Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 11:33 WIB | Senin, 11 Desember 2023

Menang Pemilu Mudah bagi Putin, Tapi Tantangan ke Depan Makin Besar

Anggota militerUkraina dari Brigade Artileri Terpisah ke-55 menembakkan howitzer self-propelled Caesar ke arah pasukan Rusia, di tengah serangan Rusia ke Ukraina, dekat kota Avdiivka di wilayah Donetsk, Ukraina 31 Mei 2023. (Foto: dok. Reuters)

MOSKOW, SATUHARAPAN.COM-Bagi Presiden Vladimir Putin, memenangkan kembali Pemilu mungkin merupakan hal yang mudah. Kekuasaannya terhadap kancah politik Rusia telah memberinya jaminan masa jabatan enam tahun lagi yang akan memperpanjang masa kekuasaannya selama dua dekade.

Tetapi, yang lebih menakutkan adalah tantangan sulit yang ada di depan.

Perang yang terhenti di Ukraina, tekanan keras dari Barat yang memperparah masalah ekonomi Rusia, dan meningkatnya pertikaian di antara elite penguasa akan membayangi masa jabatan Putin berikutnya dan mengikis janji stabilitasnya.

Perang di Ukraina

Apa yang Putin harapkan sebagai serangan cepat pada tahun 2022 untuk membangun kendali Kremlin atas negara tetangganya, Ukraina, telah berubah menjadi perang gesekan yang telah menimbulkan banyak korban jiwa dan menguras sumber daya Rusia.

Meskipun Rusia telah mencegah tentara Ukraina mencapai kemajuan signifikan selama serangan balasan musim panas, Kremlin tidak memiliki cukup tenaga kerja dan peralatan untuk melakukan kampanye besar-besaran.

Kebuntuan yang diakibatkannya memicu pertarungan posisi selama berbulan-bulan selama musim dingin, ketika cuaca menghambat pergerakan besar apa pun dan kemungkinan besar akan membuat kedua belah pihak fokus untuk mempertahankan keuntungan mereka.

Putin memperkirakan bahwa peperangan yang terus berlanjut akan secara bertahap menghabiskan sumber daya Ukraina dan melemahkan dukungan Barat terhadap Kiev, namun konflik yang berkepanjangan juga memperburuk kesengsaraan ekonomi Rusia, memperdalam masalah sosial dan memicu perpecahan dalam elite penguasa.

Tatiana Stanovaya dari Carnegie Russia Eurasia Center menunjuk pada kesenjangan yang semakin besar antara para teknokrat yang memegang jabatan administratif tertinggi dan para pemimpin garis keras yang ingin memperluas kekuasaan mereka dan mendorong kebijakan yang lebih hawkish.

“Semakin lama ketidakpastian mengenai hasil perang, semakin keras pula suara kaum revisionis,” tulis Stanovaya dalam sebuah analisis. “Ketidakstabilan, kemunduran militer, eskalasi, dan memburuknya posisi Rusia dalam perang semuanya memperkuat kelompok revisionis dan melemahkan para administrator.”

Ketegangan dengan Barat

Meskipun Moskow berharap bahwa bantuan Barat untuk Ukraina akan berkurang di tengah meningkatnya kelelahan akibat perang dan kampanye Pemilu di Amerika Serikat dan negara-negara Barat lainnya, Washington dan sekutunya telah berjanji untuk terus mendukung Kiev selama diperlukan. Baik AS dan Uni Eropa juga berjanji bahwa perang Israel-Hamas tidak akan mengalihkan perhatian mereka dari membantu Ukraina.

Meskipun sanksi yang diberikan oleh AS dan Uni Eropa telah gagal memberikan pukulan telak terhadap perekonomian Rusia dan memaksa Kremlin untuk menghentikan invasi seperti yang diharapkan oleh negara-negara Barat, pembatasan tersebut telah membatasi pendapatan dari minyak, gas dan ekspor utama lainnya serta sangat membatasi akses terhadap perekonomian Rusia terhadap teknologi Barat.

Yang menambah penderitaan adalah 300 miliar euro cadangan Bank Sentral Rusia telah diblokir di negara-negara Barat.

Putin berupaya melawan sanksi tersebut dengan memperkuat hubungan dengan China, yang telah menjadi pasar utama bagi minyak dan gas Rusia dan sumber impor teknologi tinggi. Beberapa pengamat telah mencatat bahwa meningkatnya ketergantungan pada China kemungkinan akan memperkuat peran Rusia sebagai mitra junior dalam aliansi tersebut dan membatasi ruang Putin untuk bermanuver.

Di tengah upaya Barat untuk memblokir sumber senjata dan teknologi militer, Moskow beralih ke Iran untuk menggunakan drone untuk menyerang sistem energi Ukraina dan infrastruktur penting lainnya.

Pada bulan September, Putin menjamu pemimpin Korea Utara Kim Jong Un untuk melakukan pembicaraan mengenai perluasan hubungan, sebuah pertemuan yang menurut AS menghasilkan kesepakatan yang membuat Pyongyang mengirimkan amunisi ke Rusia untuk perang.

