Loading...
INDONESIA
Penulis: Bob H. Simbolon 13:10 WIB | Minggu, 18 September 2016

Perairan Nias Surga Para Peselancar

Ilustrasi olahraga selancar. (Foto: australiageographic.com.au).

TELUK DALAM, SATUHARAPAN.COM - Perairan yang berada di Kabupaten Nias Selatan, Sumatera Utara merupakan "surga" bagi para peselancar karena memiliki ombak yang cukup menarik.

"Empat lokasi tersebut berada di Kecamatan Luaha Gundre Maniamolo, Kecamatan Pulau Batu, Kecamatan Pulau Batu Barat, dan Kecamatan Pulau Batu Utara," kata tokoh masyarakat Nias Selatan Irian Dachi di Teluk Dalam, Kepulauan Nias, Sumatera Utara pada hari Minggu (18/9).

Dia juga menjelaskan ombak yang tingginya 8-9 meter berada tiga kecamatan yaitu Kecamatan Pulau Batu, Kecamatan Pulau Batu Barat, dan Kecamatan Pulau Batu Utara sedangkan Kecamatan Luaha Gundre Maniamolo memiliki ketinggian 3-4 meter.

"Ketinggian ombaknya tergantung kondisi angin," kata dia.

Namun, kata dia ada satu masalah yang dihadapi dalam pengembangan potensi wisata di tiga lokasi tersebut adalah dukungan infrastruktur yang belum memadai karena keterbatasan anggaran Pemkab Nias Selatan.

Selain itu, fasilitas transportasi untuk mendatangi tiga lokasi tersebut juga masih dipersoalkan pengunjung karena harus menyewa speedboat.

"Sebagian mungkin keberatan karena menyewa speedboatnya mahal, bisa mencapai Rp1,5 juta per jam," katanya. (Ant)

Editor : Diah Anggraeni Retnaningrum


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home