Loading...
HAM
Penulis: Sabar Subekti 11:34 WIB | Jumat, 18 November 2022

Tiga Tersangka Jatuhnya Pesawat Malaysia MH17 Divonis Penjara Seumur Hidup

Mereka diadili secara in absensia atas kasus penembakan pesawat penumpang tahun 2014 di pengadilan Belanda.
Puing-puing pesawat MH17 yang direkonstruksi terlihat setelah presentasi laporan akhir jatuhnya pesawat Malaysia Airlines MH17 Juli 2014 di atas Ukraina, di Gilze Rijen, Belanda, 13 Oktober 2015. (File foto: Reuters)

DEN HAAG, SATUHARAPAN.COM-Hakim Belanda menghukum dua pria Rusia dan seorang pria Ukraina in absentia atas pembunuha dalam peran mereka dalam penembakan pesawat MH17 di atas Ukraina pada tahun 2014 dengan meninggalnya 298 penumpang dan awak, dan menjatuhkan hukuman seumur hidup kepada mereka.

Ukraina menyambut baik putusan itu, yang akan berimplikasi pada kasus pengadilan lain yang diajukan Kiev terhadap Rusia, sementara Moskow menyebut putusan itu "skandal" dan mengatakan tidak akan mengekstradisi warganya.

Malaysian Airlines Penerbangan MH17 berangkat dari Amsterdam dan menuju Kuala Lumpur ketika ditembak jatuh di timur Ukraina pada 17 Juli 2014, saat pertempuran berkecamuk antara separatis pro Rusia dan pasukan Ukraina, pendahulu konflik tahun ini.

Putusan itu melegakan anggota keluarga korban, lebih dari 200 orang hadir di pengadilan secara langsung, menyeka air mata saat putusan dibacakan.

 “Hanya hukuman paling berat yang pantas untuk membalas apa yang telah dilakukan para tersangka, yang telah menyebabkan begitu banyak penderitaan bagi begitu banyak korban dan begitu banyak kerabat yang masih hidup,” kata Hakim Ketua, Hendrik Steenhuis.

Mereka Yang Divonis

Tiga orang yang dihukum adalah mantan agen intelijen Rusia, Igor Girkin, dan Sergey Dubinskiy, dan Leonid Kharchenko, seorang pemimpin separatis Ukraina.

Ketiganya ditemukan telah membantu mengatur pengangkutan sistem rudal BUK militer Rusia ke Ukraina yang digunakan untuk menembak jatuh pesawat, meskipun mereka bukan orang yang secara fisik menarik pelatuknya.

Mereka adalah buronan dan diyakini berada di Rusia. Mantan tersangka keempat, orang Rusia Oleg Pulatov, dibebaskan dari semua tuduhan.

Insiden tahun 2014 itu membuat puing-puing pesawat dan jenazah korban berserakan di ladang jagung dan bunga matahari.

Rusia menginvasi Ukraina pada bulan Februari dan mengklaim telah mencaplok Provinsi Donetsk tempat pesawat itu ditembak jatuh.

Komentar Keluarga Korban

“Keluarga korban menginginkan kebenaran dan mereka ingin keadilan ditegakkan dan mereka yang bertanggung jawab dihukum dan itulah yang terjadi. Saya cukup puas,” kata Piet Ploeg, yang mengepalai yayasan yang mewakili para korban, kepada Reuters. Saudara laki-laki Ploeg, istri saudara laki-lakinya, dan keponakannya meninggal di MH17.

Meryn O'Brien dari Australia, yang kehilangan putranya yang berusia 25 tahun, Jack, mengatakan dia merasa lega. “Semua orang lega prosesnya telah berakhir, dan ini sangat adil, dan sangat teliti.”

"Tidak ada perayaan," kata Jordan Withers dari Inggris, yang pamannya Glenn Thomas meninggal. "Tidak ada yang akan membawa kembali salah satu korban." Mereka berasal dari 10 negara berbeda.

Putusan itu termasuk kewajiban ganti rugi sebesar 16 juta euro.

Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskiy, memuji hukuman pertama yang dijatuhkan atas MH17 sebagai "keputusan penting" oleh pengadilan di Den Haag.

“Tetapi mereka yang memerintahkan itu juga harus berakhir di pengadilan karena perasaan impunitas mengarah pada kejahatan baru,” tulisnya di Twitter. “Kita harus menghilangkan ilusi ini. Hukuman untuk semua kekejaman Rusia, dulu dan sekarang, tidak akan terhindarkan.”

Wilayah Yang Diduduki Rusia

Putusan itu menemukan bahwa Rusia memiliki "kontrol keseluruhan" atas kekuatan Republik Rakyat Donetsk di Ukraina Timur dari pertengahan Mei 2014.

“Ini terobosan baru,” kata Marieke de Hoon, asisten profesor hukum internasional di Universitas Amsterdam. Putusan itu "berwibawa" dan kemungkinan akan meningkatkan kasus internasional Ukraina lainnya melawan Rusia terkait konflik 2014.

Hakim Steenhuis mengatakan ada banyak bukti dari kesaksian saksi mata dan foto-foto yang melacak pergerakan sistem rudal masuk dan keluar dari Ukraina ke Rusia.

“Tidak ada keraguan” bahwa MH17 ditembak jatuh oleh sistem rudal Rusia, kata Steenhuis.

Moskow menyangkal keterlibatan atau tanggung jawab apa pun atas jatuhnya MH17 dan pada 2014 juga membantah kehadiran apa pun di Ukraina.

Dalam sebuah pernyataan, kementerian luar negeri Rusia mengatakan "selama persidangan, pengadilan berada di bawah tekanan yang belum pernah terjadi sebelumnya dari politisi Belanda, jaksa dan media untuk memaksakan hasil yang bermotivasi politik".

“Kami sangat menyesalkan bahwa Pengadilan Distrik di Den Haag mengabaikan prinsip keadilan yang tidak memihak demi situasi politik saat ini, sehingga menyebabkan pukulan reputasi yang serius bagi seluruh sistem peradilan di Belanda,” tambahnya.

Jaksa telah mendakwa keempat pria tersebut dengan menembak jatuh pesawat dan pembunuhan dalam persidangan yang diadakan berdasarkan hukum Belanda, karena lebih dari separuh korban adalah orang Belanda. Penyadapan panggilan telepon yang membentuk bagian penting dari bukti menunjukkan bahwa orang-orang itu yakin bahwa mereka menargetkan jet tempur Ukraina.

Steenhuis mengatakan bahwa, meskipun hal itu berarti sesuatu untuk mengurangi beratnya tanggung jawab pidana mereka, mereka masih memiliki niat membunuh. (Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home