Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 09:58 WIB | Sabtu, 28 Mei 2022

Pertempuran di Azovstal, Ukraina Disebut sebagai Thermopylae Abad Ke-21

Siapakah para pejuang yang bertahan selama 82 hari dari bombardir pasukan Rusia yang unggul jumlah dan peralatan tempur?
Pertempuran di Azovstal, Ukraina Disebut sebagai Thermopylae Abad Ke-21
Foto yang diambil dari video yang dirilis oleh Layanan Pers Kementerian Pertahanan Rusia pada hari Rabu, 18 Mei 2022, prajurit Ukraina meninggalkan pabrik baja Azovstal yang terkepung di Mariupol, Ukraina. (Foto: dok. via AP)
Pertempuran di Azovstal, Ukraina Disebut sebagai Thermopylae Abad Ke-21
Prajurit Ukraina duduk di dalam bus setelah meninggalkan pabrik baja Azovstal yang dikepung Mariupol, dekat koloni penjara, di Olyonivka, di wilayah di bawah pemerintahan Republik Rakyat Donetsk, Ukraina timur, Jumat, 20 Mei 2022. (Foto: dok. AP)
Pertempuran di Azovstal, Ukraina Disebut sebagai Thermopylae Abad Ke-21
Foto ini disediakan oleh Resimen Pasukan Khusus Azov dari Kantor Pers Pengawal Nasional Ukraina, seorang prajurit Resimen Pasukan Khusus Azov, terluka selama pertempuran melawan pasukan Rusia, berpose untuk seorang fotografer di dalam pabrik baja Azovstal di Mariupol, Ukraina, Selasa, 10 Mei , 2022. Pasukan Ukraina yang membuat pertahanan terakhir di pabrik baja Mariupol melawan pasukan Rusia adalah campuran tentara berpengalaman, penjaga perbatasan, resimen penjaga nasional kontroversial dan sukarelawan yang mengangkat senjata pada minggu-minggu sebelum invasi Rusia (Foto: Dmytro ' Resimen Pasukan Khusus Orest' Kozatskyi/Azov dari Kantor Pers Garda Nasional Ukraina via AP)

KIEV, SATUHARAPAN.COM-Selama 82 hari pasukan Ukraina, yang dari jumlah personel dan peralatan tempur jauh kalah dari Rusia, bertahan di pabrik baja di Mariupol, wilayah timur Ukraina.

Siapakan mereka yang membuat pertahanan terakhir yang teguh di pabrik baja Mariupol melawan pasukan Rusia? Mereka adalah campuran dari tentara berpengalaman, penjaga perbatasan, resimen penjaga nasional yang kontroversial, dan sukarelawan yang mengangkat senjata pada pekan awal sebelum invasi Rusia.

Ketika Rusia mengumumkan telah menyelesaikan pengambilalihan Mariupol dengan penyerahan para pejuang yang menjadi penghalang terakhir, pemerintah Ukraina tidak mengkonfirmasi kejatuhan kota itu.

Awal pekan ini, pejabat Ukraina mengatakan kombatannya di pabrik baja Azovstal telah menyelesaikan misi mereka dan sedang dievakuasi, menggambarkan mereka sebagai pahlawan yang telah menyelesaikan tugas yang melelahkan.

Berikut adalah tampilan pasukan Ukraina ini, yang ditawan oleh Rusia saat mereka meninggalkan pabrik, dan apa yang mereka capai:

Siapakah Pejuang Mariupol?

Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan total 2.439 pejuang Ukraina dari pabrik baja telah menyerah sejak hari Senin (16/5), termasuk lebih dari 500 orang pada hari Jumat (20/5), menurut kantor berita negara Rusia RIA Novosti.

Para pejuang yang bertahan di Azovstal, selama hampir tiga bulan pengepungan Mariupol dengan warga sipil Ukraina yang mencari keselamatan di bunker dan terowongan bawah tanah pabrik, berasal dari berbagai unit militer dan penegakan hukum yang berbeda, menurut pejabat Ukraina.

Ada Resimen Azov, yang merupakan bagian dari Garda Nasional Ukraina; Brigade Marinir Khusus ke-36 Angkatan Laut Ukraina dan brigade Pengawal Nasional ke-12. Penjaga perbatasan, petugas polisi, dan regu pertahanan teritorial yang dibentuk tak lama sebelum perang melengkapi barisan mereka.

