Loading...
HAM
Penulis: Sabar Subekti 18:38 WIB | Jumat, 18 November 2022

Penguasa Militer Myanmar Bebaskan Empat Warga Negara Asing

Myanmar bebaskan 5.774 tahanan pada Hari Kemenangan Nasional negara itu, lapor MRTV, televisi milik pemerintah Myanmar.
Foto yang diambil dari video oleh stasiun penyiaran negara Myanmar MRTV, warga negara Jepang Toru Kubota, depan, dan Sean Turnell Australia, tengah, terlihat duduk dalam upacara di dalam penjara Insein di Yangon, Myanmar pada Kamis, 17 November 2022. Myanmar yang dikendalikan militer mengatakan pihaknya membebaskan dan mendeportasi seorang akademisi Australia, seorang pembuat film Jepang, seorang mantan diplomat Inggris dan seorang Amerika Serikat sebagai bagian dari amnesti tahanan luas yang menandai Hari Kemenangan Nasional negara itu. (Foto: MRT via AP)

YANGON, SATUHARAPAN.COM-Pemerintah Myanmar yang dikendalikan militer membebaskan seorang akademisi Australia, pembuat film Jepang, mantan diplomat Inggris, dan seorang Amerika pada hari Kamis (17/11) sebagai bagian dari amnesti tahanan luas yang juga membebaskan banyak warga setempat yang ditahan karena memprotes kudeta oleh tentara.

Pemenjaraan orang asing telah menyebabkan gesekan antara para pemimpin Myanmar dan pemerintah asal mereka. Australia, AS, dan kelompok hak asasi manusia menyambut baik pembebasan tersebut sambil menyerukan kepada Myanmar untuk membebaskan orang lain yang ditahan secara tidak adil.

Sean Turnell dari Australia, Toru Kubota dari Jepang, Vicky Bowman dari Inggris, dan Kyaw Htay Oo dari Amerika termasuk di antara 5.774 tahanan yang dibebaskan pada Hari Kemenangan Nasional negara itu, lapor MRTV milik pemerintah Myanmar.

Turnell, 58, seorang profesor ekonomi di Universitas Macquarie Sydney, telah melayani sebagai penasihat Aung San Suu Kyi, pemimpin pemerintahan Myanmar yang dipilih secara demokratis yang digulingkan oleh militer pada 1 Februari 2021.

Dia ditangkap oleh pasukan keamanan di Yangon hanya beberapa hari setelah pengambilalihan dan pada bulan September dijatuhi hukuman tiga tahun penjara atas tuduhan melanggar undang-undang rahasia resmi negara dan undang-undang imigrasi.

Perdana Menteri Australia, Anthony Albanese, yang berada di Bangkok untuk pertemuan puncak, menjelaskan berbicara dengan Turnell melalui telepon.

“Terkadang dalam pekerjaan ini, Anda memiliki momen besar. Dan saya baru saja berbicara dengan Sean Turnell, yang telah dibebaskan dari 650 hari penjara yang tidak adil di Myanmar,” kata Albanese kepada wartawan, mengatakan Turnell akan melakukan perjalanan semalam ke Australia. "Dan ini hasil yang luar biasa."

Istri Turnell, Ha Vu mengatakan dalam sebuah pernyataan pada hari Jumat bahwa dia "diliputi kegembiraan".

“Setelah hampir 22 bulan berpisah, prioritas kami saat ini adalah menghabiskan waktu bersama sebagai sebuah keluarga,” katanya.

Kubota, pembuat film dokumenter berusia 26 tahun yang berbasis di Tokyo, disambut oleh teman dan pendukungnya di bandara Haneda Tokyo. Dia berterima kasih atas dukungan mereka dan pemerintah Jepang atas upayanya untuk memenangkan pembebasannya setelah tiga setengah bulan di penjara, dibandingkan dengan hukuman penjara 10 tahun yang “berat”.

Bowman, 56, mantan duta besar Inggris untuk Myanmar yang menjalankan konsultasi bisnis, ditangkap bersama suaminya, seorang warga negara Myanmar, di Yangon pada Agustus. Dia dijatuhi hukuman penjara satu tahun pada bulan September berdasarkan hitungan penjara karena gagal mendaftarkan tempat tinggalnya.

Kyaw Htay Oo, seorang naturalisasi Amerika, kembali ke Myanmar, negara kelahirannya, pada 2017, menurut laporan media. Dia ditangkap pada September 2021 atas tuduhan terorisme dan ditahan sejak saat itu.

