Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 06:32 WIB | Kamis, 10 Maret 2022

Perkembangan Invasi Rusia: Selandia Baru Sahkan UU untuk Menjatuhkan Sanksi terhadap Rusia

Perkembangan Invasi Rusia: Selandia Baru Sahkan UU untuk Menjatuhkan Sanksi terhadap Rusia
Mayat ditempatkan di kuburan massal di pinggiran Mariupol, Ukraina, pada Rabu, 9 Maret 2022 karena orang tidak dapat menguburkan orang mati, karena penembakan berat oleh pasukan Rusia. (Foto: AP/Evgeniy Maloletka)
Perkembangan Invasi Rusia: Selandia Baru Sahkan UU untuk Menjatuhkan Sanksi terhadap Rusia
Seorang perempuan berjalan di luar rumah sakit bersalin yang rusak akibat penembakan di Mariupol, Ukraina, Rabu, 9 Maret 2022. Serangan Rusia telah merusak parah sebuah rumah sakit bersalin di kota pelabuhan Mariupol yang terkepung, kata pejabat Ukraina. (Foto: AP/Evgeniy Maloletka)

WELLINGTON,  SATUHARAPAN.COM-Anggota parlemen Selandia Baru dengan suara bulat mengesahkan undang-undang untuk menjatuhkan sanksi ekonomi kepada Rusia.

Tidak seperti banyak negara yang telah memberlakukan sanksi, undang-undang Selandia Baru sebelumnya tidak mengizinkannya untuk menerapkan tindakan yang berarti kecuali jika itu adalah bagian dari upaya PBB yang lebih luas. Karena Rusia memiliki hak veto Dewan Keamanan PBB, yang membuat Selandia Baru lumpuh.

Undang-undang baru, yang disahkan dalam satu hari, menargetkan orang-orang di Rusia yang terkait dengan invasi, termasuk oligarki.

UU ini akan memungkinkan Selandia Baru untuk membekukan aset dan menghentikan kedatangan superyacht atau pesawat. Anggota parlemen mengatakan itu akan menghentikan Selandia Baru menjadi tempat yang aman bagi oligarki Rusia yang ingin menghindari sanksi di tempat lain.

 

Perusahaan Tembakau Inggris Hentikan Produksi di Rusia

BRISTOL, Imperial Brands Inggris, produsen tembakau Empat Besar pertama yang menghentikan semua operasinya di Rusia.

Imperial Brands mengatakan dalam sebuah pernyataan pada hari Rabu bahwa “mengikuti perkembangan terakhir, kami hari ini telah menangguhkan semua operasi di Rusia. Ini termasuk menghentikan produksi di pabrik kami di Volgograd dan menghentikan semua aktivitas penjualan dan pemasaran.”

Perusahaan itu sebelumnya telah menghentikan operasinya di Ukraina. Imperial Brands mengutip dampak sanksi internasional terhadap Rusia dan mengatakan akan terus membayar karyawan saat operasi ditangguhkan.

 

Ukraina Evakuasi 18.000 Warga Sipil dari Kiev

KIEV, Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy, mengatakan upaya sedang dilakukan untuk mengevakuasi sekitar 18.000 orang dari ibukota Kiev dan memerangi kota-kota di dekatnya.

Dia mengatakan pada hari Rabu (9/3) bahwa upaya tersebut merupakan bagian dari upaya evakuasi yang lebih luas oleh beberapa koridor kemanusiaan di Ukraina, dan memperingatkan pasukan Rusia agar tidak melanggar janji gencatan senjata.

Dia memohon lagi untuk dukungan udara asing, dengan mengatakan "kirimkan kami pesawat." Kekuatan Barat telah mengirim peralatan militer dan memperkuat pasukan di sisi timur Ukraina, tetapi waspada memberikan dukungan udara dan terlibat dalam perang langsung dengan Rusia.

Dia juga mengeluarkan seruan, yang tidak biasa dalam bahasa Rusia, untuk mendesak tentara Rusia pergi.

“Perlawanan kami selama hampir dua pekan telah menunjukkan kepada Anda bahwa kami tidak akan menyerah, karena ini adalah rumah kami. Itu adalah keluarga dan anak-anak kami. Kami akan berjuang sampai kami bisa memenangkan kembali tanah kami,” katanya.

"Kamu masih bisa menyelamatkan dirimu sendiri jika kamu pulang saja."

 

Inggris Sita Jet Pribadi Milik Oligarki Rusia

LONDON, Inggris telah menyita sebuah jet pribadi yang diduga terkait dengan oligarki Rusia, dan memperketat sanksi penerbangan terhadap Rusia sebagai tanggapan atas invasi ke Ukraina.

Menteri Transportasi, Grant Shapps, mengatakan pada hari Rabu (9/3) bahwa pesawat yang terdaftar di Luksemburg telah disita di Bandara Farnborough di Inggris selatan, sementara pihak berwenang Inggris mencoba mengungkap kepemilikannya.