Sebagian besar pasukan ini dikerahkan untuk mempertahankan Mariupol, rumah bagi pelabuhan yang berlokasi strategis, pada awal invasi Rusia. Marinir dari brigade ke-36 menahan pelabuhan dan pabrik besar lainnya di Mariupol selama lebih dari sebulan, sampai mereka kehabisan persediaan dan amunisi.

Mereka pindah ke pabrik baja Azovstal untuk bergabung dengan Resimen Azov, unit penjaga nasional dengan akar di sayap paling kanan, dan beberapa dari mereka ditangkap oleh Rusia.

Mengapa Rusia Memberi Label Mereka sebagai Nasionalis?

Dalam mengumumkan penyitaan Azovstal, juru bicara Kementerian Pertahanan Rusia menyebut para pejuang Resimen Azov sebagai Nazi dan mengatakan komandan mereka dibawa pergi dengan kendaraan lapis baja, karena dugaan kebencian penduduk setempat terhadapnya “untuk berbagai kekejaman.”

Tidak ada bukti yang muncul tentang resimen itu menganiaya warga sipil Ukraina, ratusan di antara mereka berlindung di bawah tanah bersama para pejuang. Resimen merilis beberapa video yang diambil di dalam Azovstal yang menunjukkan anggota mereka berinteraksi dengan warga sipil dan memberi anak-anak permen.

Pejabat Rusia dan media pemerintah berulang kali membuat pernyataan negatif tentang Resimen Azov.

Unit Garda Nasional tumbuh dari sebuah kelompok yang disebut Batalyon Azov, dibentuk pada tahun 2014 sebagai salah satu dari banyak brigade sukarelawan yang bangkit untuk mendukung militer Ukraina yang kekurangan dana, dan dipimpin untuk perang melawan separatis yang didukung Rusia di Ukraina timur.

Konflik itu pecah setelah protes besar-besaran mengusir presiden Ukraina yang berhaluan Kremlin dari jabatannya.

Batalyon Azov menarik pejuang awalnya dari lingkaran sayap kanan dan menimbulkan kritik untuk beberapa taktiknya. Anggotanya saat ini menolak tuduhan nasionalisme dan radikalisme. Sviatoslav Palamar, wakil komandan resimen, mengatakan dalam sebuah wawancara baru-baru ini dari pabrik baja bahwa dia lebih suka istilah "patriotisme."

Apa Yang Dilakukan

Karena Mariupol menjadi simbol penderitaan dan perlawanan Ukraina setelah Rusia menginvasi negara mereka, pejabat Ukraina berulang kali menekankan peran para pejuang di Azovstal dalam mempertahankan kota dan menghalangi kemajuan Rusia di tempat lain.

“Pasukan Ukraina di Mariupol telah melakukan suatu prestasi, menarik pasukan elite tentara Rusia ke dalam diri mereka sendiri dan secara signifikan memperlambat kemajuan Rusia di tenggara,” kata Walikota Mariupol, Vadym Boychenko.

Setelah mempertahankan pabrik mereka diperintahkan untuk mengakhiri perjuangan mereka, Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy, mengatakan langkah itu tepat dan manusiawi karena “Ukraina membutuhkan pahlawan Ukraina untuk hidup. Itu prinsip kami.”

Kota tepi pantai yang hancur dan para pejuang Ukraina yang kalah senjata dan kalah awaknya yang kegigihannya menggagalkan tujuan Rusia untuk menangkap Mariupol dengan cepat sekarang terukir dalam sejarah Ukraina, terlepas dari hasil perangnya.

Pertahanan Mariupol “akan tercatat dalam sejarah sebagai Thermopylae abad ke-21,” kata Mykhailo Podolyak, seorang penasihat presiden Ukraina, mengatakan ketika para pejuang mulai meninggalkan pabrik.

“Para pembela Azovstal menggagalkan rencana musuh untuk merebut Ukraina timur, menarik sejumlah besar pasukan musuh, dan mengubah perang selanjutnya.”

Thermopylae secara luas dianggap sebagai salah satu kekalahan paling mulia dalam sejarah, di mana 300 Spartan menahan kekuatan Persia yang jauh lebih besar pada tahun 480 SM, sebelum akhirnya mengalah. Mereka dibunuh oleh seorang pria, termasuk raja mereka. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home