Loading...
MEDIA
Penulis: Diah Anggraeni Retnaningrum 12:08 WIB | Rabu, 10 Juni 2015

Penyelidikan Serangan Cyber di TV5Monde Berfokus pada ‘Peretas Rusia’

Ilustrasi TV5Monde. (Foto: thenewsnigeria.com.ng)

PARIS, SATUHARAPAN.COM – Penyelidikan terhadap serangan cyber yang dialami saluran televisi TV5Monde Prancis pada April kini berfokus pada “sekelompok peretas Rusia,” ungkap seorang sumber pengadilan kepada AFP pada Selasa (9/6).

Serangan cyber tersebut dilakukan oleh beberapa individu tak dikenal yang mengaku sebagai bagian dari kelompok ISIS, yang mematikan transmisi dan melampirkan pesan propaganda di situs stasiun tersebut dan di akun Facebook serta Twitter.

Namun, mengonfirmasi informasi yang pertama kali dipublikasikan oleh surat kabar L’Express, sumber pengadilan itu mengatakan bahwa “penyelidikan pada tahap ini diarahkan untuk mencari sekelompok peretas Rusia yang bernama APT28.”

Dalam sebuah laporan yang dipublikasikan pada Rabu, L’Express mengatakan bahwa APT28, yang juga dikenal sebagai “Pawn Storm,” sebelumnya mencoba meretas anggota Gedung Putih dan NATO, serta menargetkan beberapa pembangkang Rusia dan aktivis Ukraina.

Seorang sumber yang terlibat dalam kasus itu mengatakan kepada AFP bahwa penyidik tengah mempersempit pencarian dengan menyelidiki alamat IP komputer yang digunakan dalam serangan tersebut.

Stasiun TV5Monde, yang mengudara di seluruh dunia, belum melanjutkan operasi secara penuh selama 18 jam setelah serangan pada 8 April, yang menurut otoritas merupakan kemungkinan “serangan teroris.” (AFP)

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home