Loading...
RELIGI
Penulis: Dewasasri M Wardani 08:34 WIB | Senin, 16 Maret 2020

PGI Dukung Ibadah Online untuk Mengatasi Penyebaran Covid-19

Misa di Gereja Katedral Jakarta. (Foto: Antara/Dyah Dwi)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Persekutuan Gereja-Gereja di Indonesia (PGI), menyambut positif dan mendukung agar membatasi mobilitas penduduk, terutama untuk kumpul-kumpul, termasuk rumah ibadah. PGI sendiri telah mengedarkan imbauan kepada warga gereja untuk membatasi perjalanan dan perjumpaan yang tidak penting.

Hal tersebut disampaikan Ketua Umum PGI Pdt Gomar Gultom, menyikapi salah satu upaya mengurangi penyebaran virus corona yang disampaikan oleh Presiden Joko Widodo. Jokowi meminta masyarakat untuk mengurangi kegiatan atau aktivitas di tempat-tempat pusat keramaian. Dan mengimbau agar kegiatan bekerja, belajar mengajar, hingga beribadah bisa dilakukan di dalam rumah.

“Sejak kemarin saya sudah mengedarkan imbauan kepada warga gereja untuk membatasi perjalanan dan perjumpaan yang tidak terlalu penting. Saya juga sudah menyarankan untuk mempertimbangkan alternatif persekutuan dan ibadah dengan memanfaatkan media sosial dan teknologi digital dengan mengembangkan e-church,” katanya, di Jakarta, Minggu (15/3).

Ditambahkan, saat ini ada beberapa gereja yang sudah menerapkan e-church. Seperti GKI Pondok Indah, dan JPCC, yang tidak lagi menyelenggarakan ibadah di gereja tetapi tetap ada kotbah dan renungan yang disampaikan lewat radio dan/atau video streaming dan warga dapat bergabung dengan e-church tersebut.

“Memang belum banyak gereja yang siap karena masalah infrastruktur. Tapi saya kira ke depan akan lebih siap, sehingga umat dapat beribadah dari rumah,” katanya.

Gereja yang masih menyelenggarakan ibadah hari ini, jelas Gomar, sebelumnya telah diimbau untuk menyediakan fasilitas cuci tangan, alat pengukur suhu tubuh umat di pintu masuk, dan agar melakukan disinfektan ruang ibadah sebelum ibadah dimulai.

Gomar mengajak dalam kondisi berat yang kita hadapi, semua harus dapat menahan diri, dan ikut serta dalam upaya menanggulangi masalah ini. Kerjasama dan kesetiakawanan kita sebagai bangsa kini sedang diuji.(pgi.or.id)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Edu Fair
Back to Home