Loading...
HAM
Penulis: Bayu Probo 08:32 WIB | Senin, 14 September 2015

Pengamat: Israel Diskriminatif Potong Dana Sekolah Kristen

Demonstrasi Sekolah Kristen di depan Kantor PM Israel di Yerusalem, Minggu (6/9). (Foto: AP)

YERUSALEM, SATUHARAPAN.COM – Saat ribuan anak di seluruh dunia kembali ke sekolah minggu ini, beberapa siswa di Israel tetap di rumah setelah sekolah mereka melancarkan aksi mogok untuk memprotes pemotongan anggaran.

Empat puluh tujuh sekolah Kristen dengan 33.000 murid—banyak dari mereka Muslim, belum mulai tahun ajaran baru, yang seharusnya mulai pada 1 September—mengeluh bahwa Israel terus sepenuhnya mendanai jaringan sekolah swasta yang melayani ultra-Ortodoks Yahudi sementara itu memotong anggaran untuk sekolah Kristen.

Pemotongan dilihat oleh beberapa analis sebagai langkah diskriminatif oleh pemerintah Israel terhadap orang-orang Arab.

“Pemerintah mendiskriminasi masyarakat Arab di negeri ini dan saya akan mendorong negara Israel untuk berinvestasi lebih banyak dalam komunitas ini,” Yossi Mekelberg, seorang analis di lembaga pemikir berpusat di Inggris Chatham House mengatakan kepada Al Arabiya News dan dikabarkan pada Minggu (13/9).

“Pemerintah Israel tidak ingin sekolah ini sukses khususnya sekolah-sekolah Kristen di Israel yang sangat sukses dibandingkan dengan sekolah-sekolah Yahudi yang didanai sepenuhnya.”

Mekelberg juga menyatakan bahwa pemotongan itu diambil karena sebagai bagian dari keputusan pemerintah untuk mengurangi pengeluaran.

Di Israel, sekolah-sekolah Kristen yang mengelola sendiri menerima dana pemerintah parsial, dengan sisa anggaran mereka ditutupi dengan sumbangan atau kuliah.

Tapi dalam beberapa tahun terakhir, Kementerian Pendidikan Israel menurunkan pendanaannya dari 60-75 persen anggaran operasional sekolah menjadi hanya 29 persen, menurut Haaretz.

Hal ini juga menerapkan aturan pembatasan jumlah lembaga yang dapat menerima bantuan. Ini membuat banyak sekolah yang tidak mendapat jatah bantuan tidak dapat menutupi pengeluaran mereka.

Menanggapi protes ini, kementerian pendidikan menegaskan pernyataannya bahwa tidak ada perbedaan dalam pendanaan Kristen dan sekolah Yahudi, menurut AFP.

Kementerian itu mengatakan bahwa orang-orang Kristen telah ditawari sejumlah cara untuk menyelesaikan perbedaan, tapi menolak mereka saat memilih untuk menutup sekolah-sekolah dan “mengorbankan hak siswa”.

Kurikulum Umum

Berbicara tentang cara untuk meredakan ketegangan dan memungkinkan siswa untuk kembali ke sekolah, Mekelberg menyarankan agar pemerintah menawarkan kurikulum umum untuk semua siswa.

“Saya ingin melihat pembentukan kurikulum tunggal yang akan menghormati semua masyarakat di Israel ... kurikulum yang akan mengajar lebih Kristen dan Islam,” kata Mekelberg.

“Tapi dalam kasus itu, negara harus siap menerima kurikulum yang berbeda dari diajarkan,” katanya seraya menambahkan bahwa pemerintah Israel perlu untuk memungkinkan lebih banyak menonjolkan keanekaragaman.

Sekolah Kristen di Israel, yang menyambut anak-anak Palestina dari semua agama, mengajarkan kurikulum inti Israel selain pelajaran tentang agama dan sejarah Palestina.

Mekelberg juga mengatakan bahwa ia tidak mempertimbangkan penggabungan sekolah-sekolah Kristen dengan sistem pendidikan negara sebagai pilihan yang cocok, terutama yang kemungkinan untuk membatasi otonomi lembaga.

“Sekolah-sekolah ini sangat penting di Israel dan memberikan layanan yang berharga bagi siswa Arab,” ia menambahkan.

Sekolah Kristen di Israel diakui oleh pemerintah tetapi tidak dianggap sebagai sekolah resmi. Mereka bukan merupakan bagian dari sistem sekolah negeri.

Sementara itu, Ron Gilran, wakil presiden Levantine Group, konsultan riset dan risiko geopolitik Tengah-Timur, mengatakan kepada Al Arabiya News bahwa “kedua pihak kemungkinan akan mencapai kompromi dengan kementerian akan” membayar kembali “ untuk sekolah-sekolah Kristen.”

Dia menambahkan, “Mereka mungkin akan mencapai kompromi dengan membagi menjadi beberapa tahun anggaran.”

Sekolah Kristen di Israel dilaporkan meminta US$ 50.900.000 (Rp 727 miliar) untuk menghentikan protes, menurut Times of Israel. Sampai tuntutan mereka terpenuhi, analis memperkirakan orangtua, siswa, dan guru tetap melakukan protes di jalan-jalan.

“Saya tidak menganggap bahwa mereka akan berhenti tanpa hasil apa pun,” kata Gilran.

“Setiap protes memiliki keterbatasan. Jadi, saya rasa itu ketika kompromi yang memuaskan akan tercapai ... dan kompromi berarti bahwa tidak semua tuntutan mereka akan dipenuhi—pemogokan akan berakhir,” ia menambahkan.

Gilran mengatakan bahwa kementerian keuangan dan pendidikan cenderung mulai membahas kompromi “setelah pemogokan terus selama beberapa minggu.”

Di tempat kelahiran agama Kristen, orang Kristen saat ini kurang dari dua persen dari penduduk Israel dan wilayah Palestina. (alrabiya)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home