Pejabat Inggris percaya jet Bombardier Global 6500 terhubung dengan taipan minyak miliarder Eugene Shvidler. Pesawat itu tiba di Inggris dari New Jersey pekan lalu dan dijadwalkan terbang ke Dubai pada hari Selasa.

Inggris telah melarang pesawat milik atau yang dioperasikan Rusia dari wilayah udaranya, tetapi Shapps mengatakan pemerintah masih berupaya untuk menutup beberapa "celah."

Pemerintah mengumumkan pada hari Selasa malam bahwa mereka memperketat sanksi dengan menahan "pesawat apa pun yang dimiliki oleh orang-orang yang terhubung dengan Rusia." Inggris juga melarang ekspor barang dan teknologi terkait penerbangan atau luar angkasa ke Rusia.

 

Inggris: Rusia Kesulitan Menyerag Kiev, Kota-kota lain Terus Diserang

LONDON, Para pejabat pertahanan Inggris mengatakan serangan Rusia di Kiev telah gagal membuat kemajuan tetapi beberapa kota Ukraina terus mengalami serangan berat.

Dalam pembaruan yang diposting di media sosial Rabu, Kementerian Pertahanan mengatakan "pertempuran di barat laut Kiev tetap berlangsung dengan pasukan Rusia gagal membuat terobosan signifikan."

Dikatakan kota Kharkiv, Chernihiv, Sumy dan Mariupol tetap dikepung oleh pasukan Rusia dan sedang dikepung.

Kementerian mengatakan pertahanan udara Ukraina menahan pesawat Rusia, “mungkin mencegah mereka mencapai tingkat kendali udara apa pun.

 

China Kirim Bantuan Kemanusiaan ke Ukraina

BEIJING, China mengatakan pihaknya mengirim bantuan kemanusiaan termasuk makanan dan kebutuhan sehari-hari senilai lima juta yuan (US$ 791.000) ke Ukraina sambil tetap menentang sanksi terhadap Rusia atas invasinya.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri China, Zhao Lijian, mengatakan kepada wartawan bahwa paket awal dikirim ke Palang Merah Ukraina pada hari Rabu (9/3) dengan lebih banyak untuk dikirim "sesegera mungkin."

China sebagian besar telah mendukung Rusia dalam konflik tersebut dan Zhao menegaskan kembali penentangan Beijing terhadap sanksi ekonomi terhadap Moskow.

Zhao mengatakan kepada wartawan pada briefing harian bahwa "memegang tongkat sanksi di setiap kesempatan tidak akan pernah membawa perdamaian dan keamanan tetapi menyebabkan kesulitan serius bagi ekonomi dan mata pencaharian negara-negara yang bersangkutan."

Dia mengatakan China dan Rusia akan “terus melakukan kerja sama perdagangan normal, termasuk perdagangan minyak dan gas, dalam semangat saling menghormati, kesetaraan, dan saling menguntungkan.”

China telah berusaha untuk menyalahkan Amerika Serikat karena memicu konflik, mengutip apa yang disebutnya kegagalan Washington untuk secara memadai mempertimbangkan masalah keamanan "sah" Rusia dalam menghadapi ekspansi NATO.

 

ICRC Berharap Evakuasi Warga Sipil Berjalan Baik

BERLIN, Kepala Komite Palang Merah Internasional mengatakan dia berharap koridor untuk mengevakuasi warga sipil dari kota-kota yang diserang di Ukraina akan mulai berfungsi lebih baik setelah awal yang gagap.

Presiden ICRC, Peter Maurer, mengatakan kepada radio Jerman Deutschlandfunk pada hari Rabu (9/3) bahwa organisasinya telah bekerja selama berhari-hari untuk menyatukan pihak-pihak yang bertikai dan mendorong mereka untuk mengadakan pembicaraan militer-ke-militer yang terperinci tentang memungkinkan warga sipil melarikan diri.

Maurer mengatakan penting bahwa kesepakatan berhasil "karena unit militer berdiri dekat satu sama lain dan ketidakpastian terkecil, seperti yang telah kita lihat dalam beberapa hari terakhir, langsung mengarah ke baku tembak, dan itu membuat rute pelarian menjadi tidak mungkin."

Dia menambahkan: “Kami berharap ini akan bekerja lebih baik hari ini; dalam hal apa pun, kami berbicara dengan para pihak dan, di atas segalanya, para pihak berbicara satu sama lain, itu adalah hal yang paling penting saat ini.”

Tetapi, ditekankan pada seberapa percaya diri dia, dia menambahkan: “Saya benar-benar tidak bisa berspekulasi. Tapi kami berharap hari ini sejumlah besar setidaknya bisa mendapatkan keselamatan setidaknya dari beberapa kota.” (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home