Loading...
EKONOMI
Penulis: Diah Anggraeni Retnaningrum 21:00 WIB | Rabu, 04 November 2015

BI Yakin Triwulan IV Pertumbuhan Ekonomi Membaik

Gubernur BI, Agus Martowardojo. (Foto: Dok. satuharapan.com/Martha Lusiana)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus Martowardojo yakin pada triwulan keempat pertumbuhan ekonomi membaik dibandingkan triwulan sebelumnya jika dilihat dari nilai investasi yang meningkat.

"Kami harap di Triwulan IV investasi bangunan dan swasta akan naik dan berkontribusi pada ekonomi Indonesia," kata Gubernur BI Agus Martowardojo saat jumpa pers di Jakarta, hari Rabu (4/11).

Menurutnya, tren pertumbuhan ekonomi mulai menuju ke arah yang positif dan bank sentral memperkirakan pertumbuhan ekonomi pada triwulan ketiga lebih baik dibandingkan dua triwulan sebelumnya dan diperkirakan mencapai 4,85 persen.

"Kalau saya lihat di triwulan ketiga ini perbaikan sudah kelihatan dari investasi dan pengeluaran pemerintah. Peran swasta saya harap di triwulan keempat, tapi itu biasa karena banyak pengeluaran pemerintah yang belum terwujud. Tentu swasta harus persiapkan diri," ujar Agus.

Agus mengharapkan perbaikan ekonomi di semester kedua ini juga dapat menjadi momentum bagi Indonesia untuk terus tumbuh positif ke depannya.

Ia juga menyambut baik disetujuinya APBN 2016 oleh DPR dan berharap pemerintah dapat melaksanakan lelang dengan segera khususnya di sektor infrastruktur.

"Artinya di 1 Januari (2016) kalau lelang sudah dilakukan, bisa tanda tangan dan bisa dijalankan. Kami harap swasta juga akan lebih berperan," kata Agus.

Sebelumnya, pada enam bulan pertama 2015, pertumbuhan ekonomi Indonesia relatif melambat yakni masing-masing tumbuh 4,72 persen dan 4,67 persen pada triwulan pertama dan triwulan kedua. (Ant)

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home