Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Sabar Subekti 12:01 WIB | Jumat, 16 Desember 2022

Piala Dunia 2022 Menanti Prancis, Kylian Mbappe, dan Didier Deschams

Piala Dunia 2022 Menanti Prancis, Kylian Mbappe, dan Didier Deschams
Randal Kolo Muani dari Prancis diberi selamat oleh rekan satu timnya setelah mencetak gol kedua timnya selama pertandingan sepak bola semifinal Piala Dunia antara Prancis dan Maroko di Stadion Al Bayt di Al Khor, Qatar, Rabu, 14 Desember 2022. (Foto: AP/Petr David Josek)
Piala Dunia 2022 Menanti Prancis, Kylian Mbappe, dan Didier Deschams
Kylian Mbappe dari Prancis berlari dengan bola melewati pemain Maroko Achraf Dari selama pertandingan sepak bola semifinal Piala Dunia antara Prancis dan Maroko di Stadion Al Bayt di Al Khor, Qatar, Rabu, 14 Desember 2022. (Foto: AP/Manu Fernandez)

DOHA, SATUHARAPAN.COM-Sejarah Piala Dunia menanti Prancis, pemain bintang Kylian Mbappé dan pelatihnya, Didier Deschamps.

Ketika Prancis berjalan di lapangan pada hari Minggu (18/12) untuk final turnamen melawan Argentina dan bintangnya, Lionel Messi, pengetahuan sepak bola sedang menunggu untuk ditulis untuk tim ini.

Les Bleus bisa menjadi peraih gelar back-to-back pertama selama 60 tahun sejak Brasil melakukannya pada Piala Dunia tahun 1958 dan 1962.

Mbappé yang berusia 23 tahun akan menjadi pemain termuda dengan dua kemenangan Piala Dunia sejak Pelé mencapai prestasi itu pada usia 21 tahun, jika akhirnya Prancis jadi Juara.

Deschamps akan menjadi orang pertama yang melatih dua tim juara dunia sejak Vittorio Pozzo melakukannya bersama Italia pada tahun 1934 dan 1938.

“Bagi saya, saya bukan orang yang paling penting. Itu adalah tim Prancis,” kata Deschamps, yang layak mendapatkan bagiannya sendiri dalam sejarah Piala Dunia.

Dia mengangkat trofi di Paris sebagai kapten tim ketika Prancis pertama kali memenangkan Piala Dunia pada tahun 1998. Dia memenangkannya sebagai pelatih pada tahun 2018, dan sekarang dia berada di ambang mendapatkan gelar ketiga.

“Jelas saya bangga. Saya tahu, semua orang tahu, kami memiliki kesempatan untuk memenangkan gelar lagi,” kata Deschamps hari Kamis (15/12) setelah mengalahkan Maroko di semifinal.

Prancis bermain di final keempat dalam rentang tujuh turnamen, termasuk final 2006 yang kalah dari Italia dalam adu penalti setelah Zinedine Zidane dikeluarkan dari lapangan. Ini adalah era dinasti yang tidak terlihat sejak Brasil berada di puncak selama dua dekade hingga tahun 1970.

Mbappe hadir untuk penggemar menjelang pertandingan semifinal Piala Dunia. Pelatih Maroko dengan cepat menunjuk Prancis dan Mbappé setelah mereka mengakhiri perjalanan bersejarah timnya sebagai tim Afrika pertama di semifinal.

“Selama 20 tahun terakhir Anda bisa mengatakan Prancis adalah negara sepak bola terbaik di dunia,” kata Walid Reragui, yang kelahiran Prancis dan menghabiskan sebagian besar karirnya di sana.

“Jika dia memenangkan Piala Dunia lagi,” kata Reragui mengagumi Mbappé, “dia akan meniru Pelé.” Kedua pemain membuat debut Piala Dunia yang menakjubkan sebagai remaja, benar-benar hidup di babak sistem gugur.

Semua enam gol untuk Pelé yang berusia 17 tahun pada tahun 1958 di Swedia dicetak setelah babak penyisihan grup, termasuk hat-trick semifinal untuk membantu menyingkirkan Prancis saat ia mengenakan jersey nomor 10.

Mbappé mengumumkan kedatangannya di Piala Dunia pada usia 19 dengan mencetak dua gol melawan Argentina dan Messi dalam epik 4-3 di babak 16 besar. Apa pun seperti pengulangan pertandingan itu di Rusia akan menjadi mimpi hari Minggu.

Mbappé sejauh ini memiliki lima gol di Qatar, terikat sebagai pencetak gol terbanyak di turnamen bersama Messi. Pemain Prancis itu mencetak empat gol pada 2018.

Pelé sampai Piala Dunia keempatnya pada tahun 1970 mencetak gol kesembilan dalam karirnya, meski dalam pertandingan lebih sedikit dari Mbappé. Pemain nomor 10 Prancis itu juga memiliki panggung yang ditetapkan pada hari Minggu untuk menjadi pemain kunci untuk final kedua berturut-turut, yang berlangsung dua hari sebelum ia berusia 24 tahun.

Apa yang membuat Prancis dan Deschamps lebih mengesankan kali ini adalah beradaptasi dengan serangkaian cedera dengan bakat baru yang bahkan tidak pernah bermain di pertandingan kualifikasi Piala Dunia tahun lalu.

Gelandang Paul Pogba dan N'Golo Kante, starter di final 2018 melawan Kroasia, kalah karena cedera sebelum turnamen, dan bek kiri Lucas Hernandez hanya bertahan sembilan menit di Qatar sebelum menderita cedera lutut akhir musim.

Setelah skuad 26 pemain dipilih pada bulan November, bek tengah Presnel Kimpembe dan pemain depan Karim Benzema dan Christopher Nkunku kalah karena cedera.

Untuk menggantikan mereka, Deschamps mempromosikan gelombang pemain di awal usia 20-an yang telah unggul dan memuluskan transisi ke generasi berikutnya.

Bek tengah Ibrahima Konaté tampil luar biasa melawan Maroko dan pemain depan Randal Kolo Muani mencetak gol dengan sentuhan pertamanya sebagai pemain pengganti untuk memastikan kemenangan 2-0 atas Maroko.

“Tentu, mereka tidak memiliki banyak pengalaman internasional,” kata Deschamps tentang pasangan lini tengahnya yang tidak biasa, Aurélien Tchouaméni dan Youssouf Fofana. "Tapi potensi mereka memiliki segalanya."

Para pemain muda memiliki rekan setim senior untuk membantu membimbing mereka, termasuk Antoine Griezmann, pemain sayap pencetak gol yang diciptakan kembali sebagai gelandang serba bisa. Griezmann yang berusia 31 tahun harus menjadi kunci untuk seleksi ke tim mana pun di turnamen.

“Mereka harus dikelilingi oleh pemain dengan sedikit lebih banyak pengalaman. Ini hanya masalah bermain dengan kebebasan,” kata sang pelatih, membuat proyeknya di Prancis terdengar sangat sederhana.

Dekade Deschamps yang bertanggung jawab atas Prancis tampaknya akan berlanjut dengan perpanjangan kontrak lainnya yang tertunda, dan trofi lainnya menunggu pada hari Minggu. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home