Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 06:34 WIB | Kamis, 10 Maret 2022

Presiden Israel Kunjungi Turki, Perbaiki Hubungan Kedua Negara

Presiden Israel, Isaac Herzog, melambai saat ia berangkat untuk kunjungan resmi ke Turki pada hari Rabu, 9 Maret 2022 di landasan Bandara Ben Gurion. (Foto: AFP)

ANKARA, SATUHARAPAN.COM-Presiden Israel, Isaac Herzog, mendarat di Ankara, Turki pada hari Rabu (9/3) dalam perjalanan yang bertujuan untuk memperbaiki hubungan yang retak dengan Turki. Ini adalah kunjungan pertama ke negara itu oleh seorang kepala negara Israel sejak tahun 2007.

Sebelum meninggalkan Israel, Isaac Herzog mengatakan bahwa dalam pembicaraan dengan Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan, dia akan berusaha untuk "memulai kembali" hubungan yang rusak oleh "pasang surut" diplomatik.

Presiden Israel Isaac Herzog juga menuju ke Yunani pada hari Kamis pekan lalu untuk sebuah perjalanan yang menurut para ahli menandai kesempatan untuk meyakinkan sekutu ketika Israel bergerak lebih dekat ke Turki, di mana ada ketegangan yang penuh antara Athena dan Ankara.

Herzog memegang sebagian besar jabatan seremonial tetapi telah mengambil peran diplomatik tingkat tinggi di bawah pemerintah Israel yang mulai menjabat tahun lalu.

Hubungan antara Turki yang mayoritas Muslim dan negara Yahudi itu membeku setelah kematian 10 warga sipil dalam serangan Israel terhadap armada Turki yang membawa bantuan untuk jalur Gaza pada tahun 2010. (AFP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home