Loading...
EKONOMI
Penulis: Sabar Subekti 08:56 WIB | Rabu, 01 Februari 2023

Pertemuan OPEC+ Akan Bahas Produksi Minyak

Pompa minyak tiga dimensi terlihat di depan logo OPEC yang ditampilkan dalam gambar ilustrasi ini, 14 April 2020. (Foto: dok. Reuters)

SATUHARAPAN.COM - Panel OPEC+ kemungkinan akan merekomendasikan agar kebijakan produksi kelompok produsen minyak saat ini tidak berubah ketika bertemu pekan ini, tiga delegasi OPEC+ mengatakan pada hari Senin (30/1).

Para menteri dari negara-negara OPEC+ - anggota Organisasi Negara Pengekspor Minyak (OPEC) dan lainnya termasuk Rusia - akan mengadakan pertemuan virtual pada hari Rabu, 1 Februari.

Panel, yang disebut Komite Pemantauan Menteri Bersama (JMMC), dapat meminta pertemuan penuh OPEC+ jika diperlukan.

Lima sumber OPEC+ mengatakan pekan lalu bahwa JMMC akan membahas prospek ekonomi dan skala permintaan China, dan tidak mungkin menyarankan perubahan pada kebijakan saat ini.

Seseorang mengatakan rebound harga minyak pada tahun 2023 membuat perubahan tidak mungkin terjadi. "Perahu itu tidak benar-benar berada di lautan badai sekarang, jadi mengapa mengayunkan sesuatu yang tidak bergerak?" kata Ole Hansen, kepala strategi komoditas di Saxo Bank.

Kelompok itu ingin mengulur waktu mengingat ketidakpastian terkait sanksi terhadap Rusia dan dampaknya terhadap pasokan, tambah Hansen.

OPEC+ sepakat pada bulan Oktober untuk memangkas target produksinya sebesar dua juta barel per hari (bpd), sekitar dua persen dari permintaan dunia, dari November hingga akhir 2023.

Pertemuan JMMC dijadwalkan mengikuti pertemuan komite teknis bersama OPEC+ (JTC) pada 31 Januari. Pertemuan ini sekarang telah dibatalkan, kata tiga sumber OPEC+, hari Senin.

JTC menyarankan JMMC dan pertemuan tingkat menteri OPEC+ secara keseluruhan tentang fundamental pasar. (Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home