Menteri Luar Negeri AS, Antony Blinken, berbicara pada konferensi pers di sela-sela forum Kerjasama Ekonomi Asia Pasifik (APEC) di Bangkok, Thailand, menyambut baik pembebasan para tahanan, menyebutnya sebagai “satu titik terang di waktu yang sangat gelap di mana kita melihat banyak hal berubah dari buruk menjadi lebih buruk di Burma, termasuk kekerasan mengerikan yang dilakukan terhadap orang Burma yang tidak bersalah.”

Myanmar berada dalam kekacauan sejak kudeta, yang menyebabkan protes nasional yang dihancurkan oleh pemerintah militer dengan kekuatan mematikan, memicu perlawanan bersenjata yang oleh beberapa ahli PBB sekarang dicirikan sebagai perang saudara.

Myanmar tidak merilis banyak perincian tentang orang lain yang dibebaskan, tetapi banyak yang ditahan atas tuduhan terkait dengan protes, termasuk Bagian 505 (A) hukum pidana Myanmar, yang menjadikan penyebaran komentar yang menciptakan keresahan atau ketakutan publik dengan berita palsu sebagai kejahatan, dengan hukuman hingga tiga tahun penjara.

Mereka yang dibebaskan termasuk Kyaw Tint Swe, mantan menteri untuk kantor Penasihat Negara, Than Htay, mantan anggota Komisi Pemilihan Umum, dan Lae Lae Maw, mantan menteri utama wilayah Tanintharyi yang dijatuhi hukuman 30 tahun karena dugaan korupsi di bawah pemerintahan Suu Kyi, kata laporan MRTV.

Di antara orang-orang pertama yang dibebaskan dari penjara adalah Insein Yangon seorang penulis terkemuka Maung Thar Cho, aktivis pro-demokrasi Mya Aye dan Myo Nyunt, juru bicara partai Liga Nasional untuk Demokrasi Suu Kyi, semuanya ditangkap pada 1 Februari 2021, hari itu ketika militer merebut kekuasaan.

“Saya akan selalu berdiri bersama dengan rakyat Myanmar,” tegas Mya Aye kepada massa di luar penjara setelah pembebasannya.

Menurut Asosiasi Bantuan untuk Tahanan Politik, sebuah organisasi pemantau hak, 16.232 orang telah ditahan atas tuduhan politik di Myanmar sejak militer mengambil alih.

Dari mereka yang ditangkap, 13.015 masih ditahan hingga hari Rabu, lapor AAPP. Setidaknya 2.465 warga sipil telah dibunuh oleh pasukan keamanan pada periode yang sama, kata kelompok itu, meskipun jumlahnya diperkirakan jauh lebih tinggi.

Tim O'Connor dari Amnesty International Australia menyambut baik keputusan untuk membebaskan Turnell, mengatakan seperti banyak orang lainnya bahwa dia seharusnya tidak pernah ditangkap atau dipenjara.

“Amnesti terus menyerukan pembebasan semua orang yang ditahan secara sewenang-wenang karena menjalankan hak asasi manusia mereka secara damai,” katanya. “Ribuan orang yang dipenjara sejak kudeta di Myanmar tidak melakukan kesalahan apapun.”

Kubota ditangkap pada 30 Juli oleh polisi berpakaian preman di Yangon setelah mengambil gambar dan video protes singkat terhadap militer. Dia dinyatakan bersalah bulan lalu oleh pengadilan penjara atas penghasutan dan tuduhan lainnya dan dijatuhi hukuman 10 tahun penjara.

Sejak merebut kekuasaan, militer telah menindak peliputan protes, menggerebek perusahaan media, menahan puluhan jurnalis, dan mencabut izin setidaknya selusin outlet.

Sebagian besar dari mereka ditahan atas tuduhan penghasutan karena diduga menyebabkan ketakutan, menyebarkan berita palsu, atau melakukan agitasi terhadap pegawai pemerintah.

Beberapa media terus beroperasi tanpa izin dan banyak jurnalis Myanmar bekerja di bawah tanah, berpindah dari satu rumah aman ke rumah aman lainnya, bersembunyi di daerah perbatasan terpencil, atau menetap di pengasingan.

Kubota adalah jurnalis asing kelima yang ditahan di Myanmar, juga disebut Burma, sejak militer merebut kekuasaan. Warga AS Nathan Maung dan Danny Fenster, yang bekerja untuk publikasi lokal, dan pekerja lepas Robert Bociaga dari Polandia dan Yuki Kitazumi dari Jepang dideportasi sebelum menjalani hukuman penjara penuh. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home