Loading...
INDONESIA
Penulis: Sabar Subekti 07:19 WIB | Selasa, 08 September 2015

Pesta Bakar Batu untuk Pilkada Damai di Oksibil

Pesta Bakar Batu untuk Pilkada Damai di Oksibil
Kemeriahan di tengah pesta bakar batu untuk pilkada damai di Oksibil, Kabupaten Pegunungan Bintang, Provinsi Papua, Selasa (1/9). Pesta bakar batu merupakan acara adat di Papua di mana warga makan bersama daging babi dan ubi serta sayur pakis yang dimasak dengan cara pemanasan pada tumpukan batu. Pesta ini dihadiri ratusan orang. (Foto-foto: satuharapan.com /Sabar Subekti)
Pesta Bakar Batu untuk Pilkada Damai di Oksibil
Tumpukan batu dipanaskan dengan cara dibakar menggunakan kayu. sementara di latar belakang, sejumlah pria menyiapkan daging babi yang akan dimakas dengan batu panas.
Pesta Bakar Batu untuk Pilkada Damai di Oksibil
Para pejabat daerah, pimpinan KPU dan partai politik, para calon bupati dan pendukung mereka menikmati daging dan ubi yang dimasak dengan batu panas.

OKSIBIL, SATUHARAPAN.COM – Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD), partai politik dan calon bupati di Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua menyelenggarakan kampanye pilkada damai dan menandai juga dimulainya kampanye.

Acara deklarasi pilkada damai yang ditandai dengan upacara adat dengan pesta ‘’bakar batu’’ itu diselenggarakan Selasa (1/9) lalu di lapangan sepak bola di kota Oksibil, ibu kota Kabupaten Pegunungan Bintang.

Warga dengan antusias mengikuti acara pesta bakar batu untuk kampanye pilkada damai di Oksibil, Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua.

 

Dalam deklarasi pilkada damai itu, diserukan untuk tidak dilakukan politik uang, dan mengedepankan kampanye yang mengutamakan penyampaian program.  Ada empat pasang kandidat bupati dan wakil bupati yang akan bertarung untuk memperebutkan jabatan itu pada 29 Desember nanti. Calon itu adalah Yakobus Wayam – Mardin Manurung, Selotius Taplo – Rumin Lepitalen, Constan Oktemka – Decky Deal, dan Nikolaus Kayarmabin – Tonce Nabyal.

Kabupaten Pegunungan Bintang merupakan salah satu dari 269 daerah yang akan memilih kepala daerah. Di kabupaten yang berusia 12 tahun itu dengan jumlah pemilih diperkirakan sekitar 70.000 jiwa menurut daftar sementara.

 

 

 

 

 

 

 

 

Warga menerima daging yang diambil dari tumpukan batu panas untuk dipotong-potong dan dibagikan kepada warga. 

 

 

 

 

 

 

 

 

Warga di Oksibil duduk dalam melingkar dan menunggu mendapat bagian daging dari acara bakar batu dari pemimpin mereka.


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home