratorium. Pada bulan Juli, bahkan Direktur Jenderal WHO, Tedros Adhanom Gheybreyesus, mengatakan terlalu dini untuk menolak teori laboratorium, menambahkan bahwa kecelakaan penelitian biasa terjadi. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home