Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 16:03 WIB | Sabtu, 21 Agustus 2021

WHO Undang Pakar untuk Penyelidikan Asal-usul Virus Corona

Logo di gedung kantor pusat Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) di Jenewa, Swiss. (Foto: dok. AP)

JENEWA, SATUHARAPAN.COM-Organisasi Kesehatan Dunia (who) mengeluarkan seruan bagi para ahli untuk bergabung dengan kelompok penasihat baru yang dibentuknya, sebagian untuk mengatasi upaya penuh badan tersebut untuk menyelidiki bagaimana pandemi virus corona dimulai.

Dalam sebuah pernyataan pada hari Jumat (20/8), badan kesehatan PBB itu mengatakan kelompok ilmiah baru akan memberi WHO analisis independen dari pekerjaan yang dilakukan hingga saat ini untuk menentukan dengan tepat asal-usul COVID-19 dan memberi saran kepada badan tersebut tentang langkah selanjutnya yang diperlukan.

Para ahli juga akan memberikan panduan tentang isu-isu kritis mengenai potensi munculnya virus lain yang mampu memicu wabah, seperti MERS dan Ebola.

WHO mengatakan sedang mencari hingga 25 pejabat dengan keahlian yang relevan untuk mengajukan keanggotaan dalam kelompok penasihat ilmiah baru pada 10 September.

Pada bulan Maret, tim pakar internasional yang dipimpin WHO mengeluarkan laporan awal yang menganggap "sangat tidak mungkin" bahwa asal-usul COVID-19 terkait dengan laboratorium. Meskipun para ilmuwan berpikir bahwa kemungkinan besar virus itu melompat ke manusia dari hewan, teori bahwa laboratorium terlibat telah mendapatkan daya tarik dalam beberapa bulan terakhir, dengan tinjauan intelijen yang diperintahkan oleh Presiden Amerika Serikat, Joe Biden, untuk memeriksa kemungkinan tersebut.

Para kritikus mengecam penilaian awal WHO, dan mengatakan itu adalah upaya yang cacat dan mencatat bahwa semua anggota tim yang dikirim ke China membutuhkan persetujuan pemerintah China, seperti yang dilaporkan WHO.

Direktur jenderal WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus, mengakui bulan lalu bahwa "terlalu dini" untuk mengesampingkan teori kebocoran laboratorium, menggambarkan kecelakaan laboratorium sebagai "umum."

Terikat Kerahasiaan

Dalam sebuah film dokumenter Denmark yang dirilis awal bulan ini, pemimpin tim WHO mengatakan selama perjalanan ke China bahwa ia khawatir tentang standar keselamatan di fasilitas yang dekat dengan tempat kasus COVID-19 pada manusia pertama terdeteksi di Wuhan, kekhawatiran yang sebelumnya tidak diungkapkan oleh WHO.

Banyak pakar kesehatan dan ilmuwan telah menyerukan penyelidikan independen untuk dilakukan di luar WHO, menunjukkan bahwa badan tersebut tidak memiliki wewenang untuk memaksa negara-negara, termasuk China, untuk bekerja sama.

Menurut kerangka acuan yang dirilis pada hari Jumat, kelompok ahli baru WHO juga akan terikat oleh aturan kerahasiaan tertentu, serupa dengan yang berlaku untuk banyak kelompok ahli lainnya dari badan tersebut.

Pedoman tersebut menyatakan bahwa anggota tidak boleh berbicara atas nama WHO atau grup kepada pihak ketiga mana pun, bahwa pertimbangan internal harus diperlakukan sebagai "sangat rahasia" dan bahwa mereka tidak boleh mengutip atau menggunakan dokumen apa pun di luar kewenangan grup.

WHO akan memegang kendali penuh atas laporan apa pun, termasuk apakah laporan itu akan dipublikasikan atau tidak.

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home