Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 09:52 WIB | Kamis, 24 Februari 2022

Pengadilan India Vonis Mati 38 Anggota Mujahidin Atas Kasus Serangan Teror 2008

Pengadilan India Vonis Mati 38 Anggota Mujahidin Atas Kasus Serangan Teror 2008
Sembilan pria, mengenakan kerudung hitam untuk menyembunyikan identitas mereka, ditangkap oleh cabang kejahatan Ahmedabad karena diduga melakukan serangkaian pemboman, ditunjukkan kepada media di Ahmadabad, India, Sabtu, 16 Agustus 2008. (Foto: dok. AP/Ajit Solanki, File)
Pengadilan India Vonis Mati 38 Anggota Mujahidin Atas Kasus Serangan Teror 2008
Foto bertanggal 27 Juli 2008 menunjukkan ahli forensik India mengumpulkan bukti dari lokasi ledakan di luar Rumah Sakit Sipil di Ahmedabad menyusul serangkaian pemboman sehari sebelumnya yang menewaskan puluhan orang. (Foto: dok. AFP)
Pengadilan India Vonis Mati 38 Anggota Mujahidin Atas Kasus Serangan Teror 2008
Foto bertanggal 29 Juli 2008 menunjukkan seorang perempuan memberi penghormatan di sebelah penyalaan lilin di dekat Pusat Trauma Rumah Sakit Sipil di Ahmedabad, setelah kematian puluhan orang pada 26 Juli dalam serangkaian pemboman. (Foto: dok. AFP)

NEW DELHI, SATUHARAPAN.COM-Pengadilan India menjatuhkan hukuman mati kepada 38 orang pada hari Jumat (18/2) atas serangkaian ledakan bom pada tahun 2008 yang menewaskan puluhan orang di kota Ahmedabad di bagian barat negara itu.

Pengadilan pada 8 Februari mengadili 49 orang atas serangan terkoordinasi yang menewaskan 56 orang. Serangan terjadi di pasar, bus, dan tempat umum lainnya di pusat komersial negara bagian Gujarat.

"Hakim khusus, AR Patel, menjatuhkan hukuman mati kepada 38 dari 49 terpidana," kata jaksa penuntut umum khusus Amit Patel. “Sebelas dari terpidana dijatuhi hukuman penjara seumur hidup.”

Sebuah kelompok yang menamakan dirinya Mujahidin India mengaku bertanggung jawab, dan mengatakan tindakan itu adalah balas dendam atas kerusuhan agama tahun 2002 di negara bagian itu yang menewaskan sekitar 1.000 orang.

Hampir 80 orang didakwa atas serangan di Ahmedabad 2008 tetapi 28 dibebaskan, menurut jaksa Amit Patel. Terdakwa semuanya dinyatakan bersalah atas pembunuhan dan konspirasi kriminal.

Persidangan maraton berlangsung hampir satu decade, berkat sistem hukum labirin India, dengan lebih dari 1.100 saksi dipanggil untuk bersaksi.

Pengadilan menjadi panjang termasuk sengketa hukum oleh empat terdakwa yang mencabut pengakuan. Polisi juga menggagalkan upaya tahun 2013 oleh lebih dari selusin terdakwa untuk keluar dari penjara dengan menggunakan piring makanan sebagai alat penggali.

Semua 77 terdakwa telah ditahan selama bertahun-tahun, dengan pengecualian satu orang yang ditebus setelah diagnosis skizofrenia.

Ahmedabad adalah pusat kerusuhan keagamaan tahun 2002 yang mematikan yang menyebabkan sedikitnya 1.000 orang, kebanyakan Muslim, dibacok, ditembak dan dibakar sampai mati.

Kekerasan itu dipicu oleh kematian 59 orang Hindu dalam kebakaran kereta api, sebuah kasus di mana 31 Muslim dihukum karena konspirasi kriminal dan pembunuhan.

Perdana Menteri India, Narendra Modi, saat itu adalah kepala pemerintahan negara bagian dan kemudian dirundung tuduhan menutup mata terhadap kekerasan tersebut.

India diguncang oleh beberapa serangan bom mematikan pada tahun 2008 yang diklaim oleh kelompok Mujahidin India, dengan puluhan orang tewas di ibu kota New Delhi dan kota wisata utara Jaipur.

Pada bulan November tahun itu, 166 orang tewas oleh orang-orang bersenjata dan bahan peledak, dalam serangan terkoordinasi terhadap hotel dan target profil tinggi lainnya di Mumbai yang dipersalahkan pada gerilyawan yang berbasis di Pakistan. (AFP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home