Loading...
INDONESIA
Penulis: Endang Saputra 17:19 WIB | Rabu, 30 September 2015

Peringati HUT ke-70, TNI Gelar Donor Darah dan Bazar

Kegiatan donor darah di Mabes TNI Cilangkap dalam rangka HUT TNI ke -70, hari Rabu (30/9). (Foto: Puspen TNI)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Tentara Nasional Indonesia (TNI) menggelar kegiatan donor darah yang diikuti 3.000 pendonor dan bazar murah sebanyak 7.500 paket sembako di Lapangan Gedung Olah Raga (GOR) A Yani Mabes TNI Cilangkap, hari Rabu (30/9)

Acara tersebut dalam rangka memperingati HUT ke-70 TNI yang dibuka secara resmi oleh Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo, didampingi Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Mulyono, Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Agus Supriatna, dan Ketua Umum Dharma Pertiwi Neny Gatot Nurmantyo.

Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo dalam sambutannya menyatakan, donor darah merupakan kegiatan sosial yang sangat strategis dan diperlukan karena darah tidak bisa dibuat, tidak bisa diambil dari mana-mana selain dari manusia.

”Dengan melaksanakan donor darah, kita bisa menjadi lebih sehat dan kegiatan ini diperlukan jiwa-jiwa patriot, diperlukan kerelaan, keikhlasan, ketulusan, peduli terhadap sesama manusia, saudara-saudara kita yang menderita dan memerlukan darah, untuk itu dapat kita sebut pendonor darah adalah pahlawan kemanusiaan,” kata dia.

Pada hari yang sama juga dilaksanakan kegiatan sosial dalam bentuk bazar murah. “Terima kasih kepada pimpinan bank, pimpinan perusahaan yang telah ikut berpartisipasi bazar, prajurit TNI dan PNS, para keluarga dan warga sekeliling Mabes TNI. Bazar ini sungguh membantu karena harga yang diberikan dibanding harga di luar lebih murah berkisar 30-60 persen,” kata dia.

Pada kesempatan tersebut, Panglima TNI juga menyaksikan pemberian bantuan empat ambulance kepada TNI dari Badan Zakat Nasional (Baznas) yang diserahkan langsung oleh Ketua Umum Baznas Prof Dr Bambang Sudibyo yang diserahkan kepada Kapuskes TNI. 

“Ambulance ini akan kami tempatkan di tempat yang jauh dari rumah sakit yang belum ada ambulance. Kami akan tempatkan instansi militer di sana, sehingga mobil ambulance ini dapat dimanfaatkan oleh masyarakat. Karena badan zakat ini diberikan untuk masyarakat sehingga dapat mendekatkan TNI dengan rakyat,” kata dia.

Sementara itu, donor darah tersebut memiliki target Unit Donor Darah (UDD) yaitu PMI Kabupaten Sukabumi: 500 orang, PMI Cianjur: 500 orang, PMI Garut: 500 orang, PMI Banjar: 250 orang, PMI Tangerang: 500 orang, PMI Serang: 100-150 orang, PMI Lebak: 350 orang, PMI DKI: 100 orang, dan PMI RS Fatmawati: 100-150 orang. Sedangkan bazar murah sebanyak 7.500 paket sembako itu berisi;  Beras ramos 5 kg, Minyak goreng 1 kg, Susu kental manis 1 pak, Gula pasir 1 kg, teh celup 1 bungkus, dan mi instan 5 bungkus.

Bazar diikuti oleh anggota Dharma Pertiwi, Persit Kartika Candra Kirana, Jalasenastri, PIA Ardya Garini dan UKM/pedagang kaki lima. Selain itu, juga mitra TNI seperti PT Bank Mandiri (Persero), PT Bank BRI (Persero), PT Bank BNI (Persero), PT Indofood (Group), PT Sinar Mas, PT Tiga Pilar, PT Nutrifood, PT Nestle Indonesia, PT Coca Cola Indonesia, PT Fiesta, PT Milko, PT Garuda Food, PT Sinar Sosro Indonesia, PT Inako, PT Sayap Mas Utama, PT Kalbe Farma, PT Tempo Scan Pacific, PT Maspion, PT United Bike dan PT Adira.

Hadir pada acara tersebut Kasum TNI Marsdya TNI Dede Rusamsi, Irjen TNI Letjen TNI Syafril Mahyudin, para Asisten Panglima TNI, segenap Pangkotamaops TNI, Kabalakpus TNI, dan Kapuspen TNI Brigjen TNI Tatang Sulaiman. (PR)                                                                            

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home