Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Dany Brakha 08:17 WIB | Senin, 15 April 2013

Physios: Keberadaan Asisten Pembalap Formula 1

Kru Tim Force India (foto: redbull)

LONDON, SATUHARAPAN.COM - Tim Formula 1, Force India, mempertanyakan kembali aturan mengenai keberadaan physios (asisten pembalap) masuk dalam kesepakatan batas anggota sebuah tim balap yang berjumlah 60 orang atau tidak.

Menangapi pertanyaan tim balap yang berbasis di Silverstone Inggris tersebut, Fédération Internationale de l'Automobile (FIA) mengelar pertemuan dengan para asisten balap perwakilan dari Red Bull, Ferrari, dan Lotus.

Hasilnya pertemuan itu menyatakan selama physios tidak terlibat langsung dengan operasional mobil balap keberadaannya tidak perlu dimasukkan dalam batas jumlah anggota tim. “Yang dimaksud dengan operasional mobil adalah semua penggunaan alat yang mempengaruhi data teknis kendaraan, selain itu masuk ke dapal kategori fisioterapis,” ungkap FIA.

Sedangkan tugas physios menurut FIA adalah menyediakan minum untuk pembalap dan mempersiapkan peralatan mengemudi seperti headset, sarung tangan, menutup kepala, helm, alat pendukung keamanan kepala dan leher serta membantu pembalap menyesuaikan diri dengan alat yang tidak terkai dengan kendaraan.

Hal ini memberi kemungkinan Force India untuk menambah dua physios dalam tiap ajang balapan F1 di masa mendatang.

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home