Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Sabar Subekti 14:11 WIB | Sabtu, 17 Desember 2022

Perebutan Posisi Ketiga, Tetap Pertandingan Penting bagi Maroko dan Kroasia

Marcelo Brozovic dari Kroasia, kiri, Selim Amallah dari Maroko, Dejan Lovren dari Kroasia, berebut bola selama pertandingan sepak bola grup F Piala Dunia antara Maroko dan Kroasia di Stadion Al Bayt di Al Khor, Qatar, Rabu, 23 November 2022. (Foto: dok. AP/Darko Vojinovic)

DOHA, SATUHARAPAN.COM-Bagi sebagian orang, pertandingan memperebutkan posisi ketiga ini tidak lebih dari sekadar pertandingan eksibisi yang tidak berarti. Tapi bagi orang lain, ini adalah kesempatan untuk menjadi "abadi," bagi Kroasia, dan terutama bagi Maroko.

Perebutan tempat ketiga di Piala Dunia bisa menjadi konsep yang membingungkan. “Anda sangat kecewa, Anda baru saja kalah di semi final dan dua hari kemudian Anda harus kembali ke sana,” kata pelatih Maroko, Walid Reragui, hari Jumat (16/12).

Tim pembuat sejarah binaan Reragui, negara Afrika pertama yang mencapai semifinal Piala Dunia, akan melawan Kroasia pada hari Sabtu (17/12) pukul 22:00 WIB di Stadion Internasional Khalifa, Qatar.

“Ini seperti hadiah booby,” kata Reragui. “Saya minta maaf karena berbicara seperti ini. Saya mengerti bahwa itu harus penting, saya mengerti bahwa lebih baik finis ketiga daripada keempat, tetapi bagi saya, kesimpulan saya adalah bahwa kami tidak mencapai final.”

Upaya Maroko ke semi final di Qatar memberikan kisah yang paling tidak mungkin dari turnamen tersebut. Tim tersebut juga merupakan negara Arab pertama yang melangkah sejauh ini dalam acara sepak bola terbesar, menghasilkan curahan kebanggaan di antara negara-negara Arab.

Setelah perjalanan yang begitu liar dan memusingkan, dapat dimengerti bahwa Reragui terdengar sangat datar saat menatap pertandingan melawan Kroasia. Ini juga merupakan ukuran dari ambisinya sendiri bahwa ia mengakhiri turnamen yang tak terlupakan untuk sepak bola Afrika dengan rasa kecewa setelah dikalahkan oleh juara bertahan Prancis 2-0.

“Ya, finis ketiga akan bagus untuk citra kami. Kami akan berada di podium,” kata sang pelatih. "Tapi tahukah Anda, bahkan jika kami memenangkan pertandingan besok, kami tidak akan mencapai final dan kami tidak akan memenangkan Piala Dunia."

Suasana dari sisi Kroasia lebih optimis. Runner-up dari Piala Dunia terakhir di Rusia kalah dari Argentina 3-0 di pertandingan semi final lainnya, tetapi para pemain mereka berbicara tentang pentingnya memenangkan medali lagi.

Forward Andrej Kramarić menggambarkannya sebagai kesempatan untuk “menjadi pahlawan abadi di negara Anda.”

“Delapan dari kami dari (turnamen di) Rusia memahami perasaan memenangkan medali di Piala Dunia dan kami memiliki banyak pemain yang belum mengalaminya dan akan senang melakukannya, karena itu adalah sesuatu yang akan tetap bersama Anda selamanya, sisa hidup mereka,” kata Kramarić.

Luka Modric, yang kemungkinan bermain di Piala Dunia terakhirnya, memiliki pemikiran serupa. "Kami harus meninggalkan segalanya untuk memenangkan medali perunggu dan membiarkan fans kami merayakannya sekali lagi," katanya.

Untuk finis kedua dan ketiga di Piala Dunia berturut-turut akan semakin mengamankan warisan generasi emas bagi Kroasia.

“Pertandingan hari Sabtu bukan pertandingan kecil bagi kami, tapi final besar, pertarungan memperebutkan tempat ketiga, memperebutkan medali,” kata pelatih Kroasia, Zlatko Dalić. “Kami harus bersiap dalam segala hal. Ini hal yang besar jika kita mengambil medali perunggu, itu akan bagus.”

“Perbedaannya adalah menjadi yang ketiga atau keempat di dunia, kami akan melakukan segalanya untuk melakukan itu.”

Maroko dan Kroasia telah bermain satu sama lain di Piala Dunia tahun ini, hasil imbang 0-0 di babak penyisihan grup. “Kami tahu bahwa Kroasia mendapatkan banyak tekanan, karena mereka tidak mampu mengalahkan Maroko,” kata Reragui. “Maroko adalah salah satu underdog dan sekarang kami berdua mencapai semifinal.”

Bek tengah Maroko yang cedera, Romain Saiss, kapten tim, akan absen dalam pertandingan setelah hanya bertahan 21 menit melawan Prancis. Noussair Mazraoui, juga diganti dalam pertandingan itu.

“Kami benar-benar telah mendorong para pemain kami hingga batasnya, tetapi mereka masih ingin keluar besok dan bermain lagi,” kata Reragui hari Jumat. "Tapi kami tidak akan mengambil risiko besok untuk beberapa pemain kami." (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home