Loading...
INDONESIA
Penulis: Sabar Subekti 08:51 WIB | Jumat, 11 Desember 2020

Pilkada: Bobby Unggul di Medan, Eri Mungkin Lanjutkan Risma di Surabaya

Bobby Nasution (kanan) dan istrinya, Kahiyang Ayu (kiri) ketika memberikan suara pada Pilkada 2020 di kota Mdan. (Foto: Antara)

SATUHARAPAN.COM-Hasil sementara dan hasil hitung cepat pada pemilihan kepala daerah (wali kota) Medan, Sumatera Utara, menunjukkan bahwa pasangan Bobby Nasution – Aulia Rachman unggul disbanding saingannya, Akhyar Basution – Salman Alfarisi.

Sementara untuk kota Surabaya, Jawa Timur, pasangan Eri Cahyadi-Armuji diperkirakan berdasarkan hasil hitung cepat unggul atas kandidat saingannya, Machfud Arifin-Mujiaman.

Pilkada serentak tahun 2020 yang pemungutan suaranya berlangsung hari Rabu (9/12) sekarang memasuki tahap penghitungan sementara. Ada Sembilan provinsi yang memilih gubernur, 37 kota memilih wali kota dan 224 kabupaten memilih bupati.

Bobby, yang juga menantu Presiden Joko Widodo, perpasangan dengan Aulia dan yang diusung oleh PDI-P, Gerindra, PAN, PPP, PSI, Hanura, Golkar dan NasDem, diperkirakan memperoleh suara sekiatar 53% hingga 55%.

Sementara saingannya, Machfud-Mujiman, yang didukung Partai Demokrat dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS), dan juga dikabarkan didukung oleh Ustadz Somad, memperoleh suara sekitar 46% hingga 44%.

Sementara itu, di kota Suarabaya pasangan nomor urut 1 Eri Cahyadi-Armuji dalam hitung cepat disebutkan memperoleh suara sekitar 55% hingga 57%, dan saingannya, pasangan nomor urut 2, Machfud Arifin-Mujiaman memperoleh suara sekiatar 42% hingga 44%.

Eri Cahyadi dan Armuji tampaknya akan meneruskan kerja wali kota pendahulunya, Tri Rismaharini. Dan Risma mengatakan bahwa dia berharap wali kota berikutnya akan mewujudkan harapannya.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) nantinya akan melakukan rekapitulasi secara berjenjang untuk menetapkan hasil Pilkada 2020 di setiap daerah.

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home