Loading...
DUNIA
Penulis: Reporter Satuharapan 09:38 WIB | Kamis, 01 Desember 2016

Penonton Bioskop India Wajib Berdiri Saat Lagu Kebangsaan Diputar

Sebuah bioskop di Ahmedabad India memutar lagu kebangsaan pada Rabu (30/11) malam. (Foto: indianexpress.com//Javed Raja

NEW DELHI, SATUHARAPAN.COM - Seluruh bioskop di India harus memainkan lagu kebangsaan sebelum pemutaran film dimulai dan para penonton harus berdiri, kata pengadilan tertinggi India pada Rabu (30/11), memicu kemarahan atas pelanggaran kebebasan sipil.

Panel Mahkamah Agung mengatakan bahwa setiap bioskop harus menampilkan bendera nasional pada layar studio saat lagu kebangsaan dimainkan, dan berdirinya pengunjung akan membuat mereka merasakan patriotisme.

"Lagu kebangsaan harus diputar di ruang bioskop sebelum pemutaran film dengan bendera nasional ditampilkan di layar," kata Abhinav Shrivastava, seorang pengacara penggugat dalam kasus tersebut.

Banyak bioskop sudah memainkan lagu kebangsaan sebelum pemutaran, namun hanya di negara bagian barat Maharashtra yang telah mewajibkannya, dan masalah apakah para penonton harus berdiri atau tidak telah lama menjadi subjek perdebatan.

"Ketika lagu kebangsaan diputar sangat penting bagi setiap orang untuk menunjukkan rasa hormat," kata hakim tersebut, menurut situs berita Livelaw. (AFP)

 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home