Loading...
SAINS
Penulis: Dewasasri M Wardani 16:26 WIB | Kamis, 13 Oktober 2016

Penggunaan Styrofoam di Bandung Dilarang

Ilustrasi makanan dikemas oleh styrofoam. (Foto: nuplastika.blogspot.co.id)

BANDUNG, SATUHARAPAN.COM - Wali Kota Bandung M Ridwan Kamil, akan melarang penggunaan styrofoam untuk kemasan makanan/minuman di Kota Bandung mulai 1 November 2016.

"Per tanggal 1 November 2016, penggunaan Styrofoam untuk kemasan makanan/minuman akan dilarang di Kota Bandung. Khusus untuk produk mie instan nasional, akan terus dikomunikasikan kebijakan ini kepada produsennya, yang terbiasa menggunakan styrofoam untuk 'takeaway' di warung makan, PKL, catering dll,  Mohon menyesuaikan, terutama utk pecinta Seblak, nuhun, "kata Ridwan Kamil dalam akun instagramnya@ridwankamil, Kamis (13/10), sekitar pukul 10.00 WIB.

Dalam unggahan tentang larangan penggunaan styrofoam di akun media sosial-nya tersebut, orang nomor satu di Kota Bandung tersebut menampilkan dua buah foto sungai yang dipenuhi oleh sampah styrofoam berwarna putih.

Selain itu,  styrofoam terbuat dari polisterin dan gas. menurut Divisi Keamanan Pangan Pemerintah Jepang bahwa residu Styrofoam dalam makanan sangat berbahaya. Residu itu dapat menyebabkan endocrine disrupter (EDC), yaitu suatu penyakit yang terjadi akibat adanya gangguan pada sistem endokrinologi dan reproduksi manusia akibat bahan kimia karsinogen dalam makanan.

Sejumlah netizen menyatakan setuju, dengan pernyataan Ridwan Kamil yang akan melarang penggunaan styrofoam untuk makanan di Kota Bandung.

"Setujuuu! Semoga kota lainnya mengikuti", kata pemilik akun instagram @vhiaviyo.

"Setujuu pak@ridwankamil...patut dicontoh oleh kota lain....penggunaan styrofoam untk mknn bisa mengakibatkan kanker dan pastinya bikin sampah menumpuk... kalo beli seblak mah bwa aja tmpt mknn dr rmh...", kata pemilik akun instagram @emiliaeem.

Hingga pukul 11.32 WIB, unggahan Wali Kota Bandung tentang larangan penggunaan styrofoam tersebut telah dikomentari oleh 1.953 netizen. (Ant)

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home