Loading...
EKONOMI
Penulis: Eben E. Siadari 16:40 WIB | Kamis, 05 November 2015

Pertumbuhan Ekonomi Triwulan III 4,73 Persen

Deputi Kepala BPS untuk bidang Neraca dan Analisis Statistik, Suhariyanto (Foto: Eben E. Siadari)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Badan Pusat Statistik mencatat perekonomian Indonesia pada triwulan III-2015 tumbuh 4,73 persen, lebih tinggi dibanding pertumbuhan ekonomi triwulan II 2015 yang sebesar 4,67 persen.

Hal itu disampaikan oleh Deputi Bidang Neraca dan Analisis Statistik BPS, Suhariyanto di kantor BPS, Jakarta, Kamis (6/11).

Dari sisi produksi, pertumbuhan ini didorong oleh hampir semua lapangan usaha, yang dimotori oleh sektor Informasi dan Komunikasi yang tumbuh 10.83 persen.

Sementara dari sisi pengeluaran, pertumbuhan tertinggi dicapai oleh komponen pengeluaran konsumsi pemerintah sebesar 6,56 persen, diikuti oleh komponen pengeluaran konsumsi Lembaga Non Profit yang Melayani Rumah Tangga (LNPMRT) dan komponen pengeluaran konsumsi rumah tangga.

Dengan demikian, ekonomi Indonesia sampai dengan triwulan III (c to c) tumbuh 4,71 persen. Dari sisi produksi, ekonomi sampai triwulan III didorong oleh semua lapangan usaha kecuali Pertambangan dan Penggalian yang mengalami penurunan sebesar 4,48 persen. Sedangkan dari sisi pengeluaran didorong oleh komponen pengeluaran konsumsi rumah tangga yang tumbun 4,98 persen dan komponen Pembentukan Modal tetap Bruto (PMTB) yang tumbuh 4,23 persen.

 

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home