Meskipun ada upaya Putin untuk mengimbangi sanksi Barat yang melumpuhkan, sanksi tersebut akan terus melemahkan perekonomian Rusia, mengurangi potensi perang Moskow, dan menghilangkan harapan pemulihan.

AS dan UE telah bekerja secara metodis untuk memperketat penerapannya dan menutup celah apa pun, dengan menargetkan perusahaan-perusahaan di negara ketiga yang telah membantu Moskow melewati pembatasan tersebut.

Tantangan Ekonomi Lainnya

Peralihan ekspor energi ke China dan India telah membantu mengimbangi hilangnya akses ke pasar Eropa yang menguntungkan, dan industri Rusia telah menemukan saluran impor baru untuk menghindari pembatasan teknologi oleh AS dan UE.

Output ekonomi Rusia turun 2,1 persen tahun lalu di bawah sanksi Barat, namun secara resmi diperkirakan akan meningkat sebesar 2,8 persen pada tahun ini, sebuah kinerja yang dipuji oleh Putin sebagai tanda bahwa negara tersebut sedang menuju pemulihan.

Namun, pertumbuhan tersebut sebagian besar didorong oleh peningkatan tajam dalam belanja pemerintah, yang sebagian besar terkait dengan perang. Tahun depan, alokasi pertahanan akan meningkat lebih dari 70 persen dan mencakup sekitar sepertiga total belanja pemerintah.

Mobilisasi 300.000 tentara cadangan pada musim gugur tahun 2022 dan perekrutan hampir 400.000 tentara kontrak akan sangat membebani perekonomian, dan eksodus ratusan ribu tentara cadangan yang meninggalkan negara tersebut akan menambah kekurangan tenaga kerja yang menghambat prospek pertumbuhan jangka panjang.

Pada saat yang sama, depresiasi rubel, yang telah kehilangan sepertiga nilainya tahun ini, telah memicu inflasi, memaksa Bank Sentral Rusia menaikkan suku bunga utama menjadi 15 persen. Kabinet juga telah mencoba untuk meningkatkan nilai rubel dengan memperketat permintaan eksportir untuk mengkonversi pendapatan mata uang keras mereka.

Permasalahan mendasar perekonomian akan tetap ada, dengan potensi pertumbuhan yang kecil karena pasar Eropa masih tutup dan belanja militer yang terlalu besar mencuri sumber daya dari sektor lain.

Gejolak dan Disfungsi Politik

Jajak pendapat menunjukkan tingkat dukungan terhadap Putin sekitar 80 persen, mencerminkan kurangnya persaingan dalam sistem politik yang dikontrol ketat dan dukungan di tengah perang.

Namun meskipun Putin telah memberantas sebagian besar perbedaan pendapat dan membangun kontrol dari atas ke bawah tanpa adanya checks and balances dan kompetisi politik, perintah total tersebut terbukti hanya ilusi selama pemberontakan bulan Juni yang dilakukan oleh kepala tentara bayaran Yevgeny Prigozhin.

Kontraktor Wagner miliknya menyapu markas militer di Rusia selatan dan bergerak cepat menuju Moskow tanpa perlawanan serius. Pemberontakan singkat ini menandai tantangan paling serius terhadap pemerintahan Putin sejak ia naik ke tampuk kekuasaan, sehingga sangat melemahkan otoritasnya.

Meskipun ada penolakan atas keterlibatan pemerintah, kematian Prigozhin dan para letnan utamanya dalam kecelakaan pesawat misterius pada bulan Agustus secara luas dipandang sebagai tindakan balas dendam yang membantu memulihkan kredibilitas Putin di kalangan elite. Namun kerapuhan kendali Kremlin semakin terlihat jelas.

Pukulan lain terhadap gagasan kendali total yang ditanamkan Kremlin dengan hati-hati adalah kerusuhan yang terjadi di sebuah bandara di Provinsi Dagestan, Rusia, yang menargetkan penerbangan dari Israel. Massa menyerbu ke landasan, mengejar penumpang dan melemparkan batu ke arah polisi. Hal ini menantang narasi bahwa kelompok etnis dan agama hidup berdampingan secara harmonis di Rusia dan melemahkan klaim Putin bahwa Moskow tidak memihak dalam perang Israel-Hamas.

Para pengamat melihat kerusuhan tersebut sebagai bukti ketidakmampuan Kremlin untuk mempertahankan kendali atas kancah politik yang semakin bergejolak dan merupakan pertanda akan terjadinya lebih banyak pergolakan.

“Kami telah melihat disfungsi yang mencolok pada lembaga penegak hukum dan seluruh pemerintah federal,” kata ilmuwan politik Ekaterina Schulmann dalam komentarnya. “Seperti dalam kasus Prigozhin, ancaman yang tiba-tiba dan perkembangan yang terjadi dengan cepat telah menyebabkan sistem lumpuh total.” (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home