Loading...
DUNIA
Penulis: Dewasasri M Wardani 09:58 WIB | Selasa, 08 Juli 2014

Permohonan Suaka di Eropa Meningkat

Penyelamat membantu 250 imigran, setelah kapal mereka menabrak batu di pintu masuk ke pelabuhan Pantelleria, lepas pantai selatan Italia, (Foto: AFP)

BRUSSELS, SATUHRAPAN.COM - Hampir setengah juta orang meminta suaka di Eropa tahun lalu, naik 30 persen dari 2012 dan menjadi jumlah tertinggi yang terdaftar, menurut data resmi, Senin (7/7).

“Kita berada dalam situasi yang sangat mengkhawatirkan,” kata komisaris urusan dalam negeri Uni Eropa Cecilia Malmstroem, menyinggung data yang menunjukkan kenaikan 19 persen dalam lima bulan pertama tahun 2013.

Suriah, di mana perang berkecamuk memasuki tahun keempatnya, diikuti oleh Rusia dan Kosovo, menyumbang peningkatan terbesar, kata European Asylum Support Office.

Suriah menyumbang sekitar 50.000 dari 435.760 aplikasi yang terdaftar pada 2013.

Selain itu, terjadi peningkatan signifikan jumlah warga Ukraina yang mengajukan permohonan suaka, dengan 2.000 pengajuan terdaftar dari Maret sampai Mei tahun ini, dibandingkan dengan rata-rata 100 per bulan dalam dua dekade terakhir.

Negara-negara penerima permohonan pada 2013 adalah Jerman, Perancis, Swedia, Inggris dan Italia, yang kini dibanjiri oleh manusia perahu dan menggeser tempat kelima yang sebelumnya diduduki Belgia.  (AFP/Ant)

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home